Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Teknologi Layanan Jaringan Terbaru

Materi Teknologi Layanan Jaringan Terbaru

Materi teknologi layanan jaringan mencakup beberapa poin mulai dari pengertian, tujuan, badan standar di berbagai benua serta organisasi teknologi komunikasi global. Tidak menutup kemungkinan juga masih banyak sub bab lainnya yang dapat dipelajari.

Definisi Teknologi Layanan Jaringan

Teknologi layanan jaringan merupakan sebuah sistem yang dirancang untuk melayani pengguna yang memakai berbagai jenis perangkat. Tujuannya adalah untuk membangun serta merancang agar seluruhnya berjalan efektif dan sesuai kebutuhan dari setiap user.

Kehadiran dari layanan jaringan ini diperlukan untuk memenuhi suatu standar sebagai penjamin compatibility sampai interoperability agar kinerja bisa dijalankan secara ekonomis. Hal ini bersifat terbuka dan dibutuhkan guna melakukan koneksi antar sistem, perangkat serta operator yang berbeda.

Teknologi layanan jaringan merupakan sistem yang terstandarisasi atas adanya suatu protokol. Hal ini adalah aturan sebagai pedoman terjadinya hubungan komunikasi pada saat terjadi perpindahan data dari perangkat berbeda. Izin ini bisa diterapkan, baik untuk software ataupun hardware.


Tujuan Adanya Protokol dalam Teknologi Layanan Jaringan

Adanya protokol di dalam teknologi layanan jaringan tentunya memiliki beberapa tujuan yang akan dicapai. Salah satunya ialah melakukan deteksi terhadap adanya koneksi fisik dari komputer dengan berbagai perangkat.

Tidak hanya itu, ia juga melakukan metode di dalam proses interaksi antara perangkat satu dengan lainnya. Selain itu, juga melaksanakan pengaturan untuk mengawali serta mengakhiri suatu pesan ataupun sinyal yang sedang terhubung.

Adanya kerusakan atau ketidaksempurnaan pada pesan juga menjadi salah satu tujuan protokol dari teknologi layanan jaringan. Tujuan lainnya adalah mengakhiri setiap proses koneksi yang sebelumnya sudah berjalan.


Beberapa Materi Teknologi Layanan Jaringan Dunia

Beberapa badan standar teknologi layanan jaringan ini memang berdiri di berbagai benua sebagai pedoman standarisasi pada suatu sistem. Tidak heran jika pedoman yang diatur biasanya memiliki sedikit perbedaan, sebab disesuaikan dengan kebutuhan setiap wilayahnya. Berikut ulasannya:

1. Eropa

Salah satunya ialah ETSI atau European Telecommunications Standards Institute yang merupakan suatu badan bersifat independen. Lembaga ini memiliki tugas mengeluarkan pedoman standarisasi di sekitar wilayah Eropa, misalnya standar GSM. Badan lainnya yang ada di Eropa ialah CEN (European Committee for Standardization) dan CENELEC (European Committee for Electrotechnical Standardization) yang mana keduanya berfokus dalam standarisasi teknologi informasi.

2. Amerika

Amerika juga memiliki badan standar teknologi layanan jaringan, yaitu IEEE, EIA, FCC dan TIA. IEEE sendiri merupakan kepanjangan dari Institute of Electrical and Electronics Engineers sebagai asosiasi para engineer elektro secara internasional dengan contoh standarnya ialah LAN.


Sementara EIA (Electronic Industries Association) berfokus untuk pabrik perangkat elektronika di Amerika, contohnya RS232. Kemudian, FCC atau Federal Communications Commission merupakan lembaga regulasi pemerintah di benua tersebut.

Organisasi Teknologi Komunikasi Global

Tidak hanya sebagai badan yang mengatur saja, beberapa organisasi teknologi komunikasi global juga bisa dijumpai secara nasional bahkan internasional. Secara umum, mereka berdiri di bawah naungan lembaga besar seperti PBB, sehingga benar-benar terjamin akan lisensinya.

1. ITU

ITU merupakan kepanjangan dari International Telecommunication Union atau badan khusus PBB yang bertanggung jawab di bidang telekomunikasi secara internasional. Organisasi ini dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu ITU-T untuk public dan ITU-R dengan lingkup seluruh dunia.

ITU-T sendiri berasal dari CCIT atau Committee Consultatif International de Telegraphique et Téléphonique dengan tugas memberikan rekomendasi jaringan telekomunikasi bagi publik. Sementara UTI-R mempublikasikan berbagai informasi yang berhubungan dengan aspek radio.

2. ISO dan IEC

ISO (The International Standards Organization) dan IEC (International Electrotechnical Commission), keduanya sama-sama berperan sebagai organisasi yang berfokus untuk standarisasi. ISO sendiri bertugas dalam menetapkan protokol telekomunikasi data. Sementara IEC, mengeluarkan standar yang mencakup aspek elektromekanikal, seperti konektor, lingkungan kerja, dan keselamatan.

Materi teknologi layanan jaringan nyatanya cukup luas untuk dikembangkan lagi. Poin paling penting untuk mempelajarinya ialah mengetahui pengertian dan tujuan dari adanya protokol yang mengaturnya.