5 Nama Pemegang Saham Google yang Sukses Besar

5 Nama Pemegang Saham Google yang Sukses Besar

Saham Google menjadi salah satu perusahaan yang memiliki banyak peminat. Meski memiliki banyak pesaing, namun profitnya dapat mengalami kenaikan secara signifikan. Beberapa tokoh berhasil menjadi pemegang saham paling besar dan memiliki jumlah kekayaan fantastis.

Apa itu Perusahaan Google?

Google merupakan salah satu perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berpusat pada jasa dan produk berupa teknologi pencarian, perangkat lunak, periklanan digital dan komputasi web. Pendirinya sendiri yaitu Larry Page dan Sergey Brin saat menjadi Mahasiswa.

Mereka menjadikan Google sebagai perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998. Sejak pendiriannya sampai sekarang terus mengalami peningkatan, bahkan masyarakat saat ini tidak dapat terpisah dari platform tersebut. Hal ini membuatnya menjadi kebutuhan pokok untuk mencari berbagai informasi.

Perusahaan ini setidaknya sudah mengoperasikan lebih dari satu juta server pada beberapa pusat data di seluruh dunia. Menurut data yang ada, Google merupakan platform yang sering dikunjungi oleh khalayak. Sebagian besar pendapatannya berasal dari jasa pengiklanan yang relevan.


5 Nama Pemegang Saham Google yang Sukses Besar

Memiliki saham Google terbukti sangat menguntungkan, bahkan sejak tahun 2004 sampai saat ini harganya cenderung mengalami peningkatan secara signifikan. Oleh sebab itu, ada beberapa investor atau trader yang sudah memilikinya dalam jumlah besar. Berikut ini beberapa nama yang sudah tercatat:

1. Sergey Brin

Kesuksesannya dalam membangun perusahaan Google menjadikannya sebagai salah satu orang terkaya di dunia yang dilaporkan kekayaannya mencapai Rp718,59 triliun. Hal ini membuatnya sangat wajar jika bisa memegang saham kelas C sebanyak 19,3 juta lembar.

Terdapat juga kelas A dengan jumlah 35.300 lembar dan sampai saat ini masih menduduki pimpinan tertinggi di Google. Pencapaian perusahan satu ini, membuatnya memiliki banyak peminat sehingga para investor tidak ragu dalam menginvestasikan hartanya dengan jumlah cukup besar.

2. Eric Schmidt

Meski sudah tidak bekerja pada perusahaan tersebut, Eric Schmidt masih tercatat sebagai pemegang saham dengan jumlah yang cukup banyak, yaitu sekitar 2,28 lembar kelas C dan A 51,917. Apabila dirupiahkan, maka jumlah tersebut menjadi Rp184,5 triliun.


Selama di Google, Sergey Brin menduduki posisi sebagai CEO dari tahun 2001-2011, kemudian menjadi executive chairman mulai dari 2011-2015. Karirnya terus berlanjut, yaitu mendapat jabatan sebagai executive chairman pada Alphabet Inc mulai 2015-2017, lalu keluar dan bekerja di Gedung putih.

3. Larry Page

Menjadi salah satu pendiri Google serta CEO Alphabet Inc yaitu induk perusahaan tersebut, tentu membuatnya memiliki saham dengan jumlah yang cukup besar. Menurut data yang beredar, tokoh satu ini memiliki sebanyak 20 juta dengan kelas C yang senilai dengan Rp318,14 Triliun.

Hal ini membuatnya tercatat sebagai salah satu orang terkaya di dunia versi Forbes dengan total nilai kekayaannya mencapai Rp733,89 triliun. Larry Page, di perusahaan Google, menjabat sebagai presiden sehingga suatu hal yang wajar jika kekayaannya terhitung sangat fantastis.

4. Sundar Pichai

Tercatat sejak bulan Oktober 2015, Sundar Pichai menjadi CEO Google dan sudah memegang saham, padahal sebelumnya bekerja pada Applied Materials dan McKinsey Company. Tokoh ini disebut-sebut memiliki bayaran tertinggi, yaitu sekitar 199,7 juta US dolar atau sekitar Rp2,79 triliun.


Pichai tercatat memegang saham Google kelas A yaitu sekitar 6.317 lembar dan C mencapai 89.727 plus 85.415 lembar. Hal tersebut membuatnya menjadi seorang milyader yang menjadi inspirasi banyak orang terutama masyarakat Indonesia untuk mulai berinvestasi.

5. John Deor

Tokoh ini tercatat mulai memiliki saham di Google sejak tahun 1999 dengan menyuntikkan dana sebesar 174,65 miliar rupiah. Sosok tersebut merupakan ketua dari perusahaan modal ventura Kleiner Perkins, sehingga sangat wajar jika dapat berinvestasi dengan jumlah yang fantastis.

John Deor ternyata bukan hanya berinvestasi di Google saja, melainkan pada perusahaan besar lainnya seperti Amazon, Compaq, AOL, Twitter, Netscape, dan Electronic Arts. Sosok ini memegang saham Google sekitar 3.485 untuk kelas A dan C sebanyak 5.143.


Penutup

Demikian penjelasan terkait 5 nama pemegang saham Google yang sukses besar, bahkan mereka menjadi salah satu orang terkaya. Oleh sebab itu, saat ini sebagian besar tertarik untuk menunjang perekonomian dengan berinvestasi.

Belum ada Komentar untuk "5 Nama Pemegang Saham Google yang Sukses Besar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel