Kegiatan Ekonomi: Pengertian, Jenis, Serta Pelakunya

Kegiatan Ekonomi: Pengertian, Jenis, Serta Pelakunya

Situsekonomi.com
- Kegiatan ekonomi adalah suatu aktivitas yang dilakukan oleh setiap manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Pastinya semua orang telah melakukannya setiap hari, terlebih untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Jenis-jenis Kegiatan Ekonomi

Umumnya, kegiatan ekonomi terdiri dari tiga jenis utama, yaitu produksi, distribusi dan konsumsi. Ketiga hal tersebut memiliki peran dan fungsi saling terkait untuk menopang kebutuhan di kehidupan. Berikut ulasannya:

1. Produksi

Kegiatan ekonomi satu ini memiliki tujuan untuk menghasilkan atau menambah nilai dari suatu barang atau jasa. Perannya penting dalam memenuhi kebutuhan manusia sehari-hari. Dalam produksi, terjadi perubahan dari bahan mentah menjadi setengah jadi atau bahkan siap pakai.

Orang yang berperan untuk memproduksi barang atau jasa ini disebut dengan produsen. Contoh kegiatan produksi misalnya dalam sebuah butik atau pabrik pakaian. Tentu dari kain akan dijahit dan disatukan dengan resleting, kancing serta hal lain sehingga bisa membentuk baju atau outfit lainnya.

2. Distribusi

Kegiatan distribusi memiliki tujuan untuk menyalurkan barang atau jasa yang sudah melewati proses produksi kepada konsumen. Perannya dibutuhkan agar para produsen dapat memasarkan produknya serta pembeli bisa mendapatkannya dengan berbagai kemudahan.

Distributor adalah sebutan bagi orang yang berperan dalam proses mendistribusikan barang ini. Kegiatan ini merupakan gabungan dari berbagai aktivitas, seperti pengangkutan, pengepakan atau pengemasan, penjualan ke grosir, penyimpanan di gudang serta berbagai hal lainnya.

3. Konsumsi

Tujuan dari kegiatan konsumsi adalah untuk mengurangi, menghabiskan atau memakai nilai guna dari suatu barang. Tidak ada satu orang pun di dunia ini yang tidak bisa lepas dari perilaku ini. Tentu karena mereka pasti membutuhkan berbagai produk atau jasa untuk kebutuhan sehari-hari.

Kegiatan ini identik dengan kata membeli, baik itu terhadap suatu barang/produk maupun jasa, seperti makanan, pakaian, tempat tinggal dan lain sebagainya. Selain itu, setiap orang yang terlibat dalam aktivitas tersebut disebut dengan istilah konsumen.

Beberapa Pelaku dari Kegiatan Ekonomi

Pelaku dari kegiatan ekonomi adalah bermacam-macam, mulai dari perusahaan sampai rumah tangga konsumsi. Semuanya memiliki peran masing-masing, berikut penjelasan rincinya:

1. Perusahaan

Perusahaan memiliki peran penting dalam kegiatan ekonomi utamanya sebagai seorang produsen, yaitu memproduksi serta menyediakan suatu barang atau jasa bagi para konsumen. Hal ini bergerak dalam naungan pemerintah (BUMN), swasta maupun koperasi.

Selain itu, perusahaan juga memiliki peran sebagai konsumen. Tentu karena mereka membutuhkan berbagai bahan mentah untuk proses produksinya serta tenaga kerja, seperti manusia serta berbagai alat pendukung, perawatan, gudang serta berbagai hal lainnya.

2. Pemerintah

Dalam suatu kegiatan ekonomi, pemerintah memiliki peran sebagai penyedia serta pelaku konsumsi untuk memenuhi kebutuhan setiap rakyatnya. Contohnya yaitu adanya anggaran belanja untuk berbagai kebutuhan, pengadaan rumah usaha, ekspor dan impor serta masih banyak hal lainnya.

Selain itu, pemerintah juga dapat bertindak sebagai stabilisator dalam kegiatan ekonomi agar bisa adil bagi semua pihak. Contohnya yaitu dengan mencetuskan berbagai macam kebijakan dan memberikan kewenangan pada beberapa pihak untuk melakukan berbagai produksi maupun distribusi.

3. Rumah Tangga Produksi (Produsen)

Rumah tangga produksi merupakan suatu individu atau kelompok yang memiliki usaha dalam skala kecil, dengan menyediakan suatu atau beberapa kebutuhan sehari-hari. Tentunya tidak dalam jumlah sangat banyak alias sedikit. Banyak sekali komunitas yang berkembang di kalangan masyarakat.

Peran pelaku ini dalam suatu kegiatan ekonomi adalah untuk membantu memenuhi kebutuhan rumah tangga konsumsi dalam kehidupan sehari-hari, biasanya lebih dikenal dengan industri rumahan atau home manufacture. Namun, terkadang kualitasnya pun tidak kalah dengan produksi dari pabrik besar.

4. Rumah Tangga Konsumsi (Konsumen)

Jika rumah tangga produksi berperan aktif dalam suatu kegiatan ekonomi untuk memproduksi atau menghasilkan suatu barang, maka pelaku satu ini merupakan kebalikannya. Perannya yaitu untuk pengguna produk atau jasa yang telah diproduksi.

Intinya, pola konsumsi setiap keluarga tentu berbeda, tergantung anggota keluarganya. Hal ini meliputi seberapa banyak jumlah orang tua, usia produktif bahkan anak-anak. Selain itu, perannya dalam kegiatan ekonomi adalah membantu memberikan kemakmuran bagi rumah tangga produksi.

Belum ada Komentar untuk "Kegiatan Ekonomi: Pengertian, Jenis, Serta Pelakunya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel