Pentingnya Meningkatkan Kecerdasan Emosional pada Seorang Pemimpin

Pentingnya Meningkatkan Kecerdasan Emosional pada Seorang Pemimpin

Situsekonomi.com - Emotional Intelligence (EI) atau kecerdasan emosional sangatlah perlu untuk dimiliki setiap orang. Hal ini tidak terkecuali dengan para pemimpin. Keberadaan dari kecerdasan emosional ini berguna untuk melakukan pengelolaan pada emosi yang ada di dalam diri sendiri dan juga pada orang lain. Kecerdasan ini sebenarnya bisa diketahui ada pada seseorang yang bisa dengan baik untuk memahami emosinya sendiri, mengelolanya, bersikap empati atas dorongan emosi orang lain, serta mampu untuk mengatasi emosi pada orang lain.

Elemen di dalam Kecerdasan Emosional 

Pemimpin yang berhasil salah satunya karena adanya peranan dari kecerdasan emosional. Keberadaan dari kecerdasan emosional yang tinggi bisa menjadikan seseorang menguasai beberapa soft skill berikut:

1. Self-awareness

Soft skill ini bisa membuat seseorang mengenali emosi, kekuatan, kelemahan, kemampuan, serta batasan diri sendiri. Jika Anda memiliki kesadaran diri yang tinggi, maka akan mudah sekali untuk menerima, mendengarkan, serta menjalankan kritik yang diberikan orang lain.

2. Self-regulation

Hal ini mampu membuat seseorang untuk bisa mengontrol emosi serta tindakan dengan baik. Dengan begitu, Anda akan jauh dari berbagai tindakan impulsif yang merugikan. Hal ini jugalah yang bisa membuat Anda mengetahui waktu yang tepat untuk menggunakan emosi agar tidak membuat kondisi di perusahaan semakin buruk.

3. Motivation

Orang yang memiliki kecerdasan emosional, maka akan memiliki suatu motivasi dari dirinya sendiri. Motivasi tersebut muncul dengan sendirinya dan bukan karena dipengaruhi oleh suatu hal.

4. Empathy

Dengan adanya empati, maka akan membuat orang menjadi lebih bisa memahami. Hal ini akan membuat Anda menjadi orang yang lebih peduli serta tulus untuk menjalani hubungan dengan rekan-rekan kerja Anda.

5. Social Skill

Menjadi seorang pemimpin penting sekali untuk memiliki skill bersosialisasi. Dengan begitu, secara otomatis Anda juga bisa melakukan komunikasi dan membangun sebuah relasi yang lebih baik.

Manfaat Memiliki Kecerdasan Emosional bagi Seorang Pemimpin

Bagi seorang pemimpin yang memiliki kecerdasan emosional, ada beberapa manfaat yang juga didapatkan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Tercipta Komunikasi yang Efektif

Untuk bisa membangun sebuah perusahaan dengan kerja sama yang baik antar karyawannya, maka skill komunikasi sangatlah penting. Dengan adanya kecerdasan emosional inilah yang bisa membuat orang bisa mendengarkan dan merespons secara baik. Sehingga, kerja sama tim di perusahaan menjadi lebih efektif.

2. Bisa Mengatasi Tekanan Pekerjaan dengan Baik

Tidak bisa dipungkiri bahwa seorang pemimpin selalu mendapatkan tekanan yang tidak ringan. Namun, emosi tersebut harus bisa dikontrol agar tidak berdampak pada rekan kerjanya, sehingga inilah pentingnya kecerdasan emosional untuk bisa mengelola stresnya.

3. Terbuka dengan Kritik

Pemimpin membutuhkan saran untuk membuatnya lebih baik lagi. Jika kecerdasan emosional yang dimiliki seorang pemimpin tinggi, maka dirinya bisa menerima kritikan dengan baik tanpa harus melawannya.

Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional pada Pemimpin

Seorang pemimpin tidak hanya perlu memiliki kecerdasan inteligensi saja, tetapi juga perlu untuk memiliki kecerdasan emosional. Hal ini pun bisa ditingkatkan dengan beberapa cara, di mana Anda bisa berkumpul dengan orang-orang yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, karena tidak bisa dipungkiri bahwa lingkungan akan sangat berpengaruh. Jika Anda bergaul dengan orang-orang yang memberi pengaruh baik, maka Anda pun akan terbawa menjadi baik.

Lalu, bisa dengan berlatih mendengar. Hal itu akan membuat Anda bisa mengetahui masalah dengan lebih baik dan juga menemukan solusinya. Selain itu, belajarlah dari kesalahan. Cara ini akan bisa membuat Anda untuk mengenali diri sendiri dan lebih bisa mengatasinya jika sewaktu-waktu ada masalah yang datang. Tentu saja Anda tidak akan lagi melakukan kesalahan yang sama.

Kemudian, Anda juga bisa meningkatkan kecerdasan emosional dengan membaca buku, khususnya mengenai kecerdasan emosional. Hal ini akan bisa membantu Anda, apalagi pada umumnya buku-buku tersebut juga turut memberikan tips yang bisa Anda lakukan dalam upaya meningkatkan kecerdasan emosional.

Dengan demikian, bagi seorang pemimpin memiliki kecerdasan emosional sangatlah penting di samping juga memiliki kecerdasan dalam hal berpikir. Hal ini akan sangat baik untuk membuat Anda menjadi pemimpin yang tidak hanya memimpin, tetapi juga mampu berinteraksi pada setiap rekan kerja dan menyelesaikan permasalahan pekerjaan dengan lebih baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel