Marketing 4.0! Mengapa Sangat Penting?

Marketing 4.0! Mengapa Sangat Penting?

Dewasa ini, dunia bisnis semakin berkembang sangat pesat. Bila dulu kebanyakan masyarakat mengetahui marketing 1.0 yang hanya berfokus kepada penjualan suatu produk saja. Namun, kini ada inovasi lebih baru lagi yaitu marketing 4.0 yang pastinya akan jauh lebih akurat.

Apa Itu Marketing 4.0?

Marketing 4.0 adalah salah satu pendekatan pemasaran yang memadukan interaksi secara online dan juga offline. Hal tersebut terjadi antara pihak perusahaan dengan pelanggan. Dalam dunia bisnis saat ini, pelaku bisnis tak cukup jika hanya mengembangkan online saja.

Namun, pelaku bisnis juga harus membentuk pemasaran secara offline. Hal tersebut bertujuan agar dapat memastikan bahwa pelanggan mendapatkan pelayanan yang memuaskan dari suatu produk maupun jasa yang telah Anda tawarkan kepada mereka. Dalam dunia marketing 4.0, pasar online dan offline justru memiliki perannya masing-masing.

Jadi, bukan berarti semakin canggihnya teknologi sehingga pemasaran pun juga harus online. Justru, dalam marketing 4.0 ini semuanya memiliki peran masing-masing guna melengkapi strategi yang ada, apalagi adanya penggabungan antara style dengan substance.


Perbedaan dari Marketing 1.0 Hingga 4.0

Sebagaimana yang telah Anda ketahui bahwa pada era yang semakin canggih ini semuanya dilakukan secara online. Hal ini juga berlaku pada dunia bisnis, seperti halnya pada marketing 4.0 yang akhir-akhir ini seringkali diperbincangkan karena sangat berdampak bagi kemajuan suatu usaha bisnis.

Namun, apa bedanya marketing 4.0 dengan marketing sebelumnya? Di era marketing 1.0, para pelaku bisnis hanya berfokus pada produk yang mereka jual tanpa memikirkan apa yang sebenarnya konsumen butuhkan. Sedangkan marketing 2.0, fokusnya pada pihak konsumen. Pada era tersebut, pihak pelaku usaha memulai untuk dapat memikat hati konsumen.

Marketing 3.0, pengusahanya berfokus pada manusia jadi tidak hanya ke produk saja, seperti memerhatikan visi, misi serta value. Sedangkan marketing 4.0 ini menggabungkan kedekatan kepada customer dengan kecanggihan teknologi secara bersamaan.


Pentingnya Memahami Big Data Analisis dalam Dunia Marketing 4.0

Big data ini merupakan suatu kumpulan informasi yang telah terstruktur secara baik sehingga mudah untuk diakses. Analisanya juga berguna sebagai proses pengambilan keputusan. Di dalam big data analisis ini terdapat 5 dimensi data meliputi volume, variety, velocity, variability, dan complexity. Dari kelima dimensi tersebut, Anda bisa mendapatkannya dari berbagai sumber dan gratis di internet.

Jadi, fungsinya sendiri ialah untuk meningkatkan penilaian para pelanggan, menganalisa operasi agar lebih fokus pada data mesin dan juga modernisasi dari gudang data. Seiring dengan berkembangnya teknologi, kini marketing semakin lebih maju, apalagi pada marketing 4.0 yang berfokus pada strategi secara online dan offline yang bertujuan untuk dapat meningkatkan customer engagement.

Bagaimana Cara Menerapkan Marketing 4.0 dengan Efektif?

Sesuai dengan buku milik Philip Kotler, Iwan Setiawan, dan Hermawan Kartajaya, cara untuk menerapkan marketing 4.0 secara efektif bisa saja dilakukan dengan sederhana. Dengan mempelajarinya, maka Anda pun bisa bersaing secara sehat dalam dunia digital ini. Lantas, bagaimana cara menerapkan marketing 4.0 dengan efektif?


1. Menggunakan Media Pemasaran

Salah satu tips yang bisa Anda lakukan ialah menggunakan media pemasaran. Dengan banyaknya media yang bertujuan untuk keperluan pemasaran ini bisa memberikan pengalaman baik kepada para customer, sehingga mereka akan lebih mengenal serta mengakses informasi terkait produk maupun jasa yang pelaku bisnis jual.

Oleh karena itu, pakailah media secara online atau bahkan offline. Hal tersebut merupakan bagian dari strategi marketing 4.0, yaitu dengan menggunakan integrasi antara style dengan substance. Jadi, Anda tidak hanya berfokus pada branding bagus saja, tetapi juga mampu menawarkan konten yang sesuai.

2. Menerapkan Antropologi Digital

Dalam poin satu ini, Anda akan berfokus pada marketing 4.0 yang telah menggabungkan beberapa strategi, seperti halnya memerhatikan customer secara manusiawi serta kecanggihan dari teknologi masa kini yang terus berkembang. Aspek antropologi digital ini merupakan teknologi yang mampu berinteraksi secara aktif/antar muka digital.

Dalam proses antropologi digital ini akan memperlihatkan reaksi konsumen dalam konteks teknologi, dan bagaimana teknologi tersebut digunakan secara efektif agar mampu memberikan interaksi antara yang satu dengan yang lainnya.


Penutup

Itulah penjelasan secara mendalam terkait marketing 4.0 beserta dengan cara untuk menerapkannya secara efektif. Dengan adanya strategi yang menggabungkan antara sistem online dengan offline, maka pemasaran yang kita lakukan akan semakin menjadi lebih maju dan terdepan.

Belum ada Komentar untuk "Marketing 4.0! Mengapa Sangat Penting?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel