Jurusan Kuliah yang Berkaitan dengan Pemasaran, Mana yang Lebih Berpotensi?

Jurusan Kuliah yang Berkaitan dengan Pemasaran, Mana yang Lebih Berpotensi?

Jurusan kuliah yang berkaitan dengan pemasaran saat ini semakin banyak diminati. Marketing atau pemasaran bukan bidang ilmu yang hanya membahas terkait pada penjualan barang atau jasa saja, melainkan mencakup pembahasan yang lebih luas lagi. Prospek kerjanya juga terbentang luas, sehingga tidak perlu khawatir terkait hal tersebut.

Jurusan Kuliah yang Berkaitan dengan Pemasaran

Pemasaran sendiri merupakan program studi yang mempelajari tentang berbagai hal yang berkaitan dengan penjualan, mulai dari perencanaan, pengembangan konsumen, segmentasi dan analisis pasar, metode periklanan, dan sebagainya. Berikut beberapa jurusan kuliah yang berkaitan dengannya:

1. Pemasaran Internasional

Jurusan ini menuntut mahasiswanya untuk menguasai bahasa internasional, terutama Bahasa Inggris. Namun, jika Anda mampu menguasai bahasa asing lainnya, seperti Mandarin, Jerman, dan sebagainya maka tentu itu lebih baik bagi Anda.

Hal tersebut pastinya memberi nilai plus tersendiri, serta memudahkan Anda nantinya saat terjun ke dunia kerja. Keuntungannya, Anda memungkinkan, bahkan dianggap sebagai kandidat terkuat, untuk diterima di perusahaan besar.


2. Manajemen Bisnis

Manajemen bisnis sendiri adalah cabang ilmu yang mempelajari terkait bisnis dan kewirausahaan. Pada awal perkuliahan, mahasiswa akan diperkenalkan terkait pengetahuan dasar bisnis serta manajemen. Pada semester selanjutnya, Anda akan mendapat bekal praktek untuk melatih kemampuan pada bidang tersebut.

Jurusan ini menuntut mahasiswanya untuk memiliki kemampuan analisis, komunikasi, dan sebagainya. Manajemen bisnis sangat cocok untuk Anda yang tertarik mempelajari dunia bisnis secara mendalam. Prospek kerjanya juga terbuka luas, karena banyak perusahaan membutuhkannya atau Anda sendiri dapat menjadi pengusaha.

3. Akuntansi

Akuntansi merupakan sebuah program studi yang mempelajari semua hal yang berkaitan dengan keuangan. Bagi yang berminat mengambil jurusan ini, maka harus mempersiapkan diri dengan sistem hitung-hitungan.


Ketelitian menjadi hal penting di sini yang harus Anda perhatikan secara khusus, karena tanpanya semua dapat berantakan. Usahakan memilihnya bukan karena ikut-ikutan, karena dapat berisiko tinggi. Mengenai peluang kerjanya, Anda bisa memilih berkarier sebagai akuntan publik, internal auditor, perencana keuangan, dan beberapa lainnya yang pastinya sangat bergengsi.

4. Advertising

Jurusan kuliah yang berkaitan dengan pemasaran selanjutnya adalah advertising. Jurusan tersebut mempelajari terkait bagaimana cara penerapan periklanan yang baik agar memiliki tampilan yang menarik melalui ilustrasi seperti, animasi, desain komunikasi visual, tipografi periklanan, sketsa, dan sebagainya.

Bagi Anda yang memiliki bakat dan minat pada bidang tersebut, maka sangat berkesempatan untuk memperoleh peluang yang besar di masa depan. Jurusan yang satu ini menuntut mahasiswanya untuk memiliki ide kreatif.

Hal tersebut dibutuhkan untuk menghasilkan produk iklan dengan daya tarik yang tinggi. Tentu bidang ini tidak dapat dilakukan oleh sembarangan orang. Jenisnya juga sangat beragam, baik itu berupa cetak, audio visual, dan semisal dengannya, sehingga hanya orang-orang tertentu yang bisa mengerjakannnya.


5. Ekonomi Pembangunan

Ekonomi pembangunan merupakan bidang keilmuan yang membahas secara spesifik terkait persoalan pembangunan yang sedang, sudah dan akan terjadi pada negara berkembang. Hal tersebut mencakup bidang industri perbankan dan keuangan. Bidang ini menuntut mahasiswanya untuk berpikir kritis, kreatif, serta inovatif.

Ekonomi pembangunan sendiri sangat cocok terutama bagi Anda yang memiliki minat pada bidang ekonomi. Apabila Anda mengambil jurusan tersebut, secara otomatis peluang untuk berkontribusi pada pembangunan negara semakin besar.

6. Ilmu Ekonomi

Hampir mirip dengan jurusan ekonomi pembangunan, ilmu ekonomi merupakan bidang keilmuan tertua yang mempelajari tentang pengalokasian sumber daya secara lebih optimal, serta memberi wawasan terkait isu pembangunan sosial ekonomi. Tidak heran jikalau peminat dalam bidang ini semakin banyak.

Prodi ilmu ekonomi membimbing mahasiswanya untuk dapat menganalisa data statistik secara terperinci. Fungsinya yakni sebagai pemecahan masalah. Oleh sebab itu, mahasiswa di jurusan ini dituntut untuk lebih berfikir sistematis.

Bidang ekonomi sendiri terdiri dari dua jenis, yakni makro dan mikro, sehingga cocok untuk Anda yang memiliki kemampuan kuantitatif yang mumpuni karena prodi tersebut selalu berhubungan dengan matematika. Selain itu, rasa ingin tahu juga diperlukan karena Anda akan dituntut bersifat kritis dalam berpikir.

Penutup

Jurusan kuliah yang berkaitan dengan pemasaran tersebut merupakan sebagian saja. Meskipun masih ada beberapa lagi yang lainnya, namun jurusan-jurusan yang telah disebutkan di atas merupakan yang paling dekat kaitannya dengan dunia pemasaran. Jika Anda berminat menggeluti salah satu dari keenam jurusan tersebut, maka perlu kiranya diketahui terlebih dahulu apa saja kriterianya agar jurusan yang diambil bisa tepat sasaran.

Belum ada Komentar untuk "Jurusan Kuliah yang Berkaitan dengan Pemasaran, Mana yang Lebih Berpotensi?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel