Om Span Kementerian Keuangan Sebagai Layanan Informasi

Situsekonomi.com - Di tahun 2020 ini, Om Span Kementerian Keuangan telah berhasil diluncurkan. Program tersebut sebagai salah satu layanan informasi untuk masyarakat dengan memberikan segala akses transaparasi Span yang akurat, cepat, terinci dan terintegrasi.

Om Span Kementerian Keuangan Sebagai Layanan Informasi
Sumber: itworks.id

Apa Itu Om Span?

Aplikasi Om Span atau Online Monitoring Span adalah salah satu sistem perbendaharaan Anggaran Negara yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan. Program tersebut berguna untuk memonitoring setiap transaksi dengan model tampilan seperti web.

Adanya aplikasi ini akan memberikan solusi yang bermanfaat terutama bagi penyaluran dana dengan transparan. Cara kerjanya pun juga cukup mudah, karena pengguna hanya perlu masuk dan melakukan pengecekan data hingga rekening KPM.

Span sendiri merupakan salah satu sistem untuk menyempurnakan pengelolaan keuangan negara. Dalam hal ini, program yang digunakan berupa integrasi manajemen keuangan dengan penerapan sistem akuntansi.


Prinsip Om Span

Sebagai salah satu aplikasi yang berhasil diluncurkan oleh Kementerian Keuangan, Om Span Kementerian Keuangan pun memiliki prinsip dasar yang harus diketahui. Hal ini akan berguna untuk memberikan pemahaman kepada Anda sebelum mengetahui lebih jauh.

Pada intinya aplikasi tersebut berbasis internet dengan kode masuk berupa user ID. Jadi, tanpa hak akses, maka tidak akan bisa menggunakan program tersebut. Selain itu, dasar operasional yang mereka gunakan berdasarkan Span.

Namun, satu hal yang perlu diingat bahwa setiap informasi yang terdapat dalam Span itu tidak realtime. Apalagi antara aplikasi dengan website sebab terdapat waktu loading untuk menyamakan informasi tersebut.


Apa Manfaat Om Span?

Om Span adalah salah satu aplikasi yang pada mulanya hanya untuk intern instansi yang bekerja pada wilayah Ditjen perbendaharaan. Namun, untuk saat ini, para Satker mitra KPPN sudah bisa menggunakan program tersebut, terlebih untuk mencari berbagai informasi SPM.

Dalam hal ini, Satker bisa memanfaatkan Om Span untuk mengakses informasi seperti modul komitmen, penganggaran, pembayaran dan masih banyak lagi terkait informasi dari Span. Selain itu, program ini berbasis online sehingga memerlukan akses internet.

Hal yang paling menarik adalah Om Span memang berguna untuk memonitoring dana desa. Jadi, cara ini akan memberikan banyak manfaat seperti input penyaluran dana desa, input pagu dana desa hingga penyerapannya.


Bagaimana Cara Mengakses Om Span?

Semenjak Om Span berhasil diluncurkan, program tersebut bisa diakses oleh orang-orang tertentu dengan menggunakan kode pengguna berupa username dan password. Untuk mendapatkannya pun harus melalui pengajuan User ID terlebih dahulu secara daring melalui aplikasi tersebut.

Cara mendapatkan user dan password dalam aplikasi Om Span memang harus melalui pengajuan terlebih dahulu. Langkah pertama adalah dengan mengajukan permohonan kepada mitra kerjanya dalam KPPN.

Selain itu, pengajuan surat permohonannya pun harus sesuai dengan format yang telah ditetapkan. Setelah itu baru mengisi data atau form yang tertera dalam aplikasi Om Span. Data tersebut meliputi data diri, alamat, nomor telepon dan juga e-mail.

Fungsi Om Span

Om Span merupakan sebuah aplikasi pendataan keuangan dengan konsep memindahkan data dari server span serta data yang dikirim bersifat incremental. Selain itu, penginputan juga bisa dilakukan kapan saja. Namun, fungsi lebih lengkapnya adalah sebagai berikut:
  • Modul penganggaran merupakan cara untuk mengetahui revisi Dipa. Hal ini juga termasuk informasi penolakan hingga realisasi dan sisa pagu.
  • Modul pembayaran berguna untuk transaksi atau payment management resume tagihan (PMRT). Kemudian membuat daftar SP2D dan menerbitkannya.
  • Modul komitmen adalah salah satu fitur untuk mengetahui informasi data supplier.
  • Modul Bank sebagai salah satu layanan Om Span memberikan informasi monitoring terkait status SP2D untuk memperoleh retur.
  • Modul penerimaan untuk mengakses informasi terkait pendapatan, potongan SPM, melakukan transaksi hingga konfirmasi penerimaan ke negara.
  • Referensi adalah salah satu fitur yang bisa digunakan oleh Satker untuk mengetahui kode akun dalam hal pembuatan user ID.

Bagaimana, sudahkah memahami terkait Om Span Kementerian Keuangan? Pada dasarnya aplikasi tersebut memang khusus untuk sistem dana pemerintah hingga ke desa sehingga bisa terperinci dengan baik.

Belum ada Komentar untuk "Om Span Kementerian Keuangan Sebagai Layanan Informasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel