Tips agar Situasi Kerja di Masa New Normal Tetap Kondusif

Tips agar Situasi Kerja di Masa New Normal Tetap Kondusif

Saat new normal kali ini banyak dimanfaatkan oleh berbagai tempat kerja untuk membuat para pekerjanya mulai kembali masuk ke kantor. Walaupun sebenarnya masih banyak pemilik perusahaan yang belum berani, namun banyak juga yang sudah mulai memperkerjakan karyawan mereka.

Keduanya tidak ada yang paling benar maupun yang paling salah karena semuanya memiliki alasan tersendiri. Namun, bagi perusahaan yang terpaksa harus memperkerjakan karyawan pada pandemi seperti ini sering membuat karyawannya menjadi takut untuk memulai kembali bekerja di kantor.

Untuk itu, sebagai pihak yang berkepentingan di perusahaan, Anda harus bertanggung jawab penuh dengan keadaan seperti ini. Anda harus menciptakan suasana kerja yang lebih kondusif. Apa saja yang harus dilakukan? Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan di perusahaan:

Buat Suasana Kerja Menjadi Aman dan Nyaman

Pertama, buat suasana kerja menjadi aman dan nyaman. Hal ini berkaitan erat dengan protokol kesehatan yang telah diberlakukan. Buat ruangan kantor menjadi lebih aman dengan memberikan ventilasi udara lebih lebar agar sirkulasinya bisa menjadi lebih baik lagi dan kualitas udaranya lebih sehat dan hindari penggunaan AC apalagi jika filternya rusak atau bahkan tidak ada.


Modifikasi ruangan kerja dengan memberikan jarak aman antara pekerja yang satu dan satunya lagi. Sediakan tempat cuci tangan dan juga handsanitizer yang banyak dan mudah dijangkau oleh para pekerja.

Jangan lupa untuk selalu mengecek suhu sebagai skrining awal penderita covid-19, serta selalu desinfeksi semua ruangan minimal 4 jam sekali. Selain itu, pastikan area kantor selalu bersih dan menerapkan pola hidup yang sehat seperti membuang sampah di tempat sampah yang tertutup, selalu mencuci piring setelah dipakai, dan lain sebagainya.

Berikan Pengertian bagi Pekerja Mengenai Keadaan Saat Ini

Berikanlah pengertian bagi para pekerja Anda bahwa saat ini kalian sedang mengalami dua posisi yang sulit, yaitu pandemi dan juga krisis ekonomi. Jika mementingkan salah satu saja maka keadaan menjadi tidak seimbang. Oleh karena itu, bukan berarti tidak sayang terhadap nyawa akan tetapi lebih mementingkan keduanya.

Anda dan pekerja bisa bekerja kembali akan tetapi dengan cara yang baru, yaitu dengan penerapan protokol kesehatan yang cukup ketat. Hal ini dapat dilaksanakan dengan baik dan benar asal adanya kerja sama antara Anda dan juga para pekerja.


Himbau Para Pekerja untuk Tidak Panik tetapi Tetap Waspada

Berikan himbauan bagi para pekerja untuk tidak panik dengan keadaan yang saat ini terjadi, akan tetapi bukan berarti berani melakukan hal-hal di luar protokol kesehatan. Kita semua harus tetap waspada baik untuk diri sendiri, teman satu kantor, dan juga bagi keluarga di rumah. Hal seperti ini harus dilakukan dengan lapang dada.

Mengingat virus corona tidak hanya menginfeksi dan menimbulkan gejala akan tetapi ada juga yang tanpa gejala membuat kita menjadi lebih waspada. Selalu gunakan masker dan selalu cuci tangan atau gunakan handsanitizer agar lebih bersih.

Jangan Lakukan Kegiatan yang Menimbulkan Perkumpulan

Sebaiknya, tumbuhkan kerja sama untuk tidak membuat berbagai kegiatan yang menimbulkan perkumpulan. Jangan lakukan rapat seperti biasanya, jika memang terpaksa maka modifikasi ruangan seaman mungkin bagi semua pekerja dan juga Anda sendiri.


Hal sederhana yang masih sering dilanggar adalah pada waktu istirahat. Ketika waktu istirahat tiba, banyak pekerja yang makan dan minum bersama. Himbau untuk membawa makanan dan juga minuman dari rumah serta lakukan istirahat secara bergilir agar tidak semuanya istirahat dan membuat perkumpulan.

Lakukan Tes Kesehatan untuk Semua Pekerja agar Lebih Aman Bagi Pekerja yang Lain

Anda juga bisa melakukan tes kesehatan bagi para pekerja secara rutin terutama tes untuk pendeteksian infeksi virus corona. Untuk saat ini yang paling murah adalah dengan rapid test yang mana menggunakan darah sebagai salah satu indikator adanya perubahan dalam antibodi atau tidak. Anda juga bisa melakukan tes swab namun harganya lebih mahal tetapi lebih akurat.

Semua hal di atas harus dilakukan demi keberlangsungan perekonomian dan juga kesehatan masyarakat, yang terpenting adalah selalu jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan, ya! Semoga informasi ini bermanfaat buat kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel