Jenis-jenis Pariwisata Populer di Dunia

Jenis-jenis Pariwisata Populer di Dunia

Situsekonomi.com - Berkunjung ke suatu tempat tentu menjadi salah satu hal menyenangkan bagi siapa saja. Namun, beberapa orang tentu memiliki tujuan berbeda saat mengunjungi daerah wisata. Oleh sebab itu, ada jenis-jenis pariwisata yang sebaiknya Anda ketahui agar tidak salah menyebutnya lagi.

Jenis-jenis Pariwisata Berdasarkan Objeknya

Berwisata ternyata tak hanya sekedar melepas penat dari kesibukan sehari-hari namun juga memiliki tujuan, di mana hal tersebut juga berbeda-beda bergantung pada objek pariwisatanya. Berikut informasi mengenai jenis-jenisnya:

1. Commercial Tourism

Commercial tourism merupakan wisata yang mengunggulkan sumber daya suatu negara dengan tujuan perdagangan. Hal ini sesuai dengan namanya, yaitu komersial. Biasanya, jenis pariwisata ini merupakan perjalanan ke daerah atau tempat pusat perbelanjaan.


Hal tersebut bertujuan untuk mendongkrak pemasukan, baik daerah yang bersangkutan maupun negara melalui pajak. Commercial tourism ini seringkali melibatkan kerja sama antar negara sehingga bersifat internasional. Adapun kerja sama yang biasa dilakukan ialah berupa acara fair, exhibition dan lain sebagainya.

2. Wisata Olahraga

Wisata olahraga merupakan destinasi favorit banyak orang dengan mengunjungi wilayah alam langsung daripada buatan. Tentu banyak sekali spot tersebut di Indonesia, sebut saja Bali, Papua, Sumatera, Sulawesi dan masih banyak lagi.

Wisata jenis ini biasanya menyediakan tempat berolahraga dengan tempat tertentu, misal surfing, panjat tebing, mendaki gunung dan lain sebagainya. Alhasil, kita dapat memuaskan keinginan untuk melakukan hobi dan juga melepas penat dalam satu waktu.

3. Wisata Sejarah

Wisata sejarah seringkali berhubungan dengan adanya peninggalan masa lalu yang berjasa pada keberadaan suatu hal hingga saat ini. Misalnya candi Borobudur, di mana hal tersebut menjadi salah satu tempat ibadah bagi umat beragama Budha hingga saat ini.


Wisata sejarah juga seringkali berupa kumpulan perjalanan masa lalu sebagai pembelajaran bagi generasi saat ini. Seperti contohnya keberadaan museum, rumah atau tempat peninggalan tokoh penting dan lain sebagainya.

4. Wisata Kuliner

Kuliner atau makanan merupakan salah satu hal wajib yang sering menjadi daya tarik sebuah tempat. Bahkan tak sedikit orang-orang meluangkan waktunya hanya untuk melakukan perjalanan untuk menikmati santapan asli daerah tertentu.

Seiring dengan perkembangan sosial media, wisata kuliner menjadi salah satu tujuan seseorang berkunjung ke suatu tempat. Hal ini pun menjadi kesempatan menarik bagi warga dan pemerintah daerah untuk memperkenalkan wilayahnya melalui makanan khasnya.

5. Wisata Religi

Wisata religi merupakan salah satu dari jenis-jenis pariwisata yang ada, khususnya di Indonesia. Hampir seluruh provinsi memilikinya dengan berbagai macam latar belakang dan cerita. Pemasukan negara, daerah dan warga sekitar sangat terbantu dengan adanya tempat ini.


Selain mengunjungi tempat keagamaan, para pengunjung juga dapat melakukan ritualnya pula. Seperti contohnya umroh dan haji ke Mekah dan Madinah, membacakan doa dan tahlil saat mengunjungi makam para wali, berdoa ketika berkunjung ke candi maupun gua suci.

6. Wisata Budaya

Wisata budaya merupakan perpaduan antara keindahan alam dan juga kekayaan seni dari sebuah daerah. Indonesia merupakan salah satu contohnya. Dimana ada banyak sekali wilayah dengan keunikan baik dari sisi kesenian maupun lainnya.

Pengunjung tak hanya sekedar mendengar ceritanya saja namun bisa melihat secara langsung bahkan beberapa di antaranya bisa berpartisipasi. Seperti contohnya tari Kecak di Bali, Karapan Sapi di Madura, dan masih banyak lagi.

7. Recuperational Tourism atau Wisata Kesehatan

Recuperational tourism adalah jenis wisata yang memadukan antara kekayaan alam dengan fungsinya sebagai alternatif kesehatan bagi pengunjungnya. Beberapa wisatawan bisa mencoba secara langsung sehingga dapat merasakan manfaatnya.

Contoh dari pariwisata jenis ini misalnya wisata air panas, mandi lumpur, pijat ikan dan masih banyak lagi. Bagi sebagian pengunjung hal tersebut hanya efek sementara namun beberapa di antaranya juga benar-benar mempercayai akan khasiat dari objek wisata tersebut.

Berwisata tentu memiliki tujuan utama untuk melepas penat namun ternyata di balik itu semua juga ada tujuan dan hasil lainnya. Tak heran, setelah mengunjungi suatu tempat, banyak hal menarik yang dapat memberikan manfaat, baik pada jasmani maupun rohani.

Demikianlah artikel singkat mengenai jenis-jenis pariwisata berdasarkan objeknya. Semoga informasi ini bermanfaat, terutama bagi Anda penyuka liburan ke berbagai tempat. Jangan lupa untuk selalu menjaga lingkungan agar tempat wisata tersebut tetap asri.

Belum ada Komentar untuk "Jenis-jenis Pariwisata Populer di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel