6 Cara Memanajemen Uang bagi Mahasiswa

6 Cara Memanajemen Uang bagi Mahasiswa

Sebagai seorang pelajar yang merantau demi menimba ilmu di luar kota, mereka seakan dituntut untuk bisa menyimpan uang dengan baik. Bila Anda salah satu yang berada di posisi ini, maka ada beberapa penjelasan mengenai cara memanajemen uang bagi mahasiswa.

Berbagai Cara Memanajemen Uang bagi Mahasiswa

Menjadi seorang mahasiswa yang menimba ilmu di luar kota memang perlu menghemat segala-galanya, termasuk uang agar selalu hidup berkecukupan, karena tak hanya membayar untuk makan akan tetapi kos juga. Untuk itu, berikut 6 cara memanajemen uang yang bisa Anda terapkan:

1. Dengan Cara Menabung

Kata “Menabung” seakan selalu didengar, termasuk orang tua yang selalu sabar menasihati ini, alasannya supaya bisa menggunakan uang lebih banyak di kemudian hari. Hal tersebut juga berlaku jika Anda seorang mahasiswa yang sedang merantau ke luar kota untuk menimba ilmu.

Terapkanlah “Menabung” dalam kehidupan Anda. Dengan begitu, uang yang sudah ditabung akan berguna untuk kebutuhan masa depan. Mungkin, sekarang Anda belum terpikirkan masalah atau kendala apa yang nantinya dihadapi dan hal tersebut bisa saja membutuhkan uang. Maka dari itu, simpanlah uang secara baik-baik.


2. Menentukan Sumber Pemasukan Anda

Biasanya, ada beberapa mahasiswa yang mendapatkan support secara penuh atau bisa dikatakan uang kuliah mereka masih dibayarkan oleh orang tua. Namun, ada baiknya jika Anda juga mencari jalan lain, paling tidak melamar pekerjaan sampingan untuk bisa membantu orang tua. Jadi, orang tua tak perlu repot dan bersusah payah lagi mencari uang untuk membayar kuliah Anda. Bukankah lebih baik bila menikmati hasil keringat sendiri?

3. Menentukan Apa Saja Jenis Pengeluaran

Selanjutnya adalah menentukan apa saja jenis pengeluaran. Sebagai seorang mahasiswa, Anda dituntut untuk berhemat apalagi dalam posisi tinggal di sebuah kos atau kontrakan. Tulis apa saja bentuk pengeluaran setiap bulannya di notebook lalu hitung totalnya.

Dengan menghitung jenis pengeluaran yang perlu dibayar nanti, uang akan mudah disiapkan sebelum proses pembayaran terjadi. Setelah selesai menentukan pengeluaran tersebut, sisa biaya bisa digunakan saat ada hal darurat.


4. Membuat Anggaran Keuangan Anda Sendiri

Anda juga bisa membuat anggaran keuangan sendiri. Misalkan saja jika memang bekerja, hitung berapa gaji setiap bulannya lalu bagikan dengan apa saja kebutuhan yang dibutuhkan selama sebulan. Kalau bisa, dahulukan yang penting terlebih dahulu seperti membayar kuliah.

Umumnya, sebagian besar mahasiswa masih suka memiliki keinginan ini dan itu. Lalu, uang mereka habis karena memenuhi keinginan tersebut. Tentu saja hal itu membuat uang cepat habis. Oleh karenanya, dahulukan yang penting jika Anda tidak ingin kekurangan di akhir bulan.

5. Menggunakan Aplikasi Online untuk Mengatur Keuangan Anda

Di zaman teknologi seperti sekarang ini, Anda tidak perlu membuat anggaran keuangan secara manual. Sekarang, semuanya bisa dilakukan secara online dan dapat Anda buat sendiri lewat smartphone. Anda bisa mengunduh secara gratis aplikasi untuk membuat anggaran keuangan tersebut di smartphone. Semua jenis pengeluaran dan pemasukan ada di sana, jadi terlihat lebih sederhana dan tak perlu repot lagi menulis di notebook.


6. Jangan Sampai Berhutang

Cara selanjutnya adalah usahakan untuk tidak berhutang jika memang ingin sukses dalam aspek keuangan. Dengan adanya utang, tentu saja Anda akan sulit untuk menabung karena mengingat uang yang ada akan digunakan untuk membayar utang. Pada akhirnya, Anda akan sulit membayar keperluan penting lainnya.

Biasakanlah untuk tidak berhutang sejak masih menjadi mahasiswa agar tidak terbiasa ketika nanti sudah memiliki pekerjaan tetap. Jika memang ingin membeli sesuatu, tabunglah uang Anda terlebih dahulu supaya tidak berakhir dengan utang.

Penutup

Demikian ulasan singkat mengenai beberapa cara memanajemen uang bagi mahasiswa yang mungkin bisa diterapkan. Semoga ulasan di atas dapat memberi manfaat dan dijadikan salah satu contoh acuan hidup hemat sejak masih muda. Dengan begitu, semua kebutuhan bisa dibagi rata.

Belum ada Komentar untuk "6 Cara Memanajemen Uang bagi Mahasiswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel