Penggaris Online dalam Bentuk Aplikasi

Penggaris Online dalam Bentuk Aplikasi

Gadget merupakan peralatan multifungsi yang bisa digunakan untuk berbagai hal salah satunya yaitu sebagai penggaris online. Agar bisa menemukan fungsi tersebut, maka harus mendownload aplikasi tambahan terlebih dahulu (baik di Playstore maupun AppStore) secara online. Ukurannya sendiri tidak terlalu besar dan sangat ringan untuk dijalankan.

Beberapa Aplikasi Penggaris Online

Penggaris online saat ini banyak dibutuhkan karena seringkali ketika seseorang bepergian tidak membawa alat tersebut. Sebab, ukurannya dinilai memanjang dan kurang praktis. Adanya kemajuan teknologi membawa dampak baik untuk memudahkan semua pekerjaan manusia. Lalu, apa saja rekomendasi penggaris online?

1. Easy Measure

Cara mengukur dari Easy Measure yaitu cukup arahkan kamera ke objek yang ingin Anda ketahui dimensinya. Salah satu keunggulannya adalah bisa berfungsi meski tanpa alat bantu lain. Baik penggaris maupun meteran, hal ini membuatnya semakin efektif dan efisien.


Selain untuk mengukur jarak juga dapat berfungsi untuk memperkirakan ketinggian teman atau sebuah gedung pencakar langit. Sistem kerjanya yaitu dengan menggunakan kemiringin lensa. Lalu menerapkan rumus trigonometri guna menghasilkan hasil lebih akurat sehingga meminimalisir salah paham.

2. GPS Field Area Measure

Aplikasi satu ini dianggap sebagai yang terbaik untuk ponsel Android. Sebab, tingkat kecanggihannya cukup tinggi karena memiliki teknologi terkini dengan cara efektif. Platform ini memungkinkan user untuk mengukur luas area dengan menggunakan GPS sehingga lebih praktis.

Cara kerjanya yaitu jika Anda ingin mengukur luas rumah, maka harus mengitarinya dari posisi awal sampai kembali ke titik pertama yang terhitung. Kekurangannya adalah aplikasi ini tidak dapat berfungsi jika untuk area kecil karena menggunakan GPS sehingga lebih luas jangkauannya.


3. Image Meter

Image Meter merupakan aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengukur benda-benda di sekitar Anda, mulai dari yang kecil sampai yang besar. Cara kerjanya cukup mudah, yaitu dengan foto kemudian akan muncul perkiraan mulai dari panjang, lebar, dan tinggi namun Anda perlu menggunakan referensi benda lain.

Hal tersebut bertujuan sebagai pembanding agar hasilnya lebih valid. Pengukuran seperti ini biasanya sangat bermanfaat bagi seorang desain interior, tukang bangunan, serta pembuat perabotan seperti mebel. Penggunaannya cukup mudah karena bisa secara otomatis mengukur distorsi.

4. Ruler App by Nikola Kosev

Aplikasi penggaris ini dirancang oleh Nikola Kosev dengan cara kerja bisa mengukur semua benda hanya menggunakan layar HP. Desain dari platform ini menggunakan user interface yang cukup sederhana serta modern sehingga saat menjalankannya bisa lebih nyaman.

Keunggulannya adalah sangat responsif, namun perlu Anda perhatikan terkait penyimpanan serta spek perangkat agar bisa mengoperasikannya dengan lancar. Hal yang membedakan dari aplikasi lainnya adalah bisa berkolaborasi dengan penggaris asli untuk mendapatkan hasil paling akurat.


Cara Menggunakan Penggaris Online

Penggaris online merupakan solusi bagi yang ingin lebih praktis saat bepergian terutama dalam hal pekerjaan, baik sebagai tukang bangunan, arsitek atau pembuat mebel. Sebelumnya, Anda harus mengetahui cara menggunakannya karena alat tersebut berbasis teknologi. Berikut ulasannya:
  • Download aplikasi yang ingin Anda gunakan, kemudian instal terlebih dahulu.
  • Selanjutnya buka aplikasi tersebut, tap menu units untuk mengganti ukuran penggaris.
  • Anda juga bisa mengganti tema penggaris menjadi warna putih ataupun hitam.
  • Klik titik tiga yang terletak di pojok kanan atas, kemudian tap calibrate.
  • Menu tersebut terbukti lebih akurat untuk menghitung dimensi suatu benda atau jarak.
  • Pilih kalibrasi menggunakan penggaris sungguhan, kartu kecil, atau koin.
  • Anda juga bisa menggunakan kalibrasi default dari aplikasi.
  • Tap ikon jam pada bagian bawah untuk melihat history pengukuran.
  • Sebenarnya, setiap aplikasi memiliki user interface yang berbeda.
  • Oleh sebab itu, sebelumnya pahami terlebih dahulu sistem kerjanya.
  • Setelah ada hasilnya, jika ingin lebih valid dapat memastikan dengan perhitungan manual.
  • Caranya menggunakan rumus tertentu sesuai bangun yang diukur.
  • Hal ini berlaku terutama untuk keperluan pendidikan atau benda pakai.
  • Pengukuran selesai.


Penutup

Itulah penjelasan terkait penggaris online yang perlu Anda ketahui jika memerlukannya. Setiap jenis aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Selain itu, tampilan user interface cenderung berbeda. Oleh karenanya, perlu memahami sebelum melakukan pengukuran benda.

Belum ada Komentar untuk "Penggaris Online dalam Bentuk Aplikasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel