Lembaga Keuangan Non Bank yang Harus Anda Ketahui

Lembaga Keuangan Non Bank yang Harus Anda Ketahui

Situsekonomi.com - Dalam dunia perekonomian ada banyak sekali istilah yang sering Anda dengar. Seperti misalnya mengenai tempat penyimpanan uang secara fisiknya. Namun, ada instrumen lain pula seperti saham, obligasi di mana bisa melakukan simpanan dalam lembaga keuangan non bank.

Macam-macam Lembaga Keuangan Non Bank

Indonesia memiliki banyak lembaga yang mengatur tentang keuangan baik dalam wujud asli maupun instrumen lainnya. Berikut informasinya:

1. Pasar Modal

Sesuai dengan namanya, pasar modal adalah tempat di mana Anda dapat melakukan pembelian serta penjualan salah satu produk keuangan berupa surat berharga. Contohnya ialah saham dan obligasi. Keduanya dapat menjadi alternatif lain bagi masyarakat dalam menyimpan uang.

Anda akan bertindak sebagai investor pada saat melakukan pembelian saham. Di mana keduanya bisa berjangka panjang maupun pendek tergantung pada profil risiko masing-masing. Masyarakat pun dapat memanfaatkan pasar modal ini untuk menyimpan uangnya selain di bank.


2. Pegadaian

Pegadaian merupakan salah satu perusahaan lembaga bukan bank dengan pelayanan kebutuhan masyarakat, khususnya dalam hal pinjaman. Perusahaan tersebut memiliki program unggulan, yaitu Kredit Cepat Aman atau KCA yang membantu pencairan dana dalam waktu singkat serta syarat mudah.

Tidak hanya melayani pinjaman, Pegadaian juga memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin membeli emas murni dengan sistem tabungan. Hal ini memudahkan siapa saja untuk memiliki salah satu aset tersebut secara mudah. Dengan begitu, siapapun bisa memilikinya melalui program tabungan.

3. Perusahaan Asuransi

Perusahaan asuransi merupakan salah satu contoh lain dari lembaga keuangan non bank di Indonesia, baik yang berfokus pada bidang pendidikan, kesehatan dan lain-lain. Contohnya ialah BPJS Kesehatan maupun Ketenagakerjaan, BCA Finance, Axa Mandiri serta masih banyak lagi.

Untuk menggaet para nasabah, perusahaan asuransi biasa bekerja sama dengan pihak bank sehingga memudahkan jika ingin melakukan pembukaan rekening. Meski begitu, tetap ada kantor tersendiri sehingga aman dan terpercaya. Jika berminat pastikan memilih sesuai kebutuhan saja.

4. Koperasi Simpan Pinjam

Salah satu lembaga keuangan non bank yang jumlahnya sangat banyak di Indonesia ialah koperasi simpan pinjam. Dapat berbentuk kerja sama dengan sebuah usaha pertanian maupun institusi seperti perkumpulan para guru, keluarga dari kepolisian, maupun organisasi tertentu.

Koperasi simpan pinjam memudahkan nasabahnya untuk melakukan peminjaman dan penyimpanan uang dengan mudah selain melalui bank dan Pegadaian. Para anggotanya wajib melakukan setoran per bulan sebagai sumber arus kas berjalan dan pendanaan bagi pinjaman.

5. Perusahaan Sewa Guna Usaha

Perusahaan sewa guna atau yang masyarakat sering menyebutnya leasing merupakan salah satu lembaga keuangan non bank di Indonesia. Memfasilitasi warga dengan kebutuhan mencicil pembelian barang elektronik hingga kendaraan bermotor seperti sepeda motor bahkan mobil.

Banyak sekali contoh dari perusahaan sewa guna atau leasing ini. Biasanya bekerja sama dengan pihak penjual barang-barang elektronik dan kendaraan bermotor untuk memberikan kelonggaran pembayaran, yaitu dengan cara mencicil atau kredit dalam jangka waktu tertentu.


6. Perusahaan Dana Pensiun

Bagi Anda yang merupakan pegawai sipil negara tentu tidak asing dengan pendanaan di masa pensiun. Bekerja sama pada salah satu lembaga dana pensiunan terpercaya seperti Taspen, yaitu sebagai lembaga penjamin kehidupan di waktu tua atau saat sudah tidak bekerja lagi.

Pendapatannya bersumber dari gaji milik karyawan dengan jumlah beberapa persen selama masih aktif bekerja. Waktu pemberiannya adalah sejak Anda tidak lagi bekerja, khususnya jika sudah berumur lebih dari 60 tahun atau sesuai dengan kebijakan perusahaan terkait.


7. Perusahaan Modal Ventura

Jika sebelumnya membahas tentang pasar modal untuk pembelian saham, maka di perusahaan modal ventura Anda bisa membeli salah satu instrumen non uang, yaitu obligasi. Namun, pastikan sebelumnya sudah memahami betul seluk beluknya agar tidak mengalami penipuan.

Selain obligasi, perusahaan modal ventura juga memberikan pinjaman jangka panjang dengan syarat dan ketentuan tertentu. Pinjaman jangka panjang ini sering kali bermanfaat bagi pemilik usaha dengan kebutuhan modal besar. Maka dari itu, tidak heran jika lembaga jenis ini masih asing bagi masyarakat awam.

Memilih menggunakan salah satu lembaga keuangan non bank memang dapat menjadi alternatif, baik untuk melakukan penyimpan uang maupun transaksi lainnya. Namun, pastikan untuk hanya bekerja sama dengan pihak terpercaya, yaitu yang ada pada daftar OJK.

Demikianlah artikel mengenai macam-macam lembaga keuangan non bank. Pengetahuan mengenai hal tersebut dapat membantu Anda memahami cara serta tempat lain yang bisa membantu mengembangkan dan membantu dalam hal kebutuhan dana.

Belum ada Komentar untuk "Lembaga Keuangan Non Bank yang Harus Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel