Membangun Personal Branding di Era Digital

Membangun Personal Branding di Era Digital

Situsekonomi.com - Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan dalam membangun personal branding. Namun, di era digital seperti saat ini media sosial adalah wadah yang paling mudah untuk digunakan. Tentukan akun media sosial mana yang akan Anda gunakan secara aktif, dan mulai dengan menghapus akun usang (Raharjo, 2020: 223).


Pembersihan ini sangat penting untuk membantu menyalurkan perhatian ke jaringan digital yang akan Anda bagikan. Apabila ada akun media sosial lama yang tidak Anda gunakan dalam waktu lama, sebaiknya dihapus saja.

Buat akun secara profesional dan konsisten dengan menggunakan gambar profil yang sama untuk setiap akun media sosial Anda, mulai dari Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Instagram. Tulislah biografi profil secara ringkas, termasuk situs blog profesional atau halaman arahan yang menunjukkan portofolio Anda. Dengan begitu, orang lain akan lebih mudah untuk mempelajari lebih lanjut tentang kepribadian dan keterampilan yang Anda miliki.

Dari akun LinkedIn, Twitter, dan Facebook, Anda bahkan dapat membuat jadwal posting selama seminggu, dengan konten menarik untuk pengguna lainnya. Dalam waktu kurang dari satu jam, Anda dapat memprogram seluruh konten untuk satu minggu, lalu bersantai sambil menanggapi komentar atau pertanyaan di postingan Anda. Namun untuk Instagram, Anda tidak dapat menjadwalkan, sehingga posting gambar dan video perlu dilakukan secara konvensional.


Pastikan Anda secara rutin membuat konten menarik minimal 3-4 kali dalam seminggu. Pelajari juga waktu terbaik penggunaan masing-masing media sosial tersebut. Hal ini bertujuan agar interaksi yang didapat lebih tinggi. Dengan demikian, personal branding melalui media sosial yang Anda lakukan dapat berjalan lebih maksimal.

Untuk itu, bangunlah personal branding Anda semaksimal mungkin, terlebih di era digital saat ini segala sesuatu akan diakses melalui mesin pencarian di internet. Oleh sebab itu, perhatikan kembali bagaimana tampilan Anda di media sosial. Usahakan untuk selalu mengelola akun media sosial dengan baik.

Setiap hari kita selalu berhadapan dengan beragam kegiatan yang kita lakukan dengan menggunakan telepon pintar, baik itu memperbarui status, berkomunikasi, hingga melakukan pekerjaan sehari-hari, tanpa membedakan industri yang kita geluti. Ada hal yang kurang disadari, yaitu semua kegiatan yang kita lakukan di dunia digital tersebut mengacu kepada satu hal; pembentukan personal branding. Dari mulai cara kita berkomunikasi, penggunaan tata bahasa dan kosakata, penggunaan emotikon, hingga kepada berita yang kita bagikan maupun visual yang diunggah.

Masih banyak orang yang menganggap bahwa media sosial itu "fun". Namun itu tidak dapat disalahkan karena tujuan dari sebuah media sosial sebenarnya adalah untuk menghubungkan kita dengan orang-orang di sekitar yang cukup beragam. Mulai dari keluarga, sanak saudara, teman masa kecil, rekan kerja, kolega bisnis, hingga kepada para followers yang sering kali kita tidak kenal, tetapi mereka tertarik kepada setiap unggahan kita.

Belum ada Komentar untuk "Membangun Personal Branding di Era Digital"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel