Platform Adalah? Berikut Pengertian dan Jenisnya

Platform Adalah? Berikut Pengertian dan Jenisnya

Perkembangan digital seperti sekarang ini sering terdapat kata-kata asing yang mungkin belum banyak orang mengetahuinya. Salah satunya adalah istilah platform. Sejauh ini, istilah tersebut sangat sering diucapkan oleh kalangan milenial.

Platform ini sangat erat kaitannya dengan bidang teknologi, baik dalam bentuk perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware). Bahkan, sampai saat ini terus mengalami peningkatan, mulai dari pencipta maupun penggunanya.

Apa itu Platform?

Sebenarnya, platform itu merupakan sebuah wadah yang berbasis teknologi yang bisa dijalankan dalam suatu sistem (baik oleh perorangan maupun kelompok). Keberadaannya menjadi sangat penting akhir-akhir ini karena bisa membantu seseorang dalam berbagai hal, seperti halnya promosi, sosialisasi, dan hiburan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), platform adalah sebuah program, rencana kerja, sebuah pernyataan dari kelompok partai tentang program kebijakan, sampai dengan mimbar, pentas, atau panggung. Sedangkan menurut Wikipedia, platform adalah media atau wadah yang digunakan untuk menjalankan software.

Lantas, apa fungsinya? Fungsi platform adalah sebagai wadah untuk suatu perencanaan atau menjalankan mekanisme pekerjaan tertentu. Sebagai contoh, media sosial merupakan tempat untuk beberapa kegiatan user, mulai dari mencari atau bertukar informasi, hiburan, bersosialisasi serta membangun komunitas.


Apa saja Jenis-jenis dari Platform?

Sebagai wadah untuk beberapa kegiatan manusia, platform saat ini memiliki banyak jenisnya. Hal ini karena untuk menyesuaikan kebutuhan para user serta kemajuan teknologi yang semakin berkembang secara signifikan, baik secara offline maupun online. Berikut ini beberapa ulasannya:

1. Browser

Internet merupakan sebuah jaringan yang memiliki jangkauan tidak terbatas serta dapat digunakan kapanpun sehingga terciptanya platform berupa browser. Produk tersebut berfungsi untuk mempermudah masyarakat dalam mencari informasi dan menuangkan ide kreatif mereka.

Saat ini bahkan menjadi pengguna browser bisa menumbuhkan penghasilkan secara signifikan melalui karya tulis berupa website ataupun blog. Hal ini karena user sudah tidak dapat dipisahkan dengan teknologi, terutama yang berhubungan dengan pencarian informasi serta hiburan.


2. Marketplace

Istilah tersebut beberapa waktu terakhir terus melambung. Bahkan di Indonesia sudah memiliki beberapa marketplace yang menjadi pusat berkumpulnya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi dengan mudah. Caranya cukup memiliki perangkat baik HP/ PC serta terhubung dengan internet.

Sederhananya, marketplace merupakan sebuah pasar, namun berbasis virtual. Sebab, penjual dan pembelinya hanya berhubungan melalui media digital berupa kolom komentar maupun chat pribadi. Proses pembayaran dan pengantarannya pun akan memerlukan keberadaan sebuah platform.

3. Seluler

Perkembangan perangkat seluler dari masa ke masa tetap melibatkan hardware dan software. Dengan tingkat kecanggihan yang semakin tinggi dan berbagai keunggulannya, maka tentunya membutuhkan kehadiran platform. Bentuknya sendiri saat ini terbagi menjadi dua, yaitu online dan offline.

Meski sudah tersedia banyak platform dengan basis online, namun kehadiran jenis offline masih menjadi pilihan banyak orang karena tidak setiap waktu tersedia jaringan internet. Sebab, tidak semua daerah terdapat pemancar, terutama yang masih memiliki hutan lebat.


4. Standar Platform

Jenis ini merupakan sebuah sistem yang sesuai dengan standar khusus. Dengan begitu, memungkinkan untuk dikembangkan menjadi lebih baik untuk memenuhi kebutuhan para user. Setiap platform yang tercipta tentu memiliki program tertentu serta keunggulan dan kelebihan sebagai pemenuh kebutuhan.

Sebuah Standar Platform bisa disebut sebagai otak perangkat. Jika tanpanya, maka perangkat tidak dapat menjalankan fungsinya, contohnya adalah OS (Operating System). Dengan adanya software tersebut memungkinkan untuk manager atau pemilik membeli aplikasi dan perangkat keras yang sesuai.

5. Digital

Dunia modern sangat berkaitan erat dengan adanya sekumpulan platform digital berupa aplikasi yang menyediakan beberapa fungsi khusus, seperti media sosial, tempat berkirim surat, membuat sebuah konten, serta bertukar informasi. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat khusus.

Fungsi dari platform digital sendiri cukup banyak, yaitu mempermudah serta mempercepat pekerjaan dalam beberapa bidang dan melakukan kegiatan promosi. Oleh sebab itu, dunia modern ini bisa membuka banyak peluang usaha serta teknik untuk bersaing.


Penutup

Ulasan tersebut ditulis untuk menjawab terkait platform serta jenis-jenisnya yang berkembang saat ini. Dunia modern membuat manusia semakin tidak dapat terpisahkan dari perangkat berbasis digital. Salah satu alasannya yaitu untuk menunjang kegiatan setiap hari berupa pertukaran informasi serta sosialisasi.

Belum ada Komentar untuk "Platform Adalah? Berikut Pengertian dan Jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel