Cara Menjaga Kesehatan Jantung agar Tetap Normal

Cara Menjaga Kesehatan Jantung agar Tetap Normal

Situsekonomi.com - Perilaku hidup sehat bisa dikatakan sebagai investasi di masa depan. Banyak tips yang dapat dilakukan agar tubuh senantiasa bugar dan terhindar dari penyakit degeneratif di masa tua. Anda boleh mencoba cara menjaga kesehatan jantung, mengingat bahwa organ ini sangat vital bagi tubuh.

Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Nyatanya, beberapa pola hidup sehat yang bisa dicoba akan berpengaruh positif pada organ vital di dalam tubuh. Salah satunya yaitu jantung. Anda bisa mengikuti enam cara di bawah ini:

1. Mengurangi Kebiasaan Merokok

Perlu Anda ketahui bahwa perokok mempunyai resiko yang jauh lebih tinggi untuk terkena berbagai penyakit salah satunya yaitu jantung. Tidak hanya mereka sendiri, orang sekitar sebagai penghirup asapnya pun memiliki kemungkinan akan mengidap gangguan kesehatan khususnya di pernafasan.

Hal ini dikarenakan banyaknya zat beracun di dalam rokok sehingga mampu merusak pembuluh darah di dalam jantung. Kondisi seperti ini tentunya akan mengganggu fungsi kerja dari organ vital tersebut dan berakibat fatal, yakni kekurangan nutrisi dan oksigen serta lemah saat menyebarkannya ke tubuh.


2. Melakukan Aktivitas Fisik

Melakukan aktivitas fisik atau olahraga nyatanya bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Anda bisa menyempatkan sedikit waktu selama kurang lebih 30 menit dalam sehari untuk melakukannya, seperti bersepeda, jogging atau bahkan memiliki peralatannya sendiri di rumah.

Tidak hanya itu saja, Anda pun bisa melakukan aktivitas fisik lainnya dengan cara naik-turun tangga selama beberapa waktu. Tentunya hal ini cukup memudahkan bagi kebanyakan orang yang memiliki kesibukan kerja atau mengurus rumah sehingga kurang menyempatkan untuk melakukan olahraga rutin.

3. Mengkonsumsi Banyak Serat

Menu makanan yang mengandung banyak serat ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh sebagai penyebab resiko terkena penyakit jantung. Jenis lemak ini mampu menyumbat darah sehingga mengganggu proses peredarannya.

Anda bisa mengonsumsi makanan tinggi serat mulai dari gandum, kacang, sereal atau berbagai jenis sayuran dan buahan. Setiap orang perlu memenuhi kebutuhan zat gizi ini yaitu sekitar 30 gram untuk setiap harinya. Konsumsinya harus dilakukan secara bertahap dengan makan tidak terlalu banyak.


4. Mengurangi Konsumsi Makanan Lemak Jenuh

Perlu Anda ketahui bahwa lemak jenuh yang ada di dalam tubuh ini menjadi penyebab dari tingginya resiko penyakit jantung. Zat gizi ini akan menumpuk lama kelamaan dan menyumbat pembuluh darah. Alhasil, menghambat proses peredaran darah bahkan organ di dalamnya termasuk dengan jantung.

Anda bisa mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh sebagai langkah untuk menjaga kesehatan jantung. Zat ini banyak dijumpai pada bahan pangan di mana banyak orang menyukainya seperti gorengan, daging merah, produk margarin, olahan susu, junk food dan kulit ayam.

5. Menjaga Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh ternyata juga mampu membuat resiko penyakit jantung semakin besar. Hal ini disebabkan karena kemampuannya untuk merusak pembuluh darah dan saraf pengendali berbagai jenis organ di tubuh. Dengan begitu bisa meningkatkan gangguan kesehatan.

Beberapa upaya yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh ialah mengganti konsumsi nasi putih menggunakan nasi merah. Jangan lupa mengurangi asupan makanan manis seperti es campur, yogurt, minuman kemasan, kue, saus tomat dan lainnya.


6. Menjaga Pola Tidur

Istirahat yang cukup merupakan salah satu faktor yang paling penting bagi semua orang untuk menjaga kesehatannya tidak terkecuali bagi jantung. Anda perlu mengoptimalkan agar bisa tidur selama 7 hingga 8 jam setiap harinya, kemudian memastikan tubuh benar-benar beristirahat secara maksimal.

Kurangi kebiasaan begadang apabila tidak diperlukan. Hal ini dapat mengurangi jam istirahat dari tubuh sehingga kekurangan waktu untuk melakukan regenerasi sel dan membuatnya memiliki resiko berbagai penyakit seperti jantung.

Itulah tadi 6 cara menjaga kesehatan jantung yang bisa Anda lakukan. Hal ini perlu dijalankan agar tubuh dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit, apalagi jika sudah memasuki umur tua dan lebih rentan terserang (40 tahun ke atas).

Belum ada Komentar untuk "Cara Menjaga Kesehatan Jantung agar Tetap Normal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel