Fenomena Salju di Pegunungan Alpen yang Berubah Menjadi Warna Pink

Situsekonomi.com - Salju biasanya merupakan es dengan ukuran yang kecil dan jatuh dari atas karena ada aktivitas awan dan cuaca. Umumnya salju berwarna putih dan terlihat bersih, jika didekati mirip dengan es serut yang jatuh dari atas.

Mungkin bagi kita sebagai warga negara Indonesia masih banyak yang belum mengetahui bagaimana bentuk salju, kecuali yang pernah ke luar negeri saat musim salju. Namun, ada yang unik di pegunungan Alpen di Italia.

Pemandangan yang tidak biasa terjadi pada beberapa waktu yang lalu di pegunungan Alpen yang masih masuk di wilayah Italia. Di pegunungan ini terdapat fenomena salju yang berwarna merah muda atau pink. Pemandangan yang tak biasa ini menarik banyak wisatawan untuk berbondong-bondong melihat dan juga mengabadikan momen langka tersebut.

Pemandangan seperti ini terlihat sangat cantik tetapi sekaligus mengerikan karena sebelumnya fenomena ini masih asing di mata masyarakat. Mungkin Anda sendiri juga bingung dan penasaran, mengapa salju di pegunungan Alpen ini berubah warna. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan kita bahas selengkapnya:

Fenomena Salju di Pegunungan Alpen yang Berubah Menjadi Warna Pink
Sumber: Kompas.com

Penyebab Salju di Pegunungan Alpen Berwarna Merah Muda

Saat kejadian ini, tentu para ilmuan berbondong-bondong untuk ke sana dan mulai meneliti apa penyebab dari perubahan warna tersebut. Untuk sementara waktu ini, para ilmuan menyimpulkan bahwa penyebab dari perubahan warna tersebut adalah disebabkan oleh aktivitas pertumbuhan alga di dalam es tersebut. Tumbuhan ini dapat menyebabkan warna salju menjadi lebih gelap dan di sini berwarna merah muda.

Dari warna putih ke warna merah muda dapat dikatakan sebagai salah satu penggelapan. Tumbuhan alga yang satu ini mampu mengubah warna di pegunungan Alpen sehingga terlihat merah mudah bahkan jika dilihat dari atas terlihat seperti berwarna coklat kehitaman sehingga lebih terlihat gelap dari yang dilihat dari jarak dekat.

Alga yang tumbuh tersebut diklaim tidak berbahaya dan tidak beracun karena hal tersebut sangat wajar terjadi pada musim semi dan musim panas di lintang tengah dan di Polandia. Fenomena seperti ini memang sering kali terjadi pada ketinggian menengah dan juga di kutub sehingga aman jika didekati oleh para pengunjung yang penasaran di sana.

Ganggang ini dikenal dengan nama Anclylonema norrdenskioeldii yang katanya juga berada juga di Greenland yang biasanya berada di bagian es yang mulai mencair. Fenomena ini memang terlihat sangat menarik dan sangat langka untuk disaksikan secara lebih dekat.

Pertanda Buruk Ditandainya Fenomena Salju Merah Muda di Pegunungan Alpen

Barangkali, jika dilihat salju dengan warna merah muda ini jarang ditemukan dan terlihat lebih cantik karena warnanya yang tidak sering kita jumpai. Namun, jika Anda tahu hal ini, ternyata sama sekali bukan mencerminkan suatu fenomena alam yang unik dan sangat jarang terjadi, akan tetapi fenomena seperti ini menandakan bahwa bumi sedang tidak baik-baik saja pada hari ini.

Es yang umumnya berwarna putih ini dapat memantulkan cahaya, bahkan sampai 80 radiasi matahari kembali ke atmosfer sehingga es tetap beku dan tetap kokoh di sana. Namun, es yang sudah terinfeksi alga yang satu ini bukannya memantulkan cahaya akan tetapi malah menyerapnya sehingga lebih panas dan akhirnya banyak yang mencair.

Hal ini juga menandakan bahwa iklim di dunia saat ini sedang tidak baik-baik saja karena pemanasan global. Banyak aktivitas manusia yang sering kali meningkatkan panas di bumi sehingga mampu membuat kondisi yang semacam ini. Bahkan, Mauro dari bagian Dewan Riset Nasional Italia mengatakan bahwa hal ini bisa jadi pembalasan alam untuk manusia yang banyak melakukan kerusakan alam.

Akibat dari Fenomena Salju Merah Muda di Pegunungan Alpen

Akibat dari fenomena yang satu ini, maka es menjadi lebih hangat karena proses penyerapan panas olah penggelapan warna oleh alga ini. Es yang menyerap panas ini akan menyebabkan lapisannya menjadi mencair lebih cepat. Alga yang satu ini dapat menyebabkan salju yang terbentuk dengan waktu yang sangat lama menjadi mencair dengan begitu cepatnya tentu hal ini meresahkan semua pihak.

Belum ada Komentar untuk "Fenomena Salju di Pegunungan Alpen yang Berubah Menjadi Warna Pink"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel