Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknologi yang Terinspirasi dari Tumbuhan di 2020

Teknologi yang Terinspirasi dari Tumbuhan di 2020

Pengembangan teknologi saat ini sudah berkembang pesat. Idenya pun bermunculan dari berbagai hal misal dari makhluk hidup seperti cara kerja hewan dan tanaman. Hal tersebut kemudian menjadi salah satu solusi berupa teknologi yang terinspirasi dari tumbuhan.

Beberapa Teknologi yang Terinspirasi dari Tumbuhan

Dengan adanya akal, manusia dapat mengembangkan banyak hal untuk kemajuan peradaban. Hal tersebut tentu datang dari masalah sehari-hari yang mana ternyata solusinya bisa datang dari pengembangan lingkungan sekitar. Berikut informasi mengenai teknologi tersebut:

1. Velcro atau Perekat

Jika Anda sering berkutat dengan pembuatan baju atau peralatan yang berhubungan dengan kain, tentu tidak asing mendengar istilah velcro. Itu berfungsi sebagai perekat selain lem, terutama pada bahan-bahan non metal.


Velcro ini merupakan teknologi dengan ide bersumber dari struktur jaringan tumbuhan yang saling tarik menarik dan menempel satu sama lain. Meskipun sepele, ternyata velcro memiliki sejarah penemuan yang unik mulai dari sumber inspirasinya hingga perjalanan penggunaannya.

2. Paving Block

Teknologi lain yang mengambil inspirasi dari tumbuhan ialah penggunaan paving untuk menutup permukaan tanah, di mana hal ini bersumber dari parenkim yang merupakan sel penting dalam proses fotosintesis tanaman. Paving berbentuk segi enam dengan sedikit ruang di antaranya.

Hal ini kemudian menjadi inspirasi dari pembuatan paving block yang mana memiliki sekat atau rongga antara satu dan lainnya. Namun, tetap saling menyatu untuk meratakan ketinggian tanah. Bahkan, tetap berfungsi sebagai penyerap air meski tidak secara langsung.

3. Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Bunga matahari menjadi salah satu inspirasi para ilmuwan dalam mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya. Ide yang muncul ialah dari keteraturan tanaman tersebut saat bermekaran di pagi hari mengikuti cahaya alami.


Cara kerjanya pun hampir sama, yaitu dengan memanfaatkan sinar matahari terutama di waktu pagi hingga siang, di mana pencahayaannya berada dalam tahap maksimal. Alat ini mengolahnya dan menyimpannya menjadi energi yang dapat bermanfaat untuk penggerak beberapa benda.

4. Pemurni Udara

Jika Anda pernah mendengar istilah pemurni udara, hal tersebut ternyata bersumber dari kemampuan salah satu tanaman untuk membersihkan lingkungan sekitarnya. Selain itu, dapat pula berfungsi sebagai detox dari racun-racun polusi, terutama kendaraan.

Tidak hanya berfungsi sebagai pembersih dan pendetoks udara saja, alat ini juga dapat digunakan sebagai hiasan di rumah layaknya bunga. Tentu, cara kerjanya lebih canggih dan tahan lama daripada tanaman aslinya.

5. Charger Tenaga Surya

Charger merupakan peralatan yang berfungsi sebagai media untuk mengisi ulang daya dari sebuah alat elektronik, seperti handphone. Saat ini, keberadaan teknologi tersebut kian lebih canggih dengan mengambil inspirasi dari tumbuhan.


Mendapat inspirasi dari tumbuhan bonsai, charger tenaga surya ini berbentuk seperti pohon tersebut. Memiliki panel yang berada di bagian atas sehingga memudahkan untuk menangkap sinar dan energi matahari sebagai sumber dayanya.

6. Lampu Sensor Cahaya Otomatis

Saat ini, Anda pasti sudah familiar dengan lampu sensor cahaya, yang mana dapat hidup dan mati secara otomatis tanpa perlu menekan tombol. Rupanya, hal ini merupakan salah satu contoh teknologi yang  terinspirasi dari tumbuhan kaktus, terkhusus di bagian stomatanya.

Bagian stomata kaktus akan secara otomatis terbuka jika mendapatkan sinar matahari, terutama di siang hari, serta menutup saat malam. Sistem tersebut kemudian menjadi ide pembuatan lampu otomatis, yang mana akan mati apabila terang dan hidup ketika gelap.

7. Panel Surya

Panel surya bekerja dengan cara menyimpan energi dari matahari melalui permukaannya. Kemudian, ia menjadi tenaga listrik yang dapat menggerakkan barang-barang dengan sumber tersebut. Hal ini merupakan konversi dari proses fotosintesis tanaman, yang mana senyawa-senyawa tertentu berubah hingga menjadi energi baru.

Dengan mempelajari perkembangan masa kini, tentu saja menjadi hal yang menyenangkan buat kita, khususnya mengenai teknologi. Sebab, hal tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu solusi untuk berbagai permasalahan sehari-hari, bahkan untuk memenuhi kebutuhan di masa depan.

Demikianlah artikel mengenai 7 teknologi yang terinspirasi dari tumbuhan. Semoga contoh-contoh tersebut memberikan banyak manfaat dan berguna bagi kehidupan kita sehari-hari. Itu tadi membuktikan bahwa solusi dari sebuah masalah sering kali bersumber dari lingkungan sekitar.