Potensi Pariwisata Indonesia yang Wajib Anda Ketahui

Potensi Pariwisata Indonesia yang Wajib Anda Ketahui

Situsekonomi.com - Berbagai macam potensi pariwisata Indonesia memang sudah mendunia, baik yang berada di pedesaan, wilayah perkotaan, dan masih banyak lainnya. Seiring perkembangan zaman, berbagai inovasi muncul untuk mengolahnya agar menjadi aset negara dan menghidupkan roda perekonomian.

Berbagai Potensi Pariwisata Indonesia

Potensi Pariwisata Indonesia terdiri dari berbagai bidang. Semua itu perlu pengembangan serta inovasi agar dapat menggerakkan roda perekonomian masyarakat. Akhir-akhir ini pengembangan destinasi tempat liburan semakin berkembang pesat dengan beragam potensi seperti:

1. Potensi Pariwisata Indonesia di Desa

Alam Indonesia terkenal dengan keindahannya. Desa adalah salah satu tempat yang memiliki beragam potensi. Adat dan budaya  masyarakat menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan dalam negeri maupun luar negeri, karena setiap wilayah memiliki keunikan masing-masing.

Indonesia memang terkenal dengan keragamannya mulai dari adat, budaya, bahasa. Potensi besar tersebut dapat menjadi kebanggaan tersendiri bagi bangsa ini. Tempat-tempat menarik serta unik tersebut misalnya Desa Adat Praijing, Penglipuran Bali, Kete Kesu Tana Toraja dan sebagainya.


2. Potensi Pariwisata Indonesia di Perkotaan

Hiruk pikuk perkotaan membuat banyak orang merasa bosan ataupun jenuh, untuk itu berbagai ide kreatif muncul yang dapat menjadi solusi dari masalah tersebut. Bagi penikmat sejarah, terdapat beberapa wilayah yang menyediakan museum menarik untuk Anda kunjungi.

Wilayah perkotaan biasanya terkenal dengan wisata modernnya seperti Monas di Jakarta, pusat perbelanjaan dengan beragam wahana, dan sebagainya. Sejarah yang mengiri sebuah daerah juga tidak kalah menarik, contohnya Museum Tsunami Aceh, Pintu Seribu serta banyak lainnya.

3. Potensi Pariwisata Indonesia di Wilayah Pesisir

Indonesia sendiri terkenal sebagai negara dengan wilayah perairan lebih luas dari daratannya. Banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi daerah satu ini. Keindahannya sangat memikat mulai dari oleh-oleh khas, kekayaan terumbu karang, keasrian alamnya dan masih banyak lainnya.

Potensi pariwisata Indonesia di wilayah pesisir sudah berkembang, tidak sedikit yang menambahnya dengan berbagai wahana misalnya diving, penyewaan kuda atau bermain ATV, paralayang dan sebagainya. Contohnya seperti di Pantai Parangtritis, Wakatobi, Raja Ampat serta banyak lainnya.


4. Potensi Pariwisata Indonesia di Wilayah Dataran Tinggi

Tidak jarang masyarakat memilih dataran tinggi menjadi destinasi wisata yang akan mereka kunjungi saat liburan. Suasana keasrian Alam dapat membuat pengunjungnya merasa tenang serta menyegarkan pikiran setelah menjalani kesibukan setiap harinya.

Pendakian merupakan salah satu kegiatan menarik bagi para pecinta alam. Dataran tinggi sering menjadi rujukan untuk menenangkan pikiran. Tempat wisata yang dapat Anda coba misalnya berlibur ke puncak bogor, Gunung Bromo, kebun teh Kayu Aro Jambi dan masih banyak lainnya.

5. Potensi Pariwisata Indonesia di Wilayah Hutan

Indonesia sendiri merupakan negara tropis dengan kekayaan serta keindahan alam yang menarik. Selain menjaga kelestarian, hutan sendiri dapat menjadi wisata alam yang dapat menghilangkan kejenuhan sekaligus mendapatkan foto unik untuk mengisi sosial media.

Wisata jenis ini merupakan wilayah yang sudah melalui binaan dan perawatan khusus untuk menjadi tempat liburan bertema alam. Sudah banyak yang berkembang di Indonesia misalnya hutan pinus Limpakuwus di Banyumas, hutan mangrove Pantai Indah Kapuk Jakarta dan masih banyak lainnya.


Potensi Pariwisata Indonesia tersedia sangat beragam. Pengembangan ini dapat Anda terapkan pada daerah lokasi sekitar dengan berbagai inovasi baru. Wilayah goa sebenarnya juga tidak kalah menarik untuk menjadi destinasi wisata, misalnya Goa Gong di Jawa Timur.

Belum ada Komentar untuk "Potensi Pariwisata Indonesia yang Wajib Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel