Kenapa Public Speaking Begitu Ditakuti oleh Banyak Orang?

Kenapa Public Speaking Begitu Ditakuti oleh Banyak Orang?

Situsekonomi.com - Coba ingat kejadian Anda berbicara di depan banyak orang, entah itu presentasi tugas kuliah, laporan kemajuan pekerjaan, atau melakukan penawaran di depan klien. Itu adalah public speaking, yaitu kegiatan menyampaikan sesuatu kepada banyak orang atau di depan umum (Raharjo, 2020: 56).

Dalam situs Merriam-Webster, disebutkan bahwa public speaking adalah "the act or process of making speeches in public" (tindakan atau proses melakukan pidato di depan umum) atau "the art of effective oral communication with an audience" (seni komunikasi oral yang efektif dengan audiensi). Sementara menurut Y.S Gunadi dalam buku Himpunan Istilah Komunikasi (1998), public speaking adalah komunikasi yang dilakukan secara lisan mengenai suatu hal atau topik di hadapan banyak orang dengan tujuan memengaruhi, mengajak, mendidik, mengubah opini, memberikan penjelasan, dan memberikan informasi kepada masyarakat di tempat tertentu.

Tampaknya, kata di depan banyak orang inilah yang menjadi penyebab utama ketakutan terhadap public speaking. Untuk itu, berikut ini adalah lima alasan ketakutan terhadap public speaking dan cara mengatasinya:

1. Hantu dari Masa Lalu

Mungkin Anda pernah bicara di depan umum yang tidak sesuai dengan harapan pada masa lalu. Dan, otak Anda terus mengulang kejadian tersebut setiap akan melakukannya lagi, sehingga menimbulkan rasa takut atau khawatir.

Bagaimana Mengatasinya?

Biasakanlah melakukan evaluasi. Temukan kekurangannya dan lakukan perbaikan secara terus-menerus. Hal terbaik yang bisa diambil dari pengalaman buruk kita adalah pelajaran, agar pada masa depan hal tersebut tidak terulang lagi. Jika memungkinkan, mintalah umpan balik dari audiensi di setiap akhir sesi public speaking Anda. Atau, apabila ada rekamannya, silahkan ditonton lagi dan lakukan evaluasi.

2. Pertanyaan "Jangan-jangan" yang Selalu Muncul di Kepala

Hal ini juga sering terjadi. Pikiran kita begitu dipenuhi dan dihantui oleh pertanyaan-pertanyaan yang mengkhawatirkan, seperti:

  • Jangan-jangan nanti saya melakukan sesuatu yang memalukan.
  • Jangan-jangan nanti saya lupa materi yang saya sampaikan.
  • Jangan-jangan audiensi tidak suka dengan saya.

Bagaimana Mengatasinya?

Cobalah ganti fokus. Alihkan perhatian Anda dari pertanyaan "jangan-jangan" tersebut. Pikirkan saja materi, audiensi, dan aspek lain yang mendukung public speaking Anda.

3. Bicara di Depan Atasan

Bicara di depan atasan memang menakutkan. Takut tampil kurang baik, kemudian tidak dipromosikan, tidak jadi naik jabatan, dan lain-lain. Larut dalam pikiran tersebut malah berbahaya. Sebab, bisa saja Anda jadi gugup atau lupa dengan bahan pembicaraan atau presentasinya.

Lantas, Bagaimana Mengatasinya?

Persiapan matang dan penguasaan terhadap topik yang akan disampaikan akan sangat membantu meningkatkan kepercayaan diri Anda. Daripada membayangkan yang negatif, lebih baik membayangkan apa reward bagi Anda jika bisa melakukannya dengan baik.

4. Bicara di Depan Orang Asing

Presentasi di depan orang asing atau tidak dikenal mambawa kekhawatiran tersendiri. Bagaimana sebenarnya pengetahuan mereka tentang topik yang akan Anda bahas, bagaimana menghadapi mereka, dan lain-lain. Ini bisa terjadi jika Anda tidak sempat melakukan riset atau mencari informasi tentang audiensi Anda.

Bagaimana Mengatasinya?

Sempatkan untuk menggali informasi tentang audiensi Anda. Persiapkan presentasi dengan matang dan pastikan Anda menguasainya dengan baik.

5. Tidak Menguasai Topik

Mungkin suatu hari Anda ditunjuk oleh seorang teman untuk menggantikannya melakukan presentasi di hadapan klien. Atau mungkin mendapat tugas presentasi dari dosen dengan waktu yang tidak mencukupi untuk melakukan persiapan, sehingga muncul kekhawatiran tidak dapat menyampaikan presentasi dengan baik.

Bagaimana Mengatasinya?

Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan memperbanyak wawasan atau bacaan yang relevan dengan bidang yang sedang Anda tekuni saat ini. Anda bisa membaca paling kurang satu artikel dalam satu hari atau mengkhatamkan satu buku dalam waktu satu minggu. Sebab, di situasi seperti ini wawasan Anda akan berperan sangat penting untuk menyelesaikan presentasi Anda dengan baik.

Ada banyak alasan mengapa keterampilan public speaking ini penting untuk dikuasai. Berikut ini lima di antaranya:

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Jika Anda memiliki kemampuan bicara di depan umum yang baik otomatis kepercayaan diri Anda pun akan meningkat. Anda akan merasa nyaman berada di antara banyak orang. Tidak khawatir untuk menyampaikan ide atau pendapat terkait sesuatu.

2. Membuat Anda Menonjol di Tengah Persaingan

Ketika Anda sebagai karyawan, misalnya, bisa menyampaikan ide, memaparkan sesuatu dengan baik, hal itu pun akan membuat Anda menonjol dibandingkan dengan karyawan lainnya.

3. Bisa Memotivasi Orang Lain

Seorang public speaker yang baik adalah ketika ia mampu menggerakkan orang untuk melakukan sesuatu. Memotivasi mereka untuk berubah menjadi lebih baik, mengajak melakukan sesuatu, atau membeli sesuatu.

4. Menyampaikan Sesuatu dengan Efektif

Banyak orang tampil bicara di depan orang, tapi pesannya tidak tersampaikan dengan baik. Menguasai keterampilan public speaking adalah solusi yang akan membuat Anda mampu menyampaikan pesan atau informasi secara efektif kepada audiensi.

5. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Anda Secara Umum

Mempelajari public speaking bisa membuat Anda memahami dengan baik bagaimana berkomunikasi dengan orang lain secara verbal dan nonverbal. Demikianlah beberapa hal terkait public speaking, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.

Belum ada Komentar untuk "Kenapa Public Speaking Begitu Ditakuti oleh Banyak Orang?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel