Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Mobil Listrik dan Perkembangannya di Dunia

Sejarah Mobil Listrik dan Perkembangannya di Dunia

Alat transportasi semakin bertambah dan kian mengalami banyak perubahan dan kemajuan, dari yang tidak menggunakan bahan bakar, seperti sepeda angin dan gerobak, hingga yang memakai baterai, seperti mobil listrik. Menariknya, mobil yang berbahan bakar listrik ini telah tersebar ke seluruh penjuru dunia.

Seluk Beluk Mobil Listrik dan Perkembangannya

Mungkin, warga Indonesia masih banyak yang belum mengenal jenis alat transportasi yang mutakhir tersebut. Mobil ini dulu pernah dipopulerkan oleh Bapak Dahlan Iskan selaku Direktur Utama PLN. Beliau pernah menjajalnya meski kemudian mengalami kecelakaan kecil. Selengkapnya, yuk simak bagaimana sejarah dan perkembangannya sejauh ini!

1. Populer dari Abad ke-19

Siapa sangka bahwa mobil yang berbahan bakar baterai yang berisi energi listrik itu sudah ada sejak 2 abad silam dan mulai dikenal khalayak umum pada awal abad 20. Akan tetapi, kepopulerannya meredup seiring ditemukannya alternatif mesin kendaraan dengan bahan bakar minyak bumi (BBM).


Kenapa mobil BBM mengalahkan kepopulerannya? Karena bahan bakar dari minyak bumi lebih terjangkau oleh semua kalangan masyarakat dibandingkan dengan energi listrik yang saat itu cukup mahal untuk digunakan sebagai penggerak kendaraan.

2. Dikembangkan oleh Karl Benz

Pada tahun 1885, Karl Friedrich Benz adalah orang pertama yang mengembangkan mobil berbahan bakar listrik tersebut. Tahukah Anda, bahwa Benz adalah seorang masinis sekaligus insinyur teknik mesin yang berasal dari Jerman? Ia juga mendirikan perusahaan bernama Benz & Co.

Sebenarnya, beberapa tahun sebelum Karl Benz mulai menemukan dan mengembangkannya, sudah ada banyak ilmuwan yang berasal dari Amerika, Belanda maupun Hungaria yang sudah memikirkan konsep mengenai kendaraan dengan energi baterai serta menciptakan mobil listrik pada skala kecil.

3. Mobil Listrik Pertama di Dunia

Setengah abad yang lampau sebelum Karl Benz mengembangkan kendaraan berbahan bakar listrik, Robert Anderson (insinyur mesin asal Inggris) sudah lebih dahulu menciptakan mobil dengan tiga roda yang menggunakan energi baterai. Penemuannya ini diklaim sebagai yang pertama di dunia.


Di belahan dunia lainnya, seorang ahli kimia Amerika bernama William Morisson berhasil membuat debutnya pada akhir abad ke 19. Ia menjadi kreator dari mobil berbahan bakar listrik di tahun 1890, kreasinya tersebut dapat menampung 6 orang dengan kecepatan 22 kilometer per jam.

4. P1, Mobil Berbahan Bakar Listrik Garapan Porsche

P1 (baca: pi-wan) merupakan garapan dari seorang insinyur otomotif berkebangsaan Austria yang juga berhasil menciptakan kendaraan hybrid pertama di dunia. Ia menggarap bahan bakar kendaraan listriknya tersebut pada tahun 1898.

Pada tahun yang sama, Porsche juga berhasil menciptakan mobil hibridanya yang mana berbahan bakar bensin sekaligus listrik. Tak disangka-sangka bahwa teknologi yang sangat mutakhir pada alat transportasi modern tersebut sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

5. Perkembangan Mobil Berbahan Listrik di Abad 21

Pada tahun 2009, perusahaan otomotif ternama dunia, yaitu Ford, Nissan dan Tesla Motors, diberi kesempatan untuk mengembangkan alternatif kendaraan yang ramah lingkungan. Oleh karena itu, Departemen Energi Amerika Serikat meminjamkan modal senilai 8 miliar USD untuk mereka.


Salah satu di antara ketiganya yang kemudian berhasil menciptakan mobil berbahan bakar listrik ialah Nissan. Perusahaan otomotif multinasional asal Jepang ini merilis kendaraan ramah lingkungannya yang diberi nama LEAF yang dapat melaju hingga 114 kilometer per jam.

6. Perkembangannya di Indonesia

Di Tanah Air sendiri, sejak tahun 2012 sudah dimulai pengembangan dari mobil dengan bahan bakar listrik ini. Saat itu, Indonesia masih dipimpin oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Proyek itu diprakarsai oleh Bapak Dahlan Iskan yang kala itu menjabat sebagai Menteri BUMN.

Dahlan Iskan -- yang juga dulunya merupakan CEO dari Jawa Pos group -- bekerja sama dengan seorang pemuda cerdas Indonesia yang bernama Ricky Elson. Bersama pak Dahlan, pria 40 tahun asal Padang tersebut berhasil menciptakan kendaraan berbahan bakar listrik, bernama SELO.

Hingga sekarang, riset, pengembangan dan ujicoba mobil listrik masih dilakukan oleh negara-negara maju dan berkembang di seluruh belahan dunia, mulai dari Indonesia, Jepang, India, Amerika hingga Eropa. Mengingat saat ini, ia digadang-gadang sebagai alternatif kendaraan yang ramah lingkungan.