Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Bisnis Plan Makanan untuk Referensi Anda

Contoh Bisnis Plan Makanan untuk Referensi Anda

Contoh bisnis plan makanan ini akan mempermudah Anda untuk mulai membuatnya. Dengan adanya rincian dari rencana tersebut, para pengusaha bisa merencanakan berbagai hal dari awal dan mempersiapkan berbagai strategi untuk melangkah.

Contoh Bisnis Plan Makanan “Potato Creamy Ice Cream”

Sejauh ini, bisnis makanan sangat digandrungi oleh banyak orang, terutama kalangan muda. Nah, bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara membuat bisnis plan makanan, maka berikut ini adalah contohnya yang berfokus pada usaha ice cream:

1. Struktur Organisasi

Nama Perusahaan : Potato Creamy Ice Cream
Bentuk Usaha : Bidang Manufaktur yang Dilakukan Perorangan
Jenis Usaha : Makanan Penutup (Dessert), yaitu Ice Cream
Alamat Perusahaan : Jln. Raden Ajeng Kartini Nomor 159, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Visi dan Misi Perusahaan

Visi:

Menjadi perusahaan terbaik di industri makanan yang dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia dan negara sekitar dengan berbagai relasi di seluruh dunia serta menjunjung tinggi prinsip kesehatan.


Misi:
  • Dapat menghasilkan produk Ice Cream yang memiliki ciri khas tersendiri daripada lainnya.
  • Memiliki produk dengan kualitas terbaik dan terdapat kandungan manfaat yang tinggi.
  • Memiliki relasi bisnis di berbagai belahan dunia untuk memperlebar sayap perusahaan.
  • Menjalin komunikasi dengan berbagai pihak, terutama konsumen, secara baik dan terintegrasi.
  • Menciptakan lapangan pekerjaan baru sehingga menimbulkan kebermanfaatan bagi sesama manusia.

3. Deskripsi Usaha

Potato Creamy Ice Cream merupakan sebuah usaha yang bergerak dalam bidang es krim. Perusahaan ini melakukan kegiatan produksi dan menjual hasil produksinya. Adapun kegiatan produksi dilakukan di alamat perusahaan dengan beberapa tenaga kerja.

Potato Creamy Ice Cream ini mengedepankan prinsip keamanan, kandungan manfaat, dan efisien bagi para calon konsumen. Harganya juga sangat terjangkau serta pengemasan yang baik dengan mengedepankan ketelitian supaya kualitas produknya terjaga.

4. Keterangan Pembuat Business Plan

Pendidikan Terakhir: S-1 Pendidikan Tata Boga.
Pengalaman Kerja: Bekerja sebagai Chef utama di restoran “Dessert World” selama lima tahun.


5. Segmentasi Pasar

Dari segi segmentasi pasar, Potato Creamy Ice Cream menyasar seluruh kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang tua. Hal tersebut karena tidak ada efek samping dan banyaknya manfaat dari produk es krim ini sendiri.

Namun, untuk lebih khususnya, Potato Creamy Ice Cream menyasar pada kalangan anak-anak dan remaja. Sebab, mereka sangat menyukai segala produk berkaitan dengan es krim. Jadi, produk ini akan lebih laku dan laris di lingkup tersebut.

6. Estimasi Jumlah Produk yang Disebar di Awal

Harga : Rp6.000
Lokasi : Koperasi terdekat, minimarket, toko kelontong, dan kantin sekolah
Kuantitas : 65 Pcs
Jumlah Total : Rp390.000
Estimasi Permintaan Pasar : 130 Pcs, yaitu dua kali lipat

7. Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Potato Creamy Ice Cream adalah unik karena merupakan inovasi baru. Selain itu, produk tersebut terbuat dari bahan-bahan alami sehingga aman bagi setiap kalangan tanpa adanya efek samping.


Rasanya yang enak dan khas pun turut mendukung kelebihannya. Sementara itu, kekurangan Potato Creamy Ice Cream ini ialah tidak menggunakan bahan pengawet sintetis, sehingga tidak bisa bertahan terlalu lama untuk dipasarkan.

8. Detail Produksi

Produk es krim ini dibuat dari kentang yang sudah dihaluskan dan beberapa bahan pendukung lainnya. Alatnya pun cukup sederhana, tapi tetap dijaga kebersihannya demi menjaga kesehatan pelanggan. Dalam proses pembuatannya melibatkan sejumlah tenaga kerja ahli di masing-masing bidang guna menghasilkan produk yang berkualitas.

9. Pemasaran

Dalam pemasarannya, Potato Creamy Ice Cream memanfaatkan berbagai media, yaitu:
  • Mulut ke mulut
  • Sosial media
  • Relasi bisnis
  • Teman dan tetangga

10. Pendapatan

Modal untuk membangun bisnis Potato Creamy Ice Cream sebanyak Rp200.000. Dana tersebut digunakan untuk membeli berbagai bahan baku dan peralatan yang dibutuhkan guna menciptakan produk tersebut.


Selama sebulan, pendapatan kotor yang diperoleh dari usaha tersebut adalah Rp800.000. Dengan begitu, usaha ice cream ini memang sangat menguntungkan karena pendapatan bersihnya yaitu Rp600.000.

Nah, itulah pembahasan tentang contoh bisnis plan makanan untuk referensi Anda. Sebagai seorang pebisnis, tentunya Anda perlu membuat bisnis plan untuk menjalankan bisnis dengan sebaik mungkin. Pasalnya, bisnis plan akan membuat Anda fokus pada tujuan yang telah ditetapkan.