Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Bisnis Plan Digital Marketing dan Jenis-jenisnya

Contoh Bisnis Plan Digital Marketing dan Jenis-jenisnya

Perkembangan industri 4.0 menjadi peluang besar untuk para pelaku usaha agar bisa menjalankan bisnisnya lebih mudah dengan dukungan internet. Namun, sebelumnya penting bagi Anda untuk mengetahui terkait contoh bisnis plan digital marketing supaya nantinya Anda bisa menyusunnya dengan baik.

Contoh Bisnis Plan Digital Marketing yang Efektif Meningkatkan Peminat

Business plan sendiri merupakan dokumen tertulis yang menggambarkan suatu bisnis secara detail. Hal ini bertujuan untuk mencantumkan target yang ingin diraih, baik perusahaan ataupun individu. Agar dapat mencapai hasil sesuai dengan target, maka prosesnya tidak boleh tergesa-gesa. Untuk itu, berikut ini adalah tahapan yang harus Anda lakukan:

1. Menentukan Target Audience Berdasarkan Peminatan

Sebelum menjalankan bisnis, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan target audience. Caranya yaitu dengan menganalisis keadaan geografis, usia, dan cara pengemasan konten yang banyak disukai. Tujuannya adalah untuk mengefektifkan kinerja selanjutnya.


Mengetahui target audience merupakan cara jitu supaya iklan atau konten, baik itu berupa video ataupun tulisan, bisa memiliki banyak peminat. Sebagai contoh, Anda akan membuat sebuah website yang berisi tentang dunia pertanian serta edukasi, maka pembacanya adalah para remaja dan petani.

2. Membangun Website Sesuai dengan Karakter Konten

Setelah target audience ditentukan, maka langkah selanjutnya adalah membangun sebuah website yang kemungkinan besar bisa diterima oleh user. Cara pembentukan serta pembawaan di dalamnya harus menyesuaikan agar pengunjung lebih mudah menerima dan tidak bosan.

Website merupakan wadah bagi konten, sehingga user dengan mudah melihat produk yang Anda pasarkan. Contohnya, jika judul website Anda tentang pertanian, maka pembahasannya harus sinkron. Hal itu bisa berkaitan dengan tata cara, teknik, hasil, dan media.

3. Content Marketing

Saat akan membuat konten, Anda perlu mempertimbangkan cara pengemasan, memadukannya dengan kreativitas serta inovasi baru, memilih media yang efektif, dan menjadikannya agar mudah diterima oleh target audience. Misalnya untuk video Youtube pertanian, maka bisa bertemakan seperti ensiklopedia.


Pengemasannya usahakan interaktif, bisa menggunakan animasi bergerak dan video beserta penjelasan secara detail. Ada banyak fungsi dari setiap konten yang Anda buat, mulai dari meningkatkan brand awareness hingga meningkatkan optimasi SEO, baik dari Youtube maupun website.

4. Merencanakan Sosial Media Marketing Sesuai Target Market

Contoh bisnis plan digital marketing selanjutnya adalah Anda harus merancang cara promosi akun. Media sosial merupakan salah satu platform yang saat ini memiliki pengaruh besar bagi masyarakat. Produk tersebut menjadi tempat untuk berbagai kegiatan, mulai dari pemasaran maupun sosialisasi.

Saat pemilihannya, usahakan melakukan survey terlebih dahulu untuk menentukan media sosial apa yang cocok untuk branding konten. Anda harus memiliki strategi, mulai dari cara mendapatkan follower, melakukan interaksi, membangun kepercayaan, dan meningkatkan progres sesuai target.

5. Optimasi SEO untuk Meningkatkan Rating

Search Engine Optimization (SEO) dapat menjadi indikator terkait banyak atau sedikitnya pengunjung website Anda. Jika progresnya baik, maka konten Anda bisa berada di halaman pertama Google. Tentunya, hal tersebut ditentukan oleh algoritma Google itu sendiri yang bisa berubah sewaktu-waktu.


Terkait SEO terdapat dua optimasi yang bisa Anda lakukan, yaitu on page (dari dalam website) dan off page (menggunakan penunjang dari luar). Beberapa pemilik website saat ini memilih jasa backlink permanen untuk meningkatkan peringkat websitenya di mesin pencari Google agar bisa menumbuhkan traffic.

6. Penerbitan Iklan Melalui Bantuan Google Ads

Penerbitan iklan terbukti efektif untuk menarik minat target audience sehingga bisa meningkatkan pengunjung secara signifikan. Sebelumnya, penting bagi Anda untuk menentukan desain yang tepat, mulai dari pemilihan warna, jenis tulisan, layout, dan kelengkapan lain seperti ornamen tambahan.

Poin paling penting dalam penerbitan iklan adalah membuat konten yang memukau sehingga dapat menarik perhatian khalayak, misalnya menggunakan tambahan animasi berupa maskot resmi maupun katalog produk terbaru. Anda bisa melakukan promosi tersebut melalui Instagram Ads, Facebook Ads, dan Youtube Ads.

Penutup

Demikian penjelasan terkait contoh bisnis plan digital marketing yang perlu Anda ketahui. Dengan begitu, Anda bisa membuat rancangan bisnis dengan tepat. Hasilnya, usaha Anda tersebut pun dapat berjalan dengan baik.