Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tabungan Pendidikan Anak Paling Populer

Tabungan Pendidikan Anak Paling Populer

Anda selaku orang tua perlu membuat tabungan pendidikan anak guna menyongsong masa depannya yang lebih cerah. Dengan menabung dan menyiapkannya secara matang, maka hal-hal yang tidak terprediksi dapat teratasi.

Beberapa Tabungan Pendidikan Anak

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya mengenyam bangku pendidikan. Dengan harapan bahwa si anak nantinya dapat menjadi orang yang berguna bagi masyarakat sekitar. Layaknya pada umumnya orang tua, yaitu menginginkan agar anaknya menjadi seorang presiden, dokter, dan sebagainya.

Mengingat biaya pendidikan selalu naik setiap tahun (sebagaimana yang dinyatakan oleh Badan Pusat Statistik, kenaikan rata-rata biaya pendidikan di Indonesia sebesar 10% per tahun), maka Anda harus menyediakan dana tersebut untuk sang buah hati dengan cara membuat tabungan khusus. Namun, Anda tidak perlu khawatir mengenai hal itu karena kami akan menyajikannya di sini.


1. Tabungan BNI Perencanaan Masa Depan (BNI Tapenas)

BNI menyediakan layanan tabungan berjangka untuk membantu perencanaan keuangan. Salah satunya adalah pendidikan anak. Dalam Tapenas ini terdapat perlindungan asuransi bebas premi. Anda bisa menyetorkan dengan nominal mulai dari Rp100.000 hingga Rp5.000.000 selama satu bulan.

Selain bisa melakukan setoran rutin, nasabah juga dapat menambah dana tabungan lainnya. Ini bisa Anda lakukan dengan menyetor langsung ke rekening BNI Tapenas. Syarat yang harus terpenuhi antara lain WNI, berusia minimal 17 tahun, memiliki kartu identitas, mempunyai rekening BRI, dan mengisi formulir.

2. Britama Rencana Bank BRI

Selanjutnya, Anda juga bisa memilih Britama Rencana dari Bank BRI. Jenis layanan ini tidak menarik biaya. Selain mendapatkan tabungan pendidikan anak, Anda juga bisa mendapatkan perlindungan asuransi dengan nilai hingga Rp1 Miliar. Persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin membuka tabungan Britama Rencana adalah antara lain berusia 17-64 tahun, mempunyai rekening tabungan BRI (baik BritAma, Britama Bisnis atau Giro), dan mengisi formulir aplikasi dari petugas.


3. Tabungan Rencana Bank Mandiri

Tabungan Rencana Bank Mandiri menjadi pilihan berikutnya untuk membuka rekening tabungan pendidikan anak. Anda bisa menyetorkan dengan nominal mulai dari Rp100 ribu dalam jangka waktu 1 hingga 20 tahun.

Anda juga dapat mengubah setoran rutin bulanan sesuai dengan keinginan dan kemampuan. Sebagai contoh, menambah dari yang awalnya Rp100 ribu menjadi Rp200 ribu per bulan. Selain itu, nasabah pun akan mendapatkan perlindungan asuransi gratis sebesar Rp5 juta per bulan.

4. Tahapan Berjangka BCA

Sebagai nasabah BCA, Anda juga bisa membuka tabungan pendidikan anak bernama Tahapan Berjangka BCA. Jangka waktu menabungnya yaitu mulai dari 1 hingga 20 tahun, kemudian setoran per bulannya mulai dari Rp500 ribu sampai dengan kelipatan Rp50 ribu.

Suku bunga dalam tabungan Tahapan Berjangka BCA memakai skema floating (mengikuti perkembangan pasar). Tidak ada bayaran administrasi dengan biaya penutupan rekening sebelum jatuh tempo sebesar 1% dari saldo akhir.


5. Tabungan MyPlan MayBank

MayBank juga menghadirkan layanan tabungan MyPlan untuk membuka tabungan pendidikan si kecil. Ada banyak fitur di dalamnya untuk membantu nasabah mencapai target nominal. Anda tinggal milih, apakah jenis konvensional atau syariah.

Suku bunga dari tabungan MyPlan ini sebanyak 2%. Adapun persyaratan untuk membuka rekening tersebut antara lain berusia 17-55 tahun, memiliki rekening MayBank, fotokopi identitas yang berlaku serta mengisi formulir pembukaan rekening dari petugas bank.

6. CIMB Niaga Tabungan Pendidikan

Tabungan pendidikan dari bank CIMB Niaga menawarkan jumlah setoran awal bulan mulai dari Rp100 ribu. Selain itu, suku bunganya mencapai 4,85%, sementara jangka waktu tabungan atau tenornya yaitu selama 3-10 tahun. Walaupun begitu, nasabah memperoleh perlindungan asuransi dengan dana sebesar Rp160 juta.

Di samping itu, Anda juga bisa melakukan pengecekan riwayat rekening atau mutasi dengan menggunakan layanan CIMB Clicks, Phone Banking, dan Go Mobile. Namun, layanan tersebut diberlakukan biaya administrasi sebesar Rp50 ribu, sedangkan biaya penarikan sebelum jatuh tempo adalah 2% dengan minimal Rp50 ribu.


7. Bank BTN Tabungan Siap

Dari beberapa nama bank yang telah disebutkan di atas, Anda dapat pula memilih tabungan pendidikan anak dari Bank BTN yang dinamakan dengan Tabungan Siap. Di sini, nasabah juga akan mendapatkan asuransi perlindungan dengan bebas premi serta tambahan berupa santunan duka karena kecelakaan dan penyakit tropis.

Anda diperbolehkan untuk melakukan penyetoran rutin dengan jumlah nominal Rp100 ribu dan kelipatannya. Untuk jangka waktu penabungannya, yaitu dari 1 hingga 15 tahun, sedangkan suku bunganya sebesar 3% tanpa biaya administrasi, atau alias gratis.

Penutup

Itulah beberapa jenis tabungan pendidikan anak yang dapat Anda pertimbangkan. Sebelum memilihnya, Anda perlu menyesuaikan jumlah setoran perbulan dengan kemampuan pemasukan. Dengan menyiapkannya sejak dini, maka akan mudah pada masa mendatang.