Website Gratis di Google Bisnisku Menjadi Solusi bagi Pebisnis Kecil

Website Gratis di Google Bisnisku Menjadi Solusi bagi Pebisnis Kecil

Untuk usaha kecil dan menengah atau UKM, sebenarnya membuat website bisa menjadi hal baru dalam kegiatan berbisnis. Ada banyak sekali pebisnis UKM yang masih belum memiliki website karena kurang kemampuan teknis dan waktu untuk mengelola website. Walaupun saat ini media sosial masih memegang kendali dalam pemasaran online, akan tetapi Google merupakan salah satu tempat penyedia informasi yang dianggap paling akurat.

Berdasarkan data tahun 2018, terdapat 64% pebisnis kecil masih belum memiliki website resmi untuk bisnis yang mereka jalankan. Secara tidak langsung, tanpa menyertakan kehadiran website dalam berbisnis merupakan suatu masalah tersendiri bagi pelaku UKM.

Hal inilah yang akhirnya membuat Google memutuskan untuk menambah fitur terbaru supaya bisa membantu mereka yang membutuhkan website dalam kegiatan berbisnis. Jadi, website gratis di Google Bisnisku ini memang benar-benar menjadi solusi bagi pebisnis kecil.


Website Gratis di Google Bisnisku

Beberapa di antara kita mungkin sudah mengenal apa itu Google My Business atau Google Bisnisku. Bagi Anda yang masih belum tahu akan hal ini, maka perlu diterangkan secara ringkas mengenai hal tersebut.

Google Bisnisku adalah sebuah tools dari Google yang dibuat khusus untuk mempermudah calon konsumen mengetahui informasi bisnis Anda, seperti website perusahaan, review klien, dan sebagainya. Informasi tersebut akan muncul jika seseorang mencari nama bisnis tertentu atau jenis produk tertentu di mesin pencari Google.

Selain dapat digunakan secara gratis, Google Bisnisku juga menawarkan layanan untuk mengelola website dengan mudah. Dengan demikian, Anda tidak perlu pusing lagi bagaimana cara mengelola website bisnis dengan lebih detail. Walaupun sebenarnya tidak memiliki banyak pilihan untuk desain halamannya, namun itu dianggap cara yang terbaik untuk pebisnis kecil dan pemula jika ingin membuat website.

Proses Pembuatannya Sangat Mudah

Tidak hanya dalam mengelolanya saja, untuk proses pembuatannya pun juga tergolong mudah. Namun, karena website ini gratis dan merupakan bagian dari Google, maka sangat disarankan untuk memiliki akun Google terlebih dahulu bagi yang belum punya. Anda juga sebaiknya mempelajari hal-hal mengenai panduan lengkapnya. Jika sudah mempelajarinya, maka akan sangat mudah untuk mengetahui cara pembuatannya.


Optimasi Website Google Bisnisku

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara melakukan optimasi pada Google Bisnisku? Untuk itu, berikut ini akan dipaparkan caranya.

1. Ubah Desain dengan Tema yang Memang Sesuai

Ada banyak pilihan tema untuk mengubah desain tampilan website Anda. Desain ini memang menjadi salah satu faktor yang sangat penting dalam membuat website. Sebaiknya, pastikan bahwa tema yang dipilih memang sudah sesuai dengan brand dari bisnis Anda. Hal ini juga berlaku untuk font dan pilihan warnanya.

2. Unggah Foto dengan Kualitas Tinggi

Sangat disarankan untuk menggunakan foto dengan kualitas terbaik. Foto sampul menjadi sangat penting karena ini adalah bagian utama yang dilihat oleh mereka para pengunjung di Google. Sebaiknya, Anda ubah foto di website dengan pilihan foto yang bagus, sehingga akan memudahkan orang untuk lebih mengenal bisnis Anda.


3. Pemilihan Kalimat CTA (Call to Action) yang Tepat

CTA adalah sebuah instruksi berupa teks pada halaman website yang dibuat untuk mengajak pengunjung agar melakukan sesuatu, contohnya adalah tombol Start Now, Beli Sekarang, dan sebagainya.

Tulisan CTA ini berbeda-beda tergantung tujuannya. Oleh karena itu, pilihlah sesuai dengan tujuan Anda. Untuk membuat kalimat CTA yang berpotensi closing, gunakan kalimat perintah dengan huruf kapital di setiap awal kata, kecuali kata hubung, agar tampak jelas dan enak ketika dibaca oleh calon pembeli, contohnya:
  1. Pesan Sekarang dan Dapatkan Diskon 20 Persen!
  2. Diskon 50% untuk Pembelian Hari Ini!
  3. Gratis Goodie Bag untuk Pembelian 50 Orang Pertama!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel