7 Cara Meningkatkan Kualitas Ketenagakerjaan

7 Cara Meningkatkan Kualitas Ketenagakerjaan

Di zaman milenial ini, tidak dapat kita pungkiri bahwa persaingan dalam dunia pekerjaan kian makin ketat. Hal itu bisa dirasakan karena banyaknya perusahaan yang menetapkan standar tinggi bagi para calon pegawainya. Agar tenaga kerja bisa maksimal, maka ada beberapa cara untuk meningkatkan kualitas ketenagakerjaan.

Bagaimana Cara Meningkatkan Tenaga Kerja Berkualitas?

Kini, perusahaan besar berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas produksinya. Namun, hal semacam itu akan terwujud apabila tenaga kerjanya diisi oleh manusia-manusia yang berkualitas pula. Lantas, bagaimana caranya?

1. Memberikan Jaminan Gizi dan Fasilitas Kesehatan

Salah satu faktor pendukung agar produk yang dihasilkan menjadi berkualitas adalah dengan memberikan jaminan gizi dan pelayanan kesehatan yang layak bagi para pekerja. Hal ini dilakukan supaya mereka merasakan kenyamanan, sehingga kondisi badan serta pikiran mereka bertambah kuat.

Oleh karena itu, berilah mereka pelayanan yang terbaik, tempat istirahat yang bersih, dan jam istirahat yang cukup. Sebab, bila para pekerja merasa dirinya tertekan akan beratnya tekanan dari suatu pekerjaan, maka besar kemungkinan dirinya kurang konsentrasi.


2. Adakan Banyak Kegiatan Seminar Tentang Pekerjaan

Setiap manusia itu mempunyai potensi terpendam di dalam dirinya. Oleh karena itu, berilah mereka pelatihan khusus agar sesuatu yang luar biasa bisa muncul. Caranya sangatlah mudah, yaitu sering-sering saja adakan workshop atau seminar tentang pekerjaan yang sedang dilakukannya.

Dengan begitu, mereka akan mendapatkan pengetahuan baru yang bisa diaplikasikan pada masing-masing bidangnya. Perlu diketahui bahwa perusahaan sama sekali tidak dirugikan, justru malah menguntungkan berkat keterampilan tenaga kerja yang mampu menghasilkan produk berkualitas tinggi.

3. Memberikan Pendidikan

Salah satu cara yang dapat meningkatkan performa tenaga kerja adalah dengan memberikan pendidikan kepada mereka. Jadi, perusahaan melakukan kerja sama dengan lembaga pendidikan, sehingga calon pegawai bisa terlebih dahulu melaksanakan magang di sekolahan tertentu.

Hal semacam ini bisa menjadi awal untuk meningkatkan bobot para tenaga kerja. Jadi, perusahaan akan diuntungkan karena mereka bisa langsung bekerja dari bekal pelatihan selama di lembaga pendidikan. Alhasil, produktivitas akan lebih cepat meningkat.


4. Memberikan Tambahan Bonus

Upaya agar para tenaga kerja bisa bersemangat ketika bekerja adalah dengan memberikan stimulus berupa bonus atau reward. Pemberiannya sendiri bermacam-macam, misalnya saja promosi kenaikan pangkat hingga pemberian tambahan gaji bagi karyawan yang disiplin.

Dengan demikian, mereka akan senantiasa berlomba-lomba supaya menjadi karyawan teladan guna memperoleh bonus tersebut. Namun, sebagai bos perusahaan haruslah berbuat bijak dengan memberikan himbauan kepada para karyawan untuk bersaing secara sehat tanpa saling menjatuhkan.

5. Melakukan Pelatihan Secara Berkala

Cara agar tenaga kerja menjadi lebih berkualitas adalah memberlakukan pelatihan secara berkala. Dengan adanya wawasan berupa teori maupun praktek secara langsung di lapangan maka akan meningkat pula kemampuan serta potensi calon karyawan.

Melakukan pelatihan bisa dimulai dari internal, yaitu yang diselenggarakan oleh pihak perusahaan setempat. Kemudian bisa juga secara eksternal, yakni dengan mengundang para ahli terkait dengan pekerjaan tersebut. Pada gilirannya, karyawan memperoleh wawasan keilmuan baru yang tentunya sangat berguna buat masa depan, baik karyawan itu sendiri maupun perusahaan yang bersangkutan.


6. Menanamkan Jiwa Siap Wirausaha

Selain peningkatan dari luar, selanjutnya cara untuk memotivasi agar menjadi tenaga kerja yang berbobot adalah dengan meyakinkan diri mereka sendiri. Pastikan apapun yang diperintahkan oleh perusahaan siap untuk diikuti dan bersikap profesional.

Kemudian, pada diri mereka harus ditanamkan jiwa kewirausahaan dengan menjadikan pribadi yang disiplin, ulet, gigih, senantiasa bekerja sama serta bertindak kreatif dalam bekerja. Efek sampingnya yaitu produktivitas akan melesat bagus dan produk tersebut berguna bagi seluruh lapisan masyarakat.

7. Menghapus Beberapa Aturan yang Menghambat

Salah satu faktor yang menjadikan kelambanan pekerjaan seorang karyawan adalah karena mendapat tekanan dari peraturan yang ada. Perusahaan sendiri bisa menghilangkan aturan penyebab hambatan tersebut, yakni dengan memberikan kebebasan dalam berkreasi supaya mereka merasa senang dan tidak lagi mengalami tekanan. Sebagai seorang bos, bersikap ramah juga menjadi pengaruh akan hal tersebut.

Penutup

Itulah tadi beberapa upaya meningkatkan kualitas ketenagakerjaan. Diharapkan kedepannya para pekerja mampu menghasilkan produk yang berkualitas. Dengan demikian, baik perusahaan ataupun karyawan, mereka sama-sama saling menguntungkan. Perusahaan diuntungkan oleh karyawan yang bermutu, sementara karyawan diuntungkan oleh perlakuan perusahaan yang mendidik.

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Meningkatkan Kualitas Ketenagakerjaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel