Perbedaan Penjualan dan Pemasaran, Inilah Konsepnya!

Perbedaan Penjualan dan Pemasaran, Inilah Konsepnya!

Situsekonomi.com - Perbedaan penjualan dan pemasaran memang tampak jelas sebenarnya. Hanya seringkali para pebisnis menyalahartikan kedua istilah tersebut. Padahal, keduanya memiliki konsep masing-masing. Supaya lebih jelas, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan.

Pengertian Penjualan (Sales)

Apabila dilihat secara istilah, maka penjualan yang sebenarnya hanyalah bagaimana seorang pebisnis fokus untuk menghabiskan dagangannya saja, dalam artian terjual, sehingga bisa memperoleh keuntungan dan balik modal. Jadi, tujuan dari penjualan ini semata-mata hanya mencari keuntungan tanpa mau tahu feedback dari konsumen, bahkan tidak peduli apakah produk tersebut bermanfaat atau tidak yang terpenting produk habis terjual.

Orang-orang yang lebih fokus ke penjualan ini biasanya lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan pokok. Sebab, hanya perlu fokus mencari keuntungan saja dan produk tersebut akan habis terjual. Meskipun begitu, perusahaan tetap memiliki sistem sehingga para konsumen tetap loyal kepada mereka.


Apa itu Pemasaran (Marketing)?

Pemasaran atau marketing secara sekilas mungkin tampak sama dengan penjualan. Akan tetapi, konsep utama dari istilah tersebut adalah memasarkan produk maupun jasa dengan tujuan supaya konsumen mengenalnya.

Pemasaran merupakan sebuah sistem komunikasi dan pemberian informasi, baik secara lisan maupun media visual kepada pelanggan. Cara ini dilakukan supaya konsumen berpikir bahwa produk tersebut adalah yang mereka cari karena bisa memenuhi kebutuhan.

Dalam melakukan pemasaran pun tidak bisa asal-asalan. Bahkan, seorang marketer harus membekali dirinya dengan pengetahuan dasar serta mampu memikirkan strategi terbaik. Mulai dari harga, lokasi, proses pengerjaan hingga bukti fisik sekalipun.


Perbedaan Penjualan dan Pemasaran

Setelah mengetahui konsep dasar tersebut, jadi sebenarnya apa perbedaan penjualan dan pemasaran yang mendasar dalam bisnis tersebut? Terlebih, jika Anda ingin membuat strategi yang tepat sehingga harus memahaminya. Oleh karena itu, berikut ini penjelasannya:

1. Orientasi Bisnis

Dalam hal ini, antara penjualan dan pemasaran memiliki orientasi yang berbeda terkait bisnis tersebut. Sebut saja untuk sales akan lebih menekankan pada produk yang dihasilkan sehingga bisa membuat konsumen tertarik. Istilah mudahnya adalah barang cepat laku dan memperoleh keuntungan.

Sedangkan pada pemasaran, maka pebisnis akan fokus pada pelayanan konsumen. Marketer akan lebih menekankan seberapa puas konsumen terhadap produk mereka. Cara ini biasanya lebih efektif untuk menjaring kepercayaan pelanggan jangka panjang.


2. Konsep Bisnis

Meskipun istilah sales dan marketing sudah sangat umum dan saling bersinggungan, namun perlu diketahui bahwa keduanya memiliki konsep berbeda. Pada penjualan akan lebih fokus untuk membuat konsumen berpikir akan produk mereka sehingga berakhir harus membelinya.

Pada konsep pemasaran, justru marketer akan berusaha membuat produk tersebut masuk ke dalam pikiran konsumen dan bagaimana hal itu menjadi menarik untuk mereka. Jadi, seolah-olah pelanggan membutuhkan barang tersebut sehingga berakhir untuk membelinya.

3. Ide Dasar

Ide dasar atau awal mulanya sebuah produk bisa sampai ke tangan konsumen sebenarnya memiliki konsep yang berbeda. Pemasaran pada awalnya akan melakukan riset panjang untuk mengetahui kebiasaan, kebutuhan hingga kesukaan konsumen, baru kemudian mengolahnya menjadi sebuah produk atau jasa.

Berbeda dengan penjualan yang justru memiliki strategi bertolak belakang. Pada konsep penjualan, pebisnis akan membuat produk terlebih dahulu. Setelah itu, baru melakukan promosi kepada para konsumen.

4. Strategi Bisnis

Strategi bisnis pemasaran sebenarnya lebih menekankan pada kepuasan dan loyalitas konsumen. Hal ini tentu harus dibarengi dengan perencanaan yang matang dan riset panjang. Selain itu, dampak tindakan seperti ini justru mampu menghasilkan stabilitas merek jangka panjang.

Pada strategi penjualan yang berpusat pada keuntungan sebenarnya akan menghasilkan output yang sama saja. Sayangnya, konsep seperti ini tidak akan pernah bertahan lama karena keluaran produk yang dihasilkan tanpa memikirkan kebutuhan konsumen.

5. Teknik Promosi

Meskipun pada konsep penjualan berorientasi pada keuntungan sehingga begitu produk jadi baru memasarkannya kepada konsumen. Hanya saja bentuk selling yang dilakukan hanya cenderung pada promosi dan persuasi saja.

Sementara teknik promosi pada pemasaran lebih tersistematis dengan perencanaan yang matang. Cara pengenalan produk kepada konsumen pun mencakup harga, lokasi, cara distribusi dan berbagai penawaran lainnya.

Dari penjelasan tersebut sehingga bisa tahu perbedaan penjualan dan pemasaran cukup mendasar. Teknik marketing memang jauh lebih luas sehingga tidak heran jika mampu menghasilkan produk dengan nilai jual tinggi daripada hanya sekedar berjualan tanpa strategi.

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Penjualan dan Pemasaran, Inilah Konsepnya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel