Prospek Bisnis Online Promosi Kos dan Rumah Kontrakan

Prospek Bisnis Online Promosi Kos dan Rumah Kontrakan

Bisnis online promosi kos dan rumah kontrakan bisa dijalankan oleh siapa pun, seperti ibu rumah tangga, karyawan kantor, pekerja lepas, dan bahkan mahasiswa. Bisnis online ini pada dasarnya sudah menjamur di banyak tempat.

Fenomena urban masyarakat sekarang yang menuntut ilmu ataupun bekerja di luar kota merupakan faktor pendorong bisnis online ini begitu dicari dan sangat menguntungkan. Bisnis ini tidak perlu dijalankan seharian layaknya toko konvensional. Bahkan, bisnis ini justru dapat dijalankan secara otomatis tanpa kehadiran pelakunya.

Tips bisnis online promosi kos dan rumah kontrakan cocok dijalankan sebagai usaha sampingan yang menggiurkan. Sebab, bukan tidak mungkin pendapatan yang diperoleh dari bisnis online ini jauh melebihi gaji manajer perusahaan.

Hanya saja, hal tersebut bergantung pada jumlah kos dan rumah kontrakan yang berhasil dipromosikan. Dalam hal ini, bisnis online promosi kos dan rumah kontrakan mirip dengan jual beli properti. Perbedaannya, jika praktik kerja jual beli properti adalah menjual maka bisnis online promosi kos dan rumah kontrakan hanya menyewakan properti.


Kiat Sukses Memulai Bisnis Online Promosi Kos dan Rumah Kontrakan

Untuk memulai bisnis online promosi kos dan rumah kontrakan, kiat-kiat sukses yang perlu Anda praktikkan mencakup hal-hal berikut ini:
  • Membuat website yang dikhususkan untuk promosi dengan menyerupai katalog. Website ini sebaiknya tidak gratis karena menyangkut citra bisnis online promosi kos dan rumah kontrakan Anda di mata calon penyewa. Apabila menggunakan website tidak berbayar, bisnis Anda akan dianggap kurang profesional sehingga calon konsumen enggan menyewa kos atau rumah kontrakan yang Anda tawarkan.
  • Mencari kos dan rumah kontrakan yang lokasinya strategis. Patut dipahami bahwa faktor lokasi sangat memengaruhi cepat lambatnya Anda memperoleh calon penyewa. Apabila kos dan rumah kontrakan yang dipromosikan berada di kawasan strategis maka Anda kian mudah dan cepat mendapatkan calon penyewa.
  • Bekerja sama dengan pemilik kos dan rumah kontrakan. Anda sebagai pihak yang mempromosikan dapat menawarkan sistem bagi hasil per bulan.
  • Mencari sebanyak mungkin kos dan rumah kontrakan untuk Anda promosikan. Semakin banyak jumlahnya maka hal itu kian baik. Dari situ, peluang Anda untuk memperoleh pendapatan dari bisnis online promosi kos dan rumah kontrakan ini kian terbuka.


Rincian Modal dan Total Biaya Operasional

No. Modal Awal Biaya
1. Komputer dan modem Rp4.000.000,00
2. Meja komputer dan kursi Rp   800.000,00
3. Domain dan hosting website Rp   900.000,00
Total Modal Rp5.700.000,00
No. Biaya Operasional Biaya
1. Transportasi (mencari info kos dan rumah kontrakan) Rp   900.000,00
2. Transportasi tambahan Rp   360.000,00
3. Listrik, pulsa modem, dan lain-lain Rp   300.000,00
Total Biaya Operasional Rp1.560.000,00
No. Potensi Pendapatan Pendapatan
1. Bagi hasil sewa kos-kosan @Rp350.000,00 × 70 kamar × 10% Rp2.450.000,00
2. Bagi hasil sewa rumah kontrakan @Rp15.000.000,00 × 4 rumah × 10% Rp6.000.000,00
Total Pendapatan Rp8.450.000,00
Keuntungan:
Potensi Pendapatan - Total Biaya Operasional = Rp8.450.000,00 - Rp1.560.000,00

Rp6.890.000,00


Strategi Bisnis untuk Menarik Penyewa

Berikut adalah beberapa strategi bisnis yang harus Anda lakukan untuk menarik penyewa:
  • Menonjolkan kemudahan akses dalam setiap promosi. Sebagai contoh, Anda dapat mengatakan "Ke pusat kota Jogja cuma 2 menit", "Hanya 3 menit menuju Malioboro", "Dari kampus UGM cuma 5 menit", dan sebagainya. Kemudahan akses akan menjadi nilai tambah dan membuat kos dan rumah kontrakan yang Anda promosikan tampak menarik.
  • Mencantumkan keunggulan-keunggulan dalam setiap promosi. Misalnya, "Gratis Wi-Fi dari pukul 18.00-06.00", "Ada AC dan kamar mandi dalam kamar", "Bonus perlengkapan kamar", "Ada halaman dan taman bunga", dan sebagainya. Keunggulan-keunggulan tersebut pasti akan menjadi pertimbangan bagi calon penyewa. Jadi, hal ini jangan sampai dilupakan.
  • Jangan hanya mengandalkan promosi melalui website milik Anda Sendiri. Anda sebaiknya juga mempromosikan kos dan rumah kontrakan di situs-situs layanan iklan di internet. Terkadang, promosi di situs-situs tersebut lebih cepat mendapatkan respons dari calon penyewa.
  • Jika sudah mampu menjaring banyak kos dan rumah kontrakan di kota sendiri, Anda sebaiknya memperluas jangkauan. Dalam hal ini, Anda dapat mulai mempromosikan kos dan rumah kontrakan yang ada di luar kota untuk meningkatkan penghasilan bulanan.

Belum ada Komentar untuk "Prospek Bisnis Online Promosi Kos dan Rumah Kontrakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel