Prospek Bisnis Online Berjualan Domba Garut

Prospek Bisnis Online Berjualan Domba Garut

Domba Garut banyak dibudidayakan oleh peternak di wilayah Jawa Barat dan daerah-daerah di sekitarnya. Permintaan Pasar untuk domba Garut dewasa ini memang kian meningkat tajam. Hal ini tentu membuka peluang bagi Anda yang ingin mencoba berjualan domba Garut secara online.

Pada dasarnya, bisnis ini mudah dijalankan. Anda tidak perlu bersusah payah menernakkan sendiri domba-domba Garut yang tentunya menguras banyak tenaga. Anda hanya perlu bekerja sama dengan peternak untuk mempromosikan domba-domba Garut tersebut.

Permintan pasar terbesar domba Garut biasanya datang setahun sekali. Namun demikian, permintaan harian juga selalu ada dan bahkan tidak pernah ada habisnya, seperti untuk memenuhi kebutuhan konsumsi daging rumah tangga, restoran, pengusaha warung sate, keperluan hajatan, dan sebagainya.

Secara fisik, domba Garut memiliki ciri khas tersendiri. Umumnya, domba Garut memiliki bentuk tubuh yang kekar, bobot yang berat, bulu yang bersih, serta tanduk yang berukuran besar. Hal-hal tersebut menjadikan domba Garut selalu memiliki harga lebih tinggi dibanding jenis-jenis domba lainnya. Jadi, Anda sepatutnya tertarik untuk menjalankan bisnis online berjualan domba Garut ini.


Kiat Sukses Memulai Bisnis Online Berjualan Domba Garut

Untuk memulai bisnis online berjualan domba Garut, kiat-kiat sukses yang perlu Anda praktikkan meliputi hal-hal berikut ini:
  1. Menguasai ilmu bisnis domba Garut, termasuk cara menernakkan dan menilai kualitasnya. Hal ini dimaksudkan agar Anda memiliki bekal ilmu yang cukup, meskipun peran Anda hanya sebagai promotor, bukan peternak.
  2. Membuat banyak blog dan website sebagai media promosi. Selanjutnya, pastikan Anda mengelola semuanya dengan memaksimalkan SEO (search engine optimization). Dengan demikian, promosi yang Anda lakukan dapat muncul di halaman pertama mesin pencari Google sehingga bisa dilihat langsung oleh calon pembeli.
  3. Hanya menjual domba-domba Garut berkualitas baik, bebas penyakit, tidak cacat, dan tentunya sesuai pesanan pembeli. Jangan sekali-kali menjual domba Garut yang tidak layak ataupun melenceng dari pesanan pembeli. Jika memaksakan diri, Anda hanya akan membuat pembeli merasa kecewa sekaligus mencoreng citra toko online Anda.
  4. Melakukan promosi di berbagai media internet. Dalam hal ini, Anda sebaiknya memanfaatkan periode waktu santai di malam hari serta pada akhir pekan. Hal ini dimaksudkan agar promosi tepat pada sasaran.


Rincian Modal dan Total Biaya Operasional

No. Modal Awal Biaya
1. Komputer dan modem Rp4.000.000,00
2. Meja komputer dan kursi Rp   900.000,00
3. Domain dan hosting website Rp   650.000,00
Total Modal Rp5.550.000,00
No. Biaya Operasional Biaya
1. Promosi berbayar di internet Rp1.300.000,00
2. Transportasi Rp   600.000,00
3. Listrik, pulsa modem, dan lain-lain Rp   750.000,00
Total Biaya Operasional Rp2.650.000,00
Potensi Pendapatan Pendapatan
Penjualan domba Garut:
@Rp4.000.000,00 × 15 pesanan = Rp60.000.000,00 × 15%
Rp9.000.000,00
Keuntungan:
Potensi Pendapatan - Total Biaya Operasional = Rp9.000.000,00 - Rp2.650.000,00

Rp6.350.000,00


Strategi Bisnis untuk Menarik Pembeli

Beberapa strategi bisnis yang harus Anda lakukan untuk menarik pembeli antara lain mencakup hal-hal berikut ini:
  1. Mengandalkan fans page Facebook sebagai media promosi. Sebab, teknik promosi dengan media sosial ini bisa menjangkau lebih banyak calon pembeli. Hal ini mengingat hampir semua orang saat ini pasti memiliki akun Facebook serta mengaksesnya setiap hari.
  2. Bekerja sama dengan para pemilik restoran dan warung sate. Hal ini bertujuan agar Anda bisa memiliki pelanggan tetap serta mampu menyuplai domba Garut dalam jumlah yang banyak setiap bulannya.
  3. Mempromosikan bisnis online domba Garut Anda tidak hanya di dalam, tetapi juga luar negeri. Lakukan promosi yang menyediakan fasilitas translate (terjemahan) sehingga calon pembeli dari luar negeri bisa memahami iklan Anda.
  4. Belajar kepada pengusaha domba Garut yang sudah sukses. Dalam hal ini, Anda dapat meminta beberapa tips dan saran sebagai bahan untuk mengembangkan bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Prospek Bisnis Online Berjualan Domba Garut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel