Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beragam Alat Masak Modern Beserta Kegunaannya

Beragam Alat Masak Modern Beserta Kegunaannya

Seiring berkembangnya zaman, keperluan rumah tangga juga mengalami banyak kemajuan. Begitu pula dengan peralatan dapur, beragam inovasi alat masak modern diperkenalkan kepada publik bertujuan supaya kegiatan masak-memasak menjadi lebih simpel, praktis dan cepat.

Beberapa Alat Masak Modern Beserta Kegunaannya

Hidup berdampingan dengan teknologi menuntut kita untuk selalu menggali informasi terkait perkembangan apa saja di masa kini, termasuk alat masak itu sendiri. Dengan mengikuti perkembangannya, maka kita jadi banyak tahu akan hal tersebut.

Tentunya, ini sangat berguna buat kita, terutama bagi para ibu rumah tangga yang kegiatan sehari-harinya di dapur. Lagi pula, hadirnya teknologi baru seperti ini dapat membantu kita perihal manajemen waktu yang baik. Untuk itu, berikut ini ragam alat masak modern dan kegunaannya yang perlu diketahui:

1. Rice Cooker

Sesuai dengan namanya, rice cooker memiliki kegunaan untuk menanak nasi. Populer di kalangan masyarakat Indonesia sejak tahun 90-an, alat elektronik ini awalnya hanya memiliki satu fungsi saja. Seiring berjalannya waktu, ada fitur-fitur lain yang menyertainya.


Jadi, selain menanak nasi, biasanya rice cooker jenis terbaru dapat digunakan sebagai penghangat, pengukus, bahkan merebus air. Dengan begitu, Anda juga bisa menggunakannya untuk memasak sayur berkuah, membuat bubur hingga kue-kue kukus seperti bolu atau bakpao.

2. Blender

Blender merupakan alat elektronik dapur yang berguna untuk menghancurkan bahan makanan. Umumnya lebih populer untuk membuat jus/smoothies dari buah-buahan dan sayuran, serta mencampur bumbu-bumbu dapur, membuat sambal dan sebagainya.

Kegunaannya tak hanya itu saja, Anda pun bisa menggunakan blender untuk memeras santan. Untuk beberapa merek dan tipe, bahkan bisa untuk sekaligus menghancurkan es batu dan menghaluskan daging ayam, udang atau ikan. Cukup serbaguna dan praktis karena banyak yang bisa dilakukan.

3. Food Processor

Food processor, sekilas mirip dengan blender, digunakan untuk menghancurkan atau menghaluskan bahan makanan. Hanya saja, alat masak modern ini biasanya memiliki mata pisau yang lebih banyak, tajam dan besar. Dengan begitu, proses penghalusannya bisa lebih mudah dan cepat.


Food processor berfungsi lebih serbaguna dan diklaim lebih awet dibandingkan blender. Selain untuk menghaluskan bumbu, buah maupun sayur, alat ini juga dapat digunakan untuk menggiling daging sapi. Alhasil, Anda bisa membuat olahan makanan seperti bakso, pempek dan sejenisnya.

4. Wajan dan Panci Anti Lengket

Wajan dan panci anti lengket sangat populer di era modern seperti sekarang ini karena memiliki banyak kelebihan dibanding yang terbuat dari bahan alumunium. Lazimnya, kedua alat masak tersebut dibuat dari bahan politetrafluoroetilena atau yang biasa dikenal dengan teflon.

Tak hanya dari teflon saja, wajan dan panci anti lengket juga ada yang terbuat dari bahan keramik, marble, cast iron, hingga stainless steel. Semua bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sesuai dengan penggunaannya.

5. Microwave

Microwave biasanya digunakan untuk menghangatkan makanan seperti sayur, lauk pauk, pizza, dan lain-lain. Kelebihannya, ia tidak akan mengubah bentuk, rasa dan warna dari makanan-makanan tersebut. Selain itu, Anda juga dapat menggunakannya untuk memanggang roti atau membuat mie.

Anda juga akan menjumpai microwave pada minimarket dan kedai di penginapan yang menyediakan aneka makanan instan seperti mie atau nasi dalam kemasan. Kekurangan alat ini adalah daya konsumsi listriknya cukup besar, sehingga tidak ekonomis jika digunakan dalam waktu lama.

6. Oven

Alat masak yang tak kalah populer di kalangan rumah tangga zaman now adalah oven atau pemanggang. Gunanya tentu saja untuk memanggang berbagai jenis makanan, seperti kue kering, roti, bolu, steak daging, ayam panggang, dan masih banyak lagi.

Berbeda dari microwave, oven memiliki pengaturan suhu yang lebih tinggi dan waktu memanggangnya cukup lama. Di samping itu, alat ini juga tidak hanya menggunakan listrik saja, ada yang menggunakan gas elpiji langsung, atau ditangkringkan di atas kompor.

7. Panci Presto

Alat masak yang terakhir ini mungkin tidak begitu populer digunakan untuk memasak secara konvensional. Namun, di kalangan para pelaku usaha kuliner, seperti ayam tulang lunak, bandeng presto, dan sebagainya, panci tersebut sangat-sangat berguna.

Ya, kegunaan dari panci presto adalah dapat melunakkan daging hingga ke tulang-tulangnya, baik itu ayam maupun ikan seperti bandeng. Selain itu, jika Anda memasak ketupat atau lontong dengan alat ini, maka waktu memasaknya bisa jadi lebih singkat.

Penutup

Masih banyak lagi sebenarnya alat masak modern yang sangat membantu dalam kegiatan masak-memasak sehingga membuatnya terasa menyenangkan serta cepat selesai, sebut saja di antaranya slow cooker, food chopper, parutan serbaguna dan lain-lain. Demikianlah ulasan kita, semoga informasi ini bermanfaat buat Anda.