Manfaat Aplikasi Faktur bagi Pemilik Bisnis dalam Kegiatan Jual-beli Online

Manfaat Aplikasi Faktur bagi Pemilik Bisnis dalam Kegiatan Jual-beli Online!

Aplikasi faktur saat ini bisa dikatakan sebagai salah satu aplikasi yang memang paling banyak disukai oleh pemilik bisnis untuk kegiatan jual-beli online. Sebab, faktur merupakan salah satu hal yang sangat dekat dengan transaksi dalam sebuah bisnis dan kadang membuat faktur bisa menghabiskan banyak waktu.

Oleh karena itu, pemilik bisnis lebih memilih untuk memanfaatkan aplikasi faktur yang dianggap paling efektif dalam pembuatannya, apalagi bagi Anda yang memiliki usaha jual-beli online yang pada hakikatnya tidak bertemu langsung. Secara umum, ada banyak sekali manfaat aplikasi faktur bagi pemilik bisnis dalam kegiatan jual-beli online, di antaranya adalah:

Membuat Faktur Secara Otomatis dan Terjadwal

Manfaat utamanya adalah Anda bisa dengan mudah membuat faktur secara berulang. Faktur ini bisa dibuat secara otomatis dan terjadwal sehingga akan lebih efisien dalam pekerjaan. Fitur ini tentunya akan sangat membantu Anda untuk membuat laporan keuangan secara periodik, karena pada dasarnya -- selain sebagai bukti transaksi-- faktur juga memiliki manfaat sebagai salah satu pelengkap dalam laporan keuangan.


Monitoring Saldo

Utang dan piutang adalah unsur yang pasti dalam transaksi bisnis. Itulah mengapa fungsi dari faktur memang memiliki peranan vital sebagai bukti transaksi dalam proses jual-beli secara online. Anda bisa memaksimalkannya dengan membuat faktur saat melakukan monitoring saldo dari pelanggan dan menangani faktur klien yang belum dibayar sehingga Anda bisa memastikan dibayar tepat waktu.

Perhitungan Pajak Secara Otomatis

Pajak adalah salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap warga negara. Hal ini disebabkan karena pajak memiliki banyak fungsi untuk anggaran hingga redistribusi pendapatan. Dalam dunia bisnis, biasanya disebut dengan pajak usaha.

Setidaknya, ada 3 jenis pajak yang semestinya diterapkan pada suatu bisnis, yaitu PPN, Pph hingga PpnBM. Nah, untuk ketiga jenis pajak usaha ini ditetapkan dalam kegiatan transaksi jual-beli, baik offline maupun online. Dengan menggunakan aplikasi faktur ini, maka akan jauh lebih mudah untuk melakukan perhitungan persentase pajak dari setiap faktur transaksi yang Anda lakukan secara otomatis.


Retur Penjualan dengan Lebih Mudah

Manfaat aplikasi faktur selanjutnya yang akan Anda dapatkan adalah ketika Anda memperoleh retur penjualan dalam transaksi jual-beli, karena Anda bisa melakukan pelacakan dengan sangat mudah. Retur penjualan sendiri bisa dikatakan sebagai penerimaan barang oleh pihak penjual yang dikembalikan oleh pihak pembeli.

Melakukan Duplikasi Faktur 

Aplikasi faktur ini bisa meringankan Anda untuk menghindari pekerjaan yang harus Anda lakukan berulang dalam membuat faktur. Anda bisa menyimpannya dalam bentuk softcopy, sehingga Anda bisa melakukan duplikasi faktur dengan lebih mudah, khususnya, faktur untuk transaksi.

Membuat Laporan dengan Sangat Instan

Untuk aplikasi faktur sendiri memiliki fitur yang memungkikan faktur setiap transaksi penjualan dan pembelian bisa disinkronisasikan secara otomatis dengan laporan keuangan bisnis. Oleh karena itu, Anda akan amat mudah untuk membuat laporan keuangan setiap bulannya.


Itulah mengapa, dengan menggunakan aplikasi faktur ini Anda akan merasa benar-benar mudah untuk mendapatkan laporan bisnis. Tentu saja, ini akan sangat menguntungkan karena Anda memiliki laporan keuangan yang sangat akurat. Sebagaimana yang diketahui, salah satu keberhasilan dalam usaha dan menentukan bisnis kedepannya berasal dari laporan keuangan yang memang sudah sangat akurat.

Dengan banyaknya manfaat yang diberikan dari aplikasi faktur ini, tentu saja akan sangat membantu Anda dalam alur jual-beli online. Sebab, saat ini semuanya serba cepat sehingga aplikasi ini akan memudahkan Anda dalam bekerja dengan waktu yang sangat singkat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel