5 Kendala dalam Menjalankan Bisnis Online

5 Kendala dalam Menjalankan Bisnis Online

Situsekonomi.com - Ketika memutuskan untuk menjalani bisnis online secara serius, Anda pasti akan menemui beberapa kendala yang lebih sulit penanganannya dibanding masalah-masalah pada bisnis konvensional. Oleh karena itu, Anda harus memahami penyebab munculnya kendala-kendala tersebut sekaligus cara mengatasinya. Perhatikan uraian selengkapnya berikut ini:

1. Produk Kurang Laku

Hal ini merupakan kendala paling buruk yang pernah dialami oleh semua pebisnis online. Sehubungan dengan itu, sebagai pebisnis online, Anda perlu mengetahui hal-hal yang menyebabkan produk kurang laku di pasar internet, sebagaimana diuraikan berikut ini:

a. SEO Membutuhkan Waktu

Perlu dipahami bahwa SEO (search engine optimization) membutuhkan waktu untuk menayangkan toko online Anda agar tampil pada halaman terdepan di mesin pencari Google. Oleh karena itu, Anda harus menunggu dengan sabar. Jangan terburu-buru berharap toko online Anda langsung muncul di halaman terdepan Google, padahal baru dibuat 1-2 hari yang lalu (Setyawati, 2016: 29).


b. Toko Online Tidak Terindeks di Google

Dalam hal ini, pelanggan tidak bisa menemukan toko online Anda melalui pencarian di Google. Untuk mengatasinya, pastikan bahwa toko online Anda menggunakan kata kunci yang tepat sehingga bisa terindeks di Google.

c. Toko Online Anda Menduduki Halaman Google Bagian Belakang

Artinya, toko Anda tidak mudah ditemukan di halaman Google. Pelanggan harus membuka beberapa halaman terlebih dahulu agar bisa menemukan toko online Anda. Oleh karena itu, SEO perlu dimaksimalkan agar toko online Anda bisa tampil di halaman terdepan Google (Alito, 2010: 29).

d. Promosi Kurang Jelas

Dalam hal ini, promosi yang Anda lakukan kurang menarik, seperti kalimatnya tidak memikat hati pelanggan. Oleh karena itu, Anda perlu belajar membuat kalimat promosi yang menarik, jelas, serta mudah dipahami pelanggan.


e. Penampilan Toko Online Kurang Meyakinkan

Toko online memang berbeda dengan toko biasa yang dirancang khusus untuk menjual produk. Akibatnya, pelanggan yang berkunjung kurang percaya terhadap toko online. Untuk mengatasi hal itu, saat membuat toko online, Anda harus memastikan penampilannya sangat meyakinkan di mata pelanggan. Bila perlu, Anda dapat belajar dari buku agar bisa membuat toko online yang meyakinkan.

f. Harga Terlalu Mahal atau Tidak Wajar

Sebagai contoh, Anda memasang harga jauh lebih tinggi dibanding para pesaing. Akibatnya, pelanggan yang berkunjung ke toko online tidak memberikan respon positif terhadap produk yang dijual. Oleh sebab itu, lakukan survei sebelum Anda memasang harga untuk produk yang dijual di toko online. Tambahkan juga garansi agar orang-orang tertarik untuk membeli di toko online Anda.

2. Penipuan dari Pelanggan

Kendala yang satu ini bersifat umum serta banyak dialami oleh para pebisnis online, terutama pemula. Hal ini disebabkan tidak bertemunya penjual dengan pelanggan. Kondisi ini dimanfaatkan oleh orang yang berpura-pura ingin membeli. Padahal, tindakannya hanya motif untuk mendapat keuntungan.


Biasanya, orang tersebut memberi tahu bahwa ia sudah mentransfer sejumlah uang untuk membeli produk dengan mengirimkan bukti transfer lewat SMS yang diketik sendiri (tidak asli). Kemudian, tidak berselang lama ia menelpon penjual bahwa uang yang ditransfer ternyata berlebih dan meminta untuk mentransfer kelebihan uangnya. Dalam situasi ini, penjual biasanya mengikuti perintah pelanggan sehingga langsung mentransfer sejumlah uang yang diminta.

Di sinilah penjual itu tertipu. Kesalahan penjual adalah tidak mengecek terlebih dahulu saldo akhir sebelum mentransfer, apakah bertambah atau masih tetap sama. Oleh karena itu, Anda sebagai pebisnis online harus selalu waspada terhadap model penipuan seperti ini. Jangan mudah percaya terhadap perkataan calon pembeli. Bukan tidak mungkin Anda sebagai penjual bukan mendapatkan untung, tetapi malah rugi karena tertipu.

3. Pelanggan Direbut oleh Pesaing

Kendala yang satu ini sangat umum terjadi dan dialami oleh hampir semua pebisnis online, termasuk kalangan senior. Banyak pelanggan yang beralih ke pesaing karena tergiur harga yang murah, kualitas produk yang lebih baik, garansi lebih lama, serta pelayanan yang memuaskan.

Kendala ini perlu diatasi dengan banyak memberikan nilai tambah di toko online Anda. Sebagai contoh, Anda dapat menjual produk dengan harga paling murah serta memberikan garansi yang lebih lama. Cara ini bisa menjadikan konsumen merasa senang untuk berlangganan di toko online Anda.

4. Citra Toko Online Memburuk

Persoalan citra yang memburuk banyak disebabkan oleh pola promosi yang terlalu agresif atau bisa juga pelayanan yang sangat berlebihan. Dalam hal ini, promosi memang harus ditampilkan semenarik dan sebagus mungkin.

Begitu pula pelayanan yang diberikan harus memuaskan konsumen. Hanya saja, jika kedua hal tersebut dilakukan secara berlebihan maka akan muncul masalah besar, yaitu citra toko online Anda memburuk. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam mempromosikan produk.

Hindari terlalu menggebu-gebu dalam mempromosikan produk. Bahkan, Anda sebaiknya cukup menjelaskan keunggulan-keunggulan produk yang dikemas dengan kalimat semenarik mungkin. Selain itu, pelayanan kepada pelanggan sebaiknya dilakukan apa adanya, tetapi memuaskan.

5. Pesanan Membludak sehingga Harus Menolak Pesanan

Persoalan ini sebenarnya tergolong positif. Bagaimana tidak, toko online mendapat banyak pesanan sampai-sampai harus menolak pesanan karena tidak mampu melayani semua permintaan pelanggan. Namun, jika hal ini dibiarkan terus-menerus maka citra toko online Anda akan memburuk.

Para pelanggan akan menganggap toko online Anda kurang profesional sehingga mereka beralih ke toko online milik pesaing. Untuk mengatasi kendala seperti ini, Anda perlu mengubah strategi pelayanan pelanggan, khususnya yang berkaitan dengan pemesanan produk. Selain itu, Anda perlu menambah stok agar terhindar dari kekurangan produk. Bila perlu, Anda boleh jadi perlu merekrut karyawan baru untuk membantu melayani semua pesanan yang masuk.

Belum ada Komentar untuk "5 Kendala dalam Menjalankan Bisnis Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel