Prospek Bisnis Online Jasa Desain Grafis

Prospek Bisnis Online Jasa Desain Grafis

Di abad digital, jasa desain grafis menjadi salah satu jenis usaha yang menjadi primadona. Hal ini disebabkan banyak bidang usaha lain yang membutuhkan jasa desain grafis. Beberapa bidang usaha yang membutuhkan desain grafis antara lain yang bergerak di dunia periklanan, pengemasan (packaging), perfilman, percetakan, properti, dan sebagainya (Setyawati, 2016: 92).

Adapun hasil akhirnya bisa berwujud majalah, koran, buku, suvenir, poster, buletin, pamflet, buklet, kemasan produk, kartu nama, kelender, dan sebagainya. Jika Anda adalah seorang desainer grafis, bisnis ini dapat dijalankan secara online. Bukan tidak mungkin bisnis ini akan mendatangkan keuntungan besar bagi Anda.

Kiat Sukses Memulai Bisnis Online Jasa Desain Grafis

Untuk memulai bisnis online jasa desain grafis, kiat-kiat sukses yang perlu Anda praktikkan mencakup hal-hal seperti berikut.

a. Membuat toko online yang dikhususkan untuk mempromosikan jasa desain grafis Anda. Toko ini sebaiknya menggunakan kata kunci yang mudah diingat, misalnya desain grafis murah, cantik, apik, dan sebagainya. Dengan demikian, konsumen yang ingin menggunakan layanan mudah menemukan toko online Anda.


b. menawarkan banyak pilihan layanan desain grafis yang bisa dikerjakan, seperti jasa pembuatan logo produk, kartu nama, gambar kalender, banner website, background suvenir, ilustrasi, dan sebagainya. Selain itu, jika memungkinkan, Anda juga bisa menawarkan jasa percetakan, mulai dari brosur, banner, foto, kaus, dan lain-lain. Hal ini akan membuat pelanggan lebih tertarik untuk menggunakan jasa desain grafis Anda daripada milik pesaing.

c. Menetapkan harga yang kompetitif. Maksudnya, harga yang dipasang untuk sebuah jasa desain grafis tidak terlalu mahal. Dengan kata lain, Anda harus memastikan harga yang ditawarkan dapat menyaingi para kompetitor. Bila perlu, diskon dapat dicantumkan agar lebih menggoda konsumen untuk menggunakan jasa desain grafis Anda.

d. Melakukan promosi di berbagai media online pada rentang waktu orang-orang banyak mengakses internet. Promosi ini bisa melalui grup Facebook, forum komunitas online, dan sebagainya.


Rincian Modal dan Total Biaya Operasional

No. Modal Awal Biaya
1. Komputer dan modem Rp4.000.000,00
2. Meja komputer dan kursi Rp   700.000,00
3. Domain dan hosting website Rp   700.000,00
Total Modal Rp5.400.000,00
No. Biaya Operasional Biaya
1. Cetak kartu nama Rp   200.000,00
2. Transportasi Rp   600.000,00
3. Listrik, pulsa modem, dan lain-lain Rp   550.000,00
Total Biaya Operasional Rp1.350.000,00
Potensi Pendapatan Pendapatan
Penggunaan jasa desain grafis untuk beragam keperluan (Rp270.000,00 × 30 hari) Rp8.100.000,00
Keuntungan:
Potensi pendapatan - total biaya operasional = Rp8.100.000,00 - Rp1.350.000,00

Rp4.150.000,00


Strategi Bisnis untuk Menggaet Konsumen

Strategi yang harus Anda lakukan untuk menggaet konsumen dalam bisnis jasa desain grafis meliputi hal-hal berikut ini.

a. Berusaha semaksimal mungkin memahami selera pelanggan. Bagaimanapun juga, desain grafis berkaitan erat dengan selera pelanggan. Sehubungan dengan itu, Anda harus sabar mendengarkan keinginan konsumen sehingga hasil jasa desain grafis bagus dan memuaskan. Jika sudah demikian, konsumen pasti mau kembali menggunakan jasa desain grafis Anda.

b. Memperbarui pengetahuan mengenai tren terbaru dalam dunia desain grafis agar Anda bisa menghasilkan kreasi-kreasi terbaru setiap saat. Jika hal ini dilakukan maka bisa memberi nilai tambah pada bisnis online jasa desain grafis Anda. Bahkan, bukan tidak mungkin toko online Anda akan menjadi rujukan.

c. Menjalin hubungan baik dengan sebanyak mungkin orang, terutama kalangan yang dipandang bisa menjadi target potensial. Dengan demikian, jika suatu saat membutuhkan jasa desain grafis, mereka akan menghubungi Anda.

d. Ada baiknya background toko online Anda diubah secara berkala dengan tampilan hasil kreasi terbaru Anda. Melalui cara tersebut, pengunjung toko online Anda tidak bosan melihat tampilan background yang monoton.

Belum ada Komentar untuk "Prospek Bisnis Online Jasa Desain Grafis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel