Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Pemasaran 4P dan Contohnya pada UMKM

Strategi Pemasaran 4P dan Contohnya pada UMKM

Dalam dunia bisnis, penggunaan teknik marketing memang sangat banyak. Tujuannya sendiri adalah untuk mengenalkan setiap produk maupun jasa kepada pelanggan. Salah satunya adalah melalui strategi pemasaran 4P secara umum.

Apa itu Strategi Marketing 4P?

Bagi sebagian pebisnis, strategi pemasaran 4P ini pasti sudah tidak asing lagi, apalagi di era digitalisasi dengan teknik persaingan kian ketat dan cerdik. Oleh karena itu, sebelum melangkah menuju cara marketing yang tepat, maka berikut ini pemaparan dari 4P:

1. Product

Pertama adalah produk. Dalam hal ini, pebisnis berusaha membuat sebuah barang atau jasa yang sesuai dengan keinginan pasar. Untuk bisa melakukannya, maka perlu adanya riset mendalam terlebih dahulu terkait kesukaan dan kebutuhan target market.

Meskipun itu harus detail, tetapi tidak perlu menjadikannya terlalu rumit. Anda cukup melakukan riset sederhana seperti survei langsung kepada calon pelanggan untuk memperoleh informasi terkait keinginan mereka. Setelah itu, barulah membuat solusi atas permasalahan tersebut.


2. Price

Harga adalah faktor paling penting dalam dunia bisnis. Bahkan, umumnya konsumen akan menggunakannya sebagai acuan sehingga bisa membandingkannya dengan kompetitor. Apabila masuk akal, maka akan menarik perhatian pelanggan untuk memilih produk Anda.

Dalam hal ini, Anda perlu memberikan perhitungan yang tepat untuk sebuah harga dan tidak boleh asal menebak saja. Buatlah tarif yang sesuai dengan benefit dari produk maupun jasa sehingga bisa memberikan keuntungan maksimal.

3. Place

Zaman dulu, lokasi strategis sangat menentukan laris atau tidaknya usaha Anda, tetapi untuk saat ini tampaknya hal tersebut bisa dinomor duakan. Sebab, dengan adanya teknologi digital maka tempat offline bisa digantikan, asalkan Anda mampu melakukan strategi promosi yang bagus. Meskipun begitu, tetap saja Anda harus mempertimbangkan lokasi yang bagus agar para konsumen mudah menjangkaunya.


4. Promotion

Terakhir adalah promosi. Menggunakan iklan untuk mengenalkan produk kepada pelanggan merupakan strategi marketing yang paling jitu, sehingga sangat penting untuk mempelajarinya. Di zaman yang serba teknologi ini, pemasaran dapat melalui internet dengan modal minimal.

Dengan begitu, Anda mampu menjangkau lebih banyak calon konsumen dengan cakupan wilayah yang luas. Adanya media sosial yang menguntungkan para pebisnis seperti ini, maka sudah seharusnya Anda bisa memanfaatkannya secara maksimal.

Contoh Penerapan Strategi Pemasaran 4P

Sebenarnya, strategi pemasaran 4P adalah hal mendasar yang harus diketahui setiap pebisnis. Contoh penerapannya adalah pada salah satu usaha menengah, yaitu manisan Carica milik Berkah Rizky. Jika Anda penasaran, barikut ini kami berikan ulasannya:

1. Bagaimana Produk Berkah Rizky?

Berkah Rizky, sebagai salah satu UMKM yang cukup berkembang di daerah Jawa Tengah ini, memiliki produk unggulan berupa manisan Carica. Dengan proses pembuatannya yang secara khusus membuatnya memiliki keunggulan, seperti kandungan vitamin yang baik untuk tubuh.


Selain itu, produk ini berbentuk manisan sehingga bisa bertahan lama tanpa perlu bahan pengawet. Bahkan, Berkah Rizky juga memberikan kemudahan bagi para konsumennya dengan memberikan pilihan kemasan.

2. Lokasi dan Harga

Berkah Rizky dalam menentukan lokasi produksi memang sudah tepat. Sebab, mereka lebih mempertimbankan dekat dengan area bahan baku supaya bisa tumbuh dengan subur, yaitu Wonosobo yang merupakan daerah penghasil buah carica.

Pada akhirnya, hal ini pun mempengaruhi tingkat harga yang mereka terapkan. Terlebih, lokasinya dekat dengan area wisata sehingga UMKM tersebut menerapkan tarif berbeda-beda tergantung dari ukuran kemasan.

3. Promosi Cerdik

Satu hal yang membuat UMKM Berkah Rizky dengan produk berupa manisan carica ini cepat terkenal adalah karena strategi promosi yang mereka terapkan. Dalam hal ini, mereka memanfaatkan media daring dan juga lokasi wisata di sana.

Oleh karena itu, produk Berkah Rizky ini dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh khas kota Wonosobo. Jadi, secara tidak langsung, label tersebut akan membuat pengunjung tertarik untuk membelinya, terutama yang berasal dari luar kota.

Itulah strategi pemasaran 4P dan contohnya dalam UMKM. Mungkin sebagian pebisnis tanpa sadar sudah menerapkan cara marketing seperti ini. Bagi yang belum, segera diaplikasikan apabila Anda ingin bisnis tersebut berjalan lancar untuk jangka panjang.