Apa Itu Kemampuan Nonverbal?

Apa Itu Kemampuan Nonverbal?

Situsekonomi.com - Kemampuan nonverbal merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan individu untuk menggunakan komunikasi nonverbal secara efektif dan akurat. Hal ini sering diasosiasikan dengan karakteristik yang terdapat pada orang-orang, seperti gender, kepribadian, dan budaya. Secara umum, kemampuan nonverbal terkonseptualisasi dengan dua istilah turunan lainnya, yaitu kemampuan encoding dan kemampuan decoding (Raharjo, 2020: 82).

a. Kemampuan Menyandi (Encoding)

Kemampuan menyandi -- disebut juga ekspresivitas atau legibilitas -- mengacu pada kemampuan untuk mengomunikasikan emosi, perilaku, dan pesan-pesan melalui tanda nonverbal sehingga pengamat dapat menginterpretasikan makna dari pesan seperti yang diinginkan oleh penyandi (encoder). Sebagai contoh, seseorang yang mempunyai nilai tinggi dalam keterampilan ini akan dapat menyampaikan emosi, seperti empati, secara tepat hanya dari nonverbal.

Semakin terampil si penyandi dapat terlihat dari bagaimana cara dia berempati melalui saluran nonverbalnya, seperti wajah dan suara. Semakin tinggi keterampilan penyandi, maka dia pun akan semakin populer dan dominan daripada penyandi lainnya yang kurang terampil.

b. Kemampuan Membaca Sandi (Decoding)

Kemampuan membaca sandi mengacu pada kemampuan individu untuk menginterpretasikan komunikasi nonverbal dari orang lain. Orang yang mempunyai kemampuan menyandi akan lebih akurat menilai perilaku nonverbal. Mereka lebih pandai beradaptasi, demokratis secara interpersonal, lebih populer, dan dinilai oleh orang lain secara interpersonal lebih sensitif daripada orang yang keterampilan menyandinya buruk.

Penutup

Kedua kemampuan menyandi dan membaca sandi tersebut sangat berbeda-beda pada setiap orang. Namun, secara umum wanita lebih akurat daripada pria terkait keterampilan menyandi dan membaca sandi dalam komunikasi nonverbalnya.

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Kemampuan Nonverbal?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel