Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh

Situsekonomi.com - Bumbu dapur seperti ketumbar memang memiliki khasiat bagi tubuh pada saat Anda mengkonsumsinya. Tidak heran jika banyak orang akan memilihnya sebagai alternatif pengobatan saat mengetahui apa saja zat gizi terkandung di dalamnya. Bahkan, manfaat ketumbar untuk kesehatan memang sangat banyak.

Beberapa Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan

Ketumbar merupakan salah satu bumbu dapur yang sering digunakan saat memasak. Bentuknya pun hampir mirip seperti merica sehingga banyak orang juga kesulitan membedakannya. Ukurannya kecil memang membuatnya disepelekan dan dianggap remeh padahal memiliki manfaat bagi kesehatan. Lantas apa saja manfaat dari ketumbar ini?

1. Mengobati Wasir

Salah satu penyakit yang seringkali dirasakan oleh banyak orang dewasa ialah wasir. Gangguan kesehatan ini akan menimbulkan perasaan sakit dan cukup mengganggu aktivitas seharian. Segala macam pengobatan bisa saja dicoba demi sembuh dari keluhan tersebut.

Anda bisa mencoba mengobatinya menggunakan ketumbar. Hal ini dikarenakan di dalamnya memiliki senyawa yang bersifat analgesic sehingga mampu meredakan rasa nyeri akibat wasir. Cara konsumsinya pun beragam sehingga orang-orang dapat menyesuaikannya sesuai keinginan.

2. Mengatasi Diabetes

Diabetes menjadi salah satu penyakit degeneratif yang kebanyakan dialami oleh orang dewasa. Salah satu pengobatan alaminya yaitu dengan mengkonsumsi ketumbar secara rutin. Serat tinggi di dalamnya mampu mengurangi konsumsi gula bagi penderitanya sehingga kadarnya akan turun di dalam darah.

Serat tinggi yang ada di dalam suatu bahan pangan memang menjadi salah satu pilihan bagi kebanyakan orang untuk mengobati diabetes. Anda bisa mengkonsumsi ketumbar sebab memiliki kemampuan guna menurunkan kadar gula di darah cukup baik dengan konsumsi secara teratur.

3. Mengurangi Nyeri Sendi

Ketumbar sendiri diketahui memiliki asam linoleat dan senyawa yang bersifat zat analgesik. Keduanya memiliki kemampuan untuk meredakan rasa nyeri di dalam tubuh. Dengan begitu, Anda bisa mengonsumsi untuk mengurangi perasaan mengganggu dan sakit pada bagian sendi maupun tulang.

Manfaat ketumbar untuk mengurangi rasa nyeri sendiri juga bisa Anda manfaatkan guna meringankan perasaan mengganggu akibat penyakit hernia. Sayangnya, hal ini masih tetap memerlukan konsultasi bersama dokter agar pengobatan dapat berjalan sesuai medis dan anjuran tenaga profesional.

4. Menyembuhkan Bengkak Jantung

Salah satu khasiat dari ketumbar yang dianggap cukup terpercaya ialah menyembuhkan bengkak jantung. Manfaat ini nyatanya sudah dibuktikan oleh penelitian secara medis sehingga Anda tidak perlu meragukannya lagi. Penderita dapat mengonsumsi air rendamannya secara rutin dan sesuai anjuran.

Air rendaman ketumbar mampu melancarkan penyumbatan pembuluh darah yang ada di dalam jantung sebagai penyebab bengkaknya. Anda bisa mencampurkan dua sendok ketumbar dengan air panas dan tunggulah hingga 15 sampai 20 menit kemudian saringlah. Minumlah sampai habis secara teratur.

5. Mengontrol Tekanan Darah

Air rebusan ketumbar dipercaya cukup efektif untuk mengontrol tekanan darah. Hal ini sudah banyak diterapkan oleh kebanyakan orang yang memiliki penyakit hipertensi. Pasalnya, salah satu bumbu dapur ini memiliki kemampuan dalam meredakan pembuluh dalam keadaan tegang di tubuh.

Hal ini membuat tekanan darah akan kembali normal sehingga gangguan hipertensi bisa diatasi. Anda bisa merebus ketumbar secara langsung atau merendamnya menggunakan air panas dan tunggu beberapa saat. Jangan lupa untuk menyaringnya terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya.

6. Menurunkan Resiko Kanker

Manfaat yang tidak kalah pentingnya bagi kesehatan ialah menurunkan resiko kanker pada saat Anda mengkonsumsinya baik sebagai bumbu atau air rebusannya. Khasiat ini nyatanya sudah pernah dibuktikan melalui salah satu penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition beberapa waktu lalu.

Penelitian ini menyebutkan bahwa ketumbar termasuk kelompok bumbu dapur yang memiliki kemampuan untuk mencegah terbentuknya sel heterocyclic amine atau HCA. HCA ini merupakan zat kimia di dalam daging dan bisa meningkatkan resiko kanker.

7. Meredakan Peradangan

Ketumbar memang menjadi salah satu bumbu dapur yang dipercaya mampu meringankan rasa nyeri serta peradangan. Hal ini disebabkan karena di dalamnya memiliki kandungan dengan sifat anti inflamasi.

Khasiat ini juga berasal dari kandungan air dan ekstrak etanol yang ada di dalam ketumbar. Anda bisa mengkonsumsinya secara rutin dengan kadar sesuai anjuran agar manfaatnya benar-benar efektif dirasakan oleh tubuh. 

Itulah tadi tujuh manfaat ketumbar untuk kesehatan yang perlu diketahui. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara merebusnya agar kandungan di dalam bumbu dapur ini ikut keluar bersama air serta terurai. Hal ini tentunya memudahkan untuk proses penyerapannya saat dikonsumsi.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel