Penerimaan Polri dan Ulasan Menarik Lainnya

Penerimaan Polri dan Ulasan Menarik Lainnya

Sebagai salah satu pekerjaan yang paling banyak peminatnya, kini untuk menjadi seorang Polisi membutuhkan banyak upaya dan usaha yang keras. Sama seperti ketika Anda hendak melamar pekerjaan lainnya. Tidak heran, jika ada penerimaan POLRI maka pasti akan kebanjiran pendaftar.

Apa Itu Penerimaan POLRI?

Salah satu hal yang perlu Anda siapkan untuk mendaftarkan diri menjadi seorang Polisi ialah memenuhi persyaratan yang telah tersedia dalam link resmi penerimaan POLRI. Dalam situs tersebut, segala macam informasi sudah tertera secara lengkap. Jadi, cukup ikuti saja proses pendaftarannya.

Namun, seringkali situs resmi tersebut mengalami down atau error karena banyaknya calon POLRI yang ikut mendaftar atau mengakses lamannya. Tapi, tenang saja karena ada beberapa link khusus yang biasanya banyak beredar di internet.

Berbicara mengenai penerimaan POLRI, sebenarnya ada jenis seleksinya tersendiri, seperti SIPSS, AKPOL, Bintara, dan juga Tamtama. Namun, jenis seleksi yang lebih dahulu dibuka ialah SIPSS, sedangkan seleksi lainnya akan terlaksana secara bersamaan. Untuk mengetahui informasinya, Anda perlu mencari referensi pada tahun sebelumnya.


Berbagai Macam Penerimaan POLRI

Setelah mengetahui informasi penerimaan POLRI beserta dengan jenis seleksinya, kini saatnya Anda perlu mengenali macam penerimaan calon POLRI. Jadi, sebelum mendaftar ada baiknya memerhatikan jenis serta syarat yang harus dipersiapkan agar lolos seleksi pertama/pemberkasan. Berikut ini adalah macam-macam penerimaan POLRI yang dimaksud:

1. SIPSS (Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana)

SIPSS adalah sebuah lembaga yang khusus mencetak calon Perwira POLRI yang bersumber dari sarjana. Lembaga ini merupakan salah satu unsur yang harus Anda laksanakan untuk menempuh pendidikan Perwira POLRI. Persyaratan umum yang perlu Anda siapkan ialah WNI, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia kepada NKRI, siap mengamalkan pancasila serta UUD 1945, usia mendaftar minimal 18 tahun dan maksimal 28 tahun, sehat jasmani dan rohani, bebas narkotika, berperilaku baik, kepribadian jujur, dan siap bertugas di seluruh wilayah NKRI.


2. AKPOL (Akademi Kepolisian)

Selanjutnya ada pendaftaran AKPOL yang juga diminati oleh banyak orang, terutama laki-laki. Berbeda dengan SIPSS, AKPOL mencetak Perwira POLRI dengan menempuh pendidikan paling tidak selama 4 tahun dengan menyandang pangkat Inspektur Polisi Dua. Mengenai persyaratan umumnya kurang lebih sama seperti saat mendaftar SIPSS. Namun, AKPOL menerima pendaftar yang bersumber dari lulusan SMA, baik IPA ataupun IPS.

4. Bintara

Menurut wikipedia, Bintara adalah golongan pangkat ketentaraan dan kepolisian yang lebih rendah dari Letnan Dua/Inspektur Polisi Dua dan lebih tinggi dari Kopral/Ajun Brigadir Polisi. Bintara merupakan tulang punggun kesatuan di militer yang berperan sebagai penghubung antara Perwira dengan Tamtama atau sebaliknya dalam segi operasional. Untuk syarat menjadi Bintara umumnya sama seperti jenis POLRI lainnya, yaitu berusia minimal 18 tahun, pendidikan terakhir SMA/sederajat dengan nilai ijazah minimal 65,00, kemudian tak pernah terpidana karena melakukan tindak kejahatan tertentu, melampirkan SKCK, dan memiliki kepribadian yang jujur.


4. Tamtama

Kemudian ada Tamtama yang merupakan golongan pangkat paling rendah dari ketentaraan maupun kepolisian, seperti halnya menjadi Prajurit Dua, Bhayangkara Dua, Kelasi Dua hingga Kopral Kepala atau Ajun Brigadir Polisi. Sedangkan untuk persyaratan umumnya sama seperti mendaftar SIPSS, AKPOL, dan Bintara. Secara khusus, syarat yang harus Anda penuhi di sini ialah berijazah paling rendah SMU/sederajat, minimal berusia 18 tahun saat akan dilantik menjadi bagian dari anggota POLRI, sehat jasmani dan rohani, tak pernah terpidana karena tindak kejahatan, berwibawa, dan lulus pendidikan/pelatihan.

Mendaftar Menjadi Bagian dari POLRI

Sebelum mendaftar menjadi bagian dari POLRI, Anda harus memenuhi syarat dan juga mengetahui jadwal dari pendaftaran POLRI pada tahun yang berkaitan. Hal itu sangatlah penting karena masih harus mempersiapkan berbagai macam dokumen yang dibutuhkan.

Berbicara mengenai syarat untuk menjadi anggota POLRI, bagi lulusan SMA tahun 2016 s.d. 2019 nilai rata-rata ujian nasional minimal harus 60,00, sedangkan untuk tahun 2020 akan ditentukan kemudian. Sementara itu, bagi yang lulusan D-III harus mempunyai IPK minimal 2,75 dan telah terakreditasi, S1 pun juga sama.


Untuk tinggi badan, bagi calon pendaftar perempuan minimal tinggi badan yang harus dipenuhi ialah 163 cm, sedangkan pendaftar laki-laki 165 cm. Setelah mengetahui beberapa persyaratannya, kami ingatkan kepada Anda agar jangan lupa untuk daftar di situs resmi penerimaan POLRI.

Penutup

Demikian penjelasan secara mendalam terkait penerimaan POLRI beserta dengan persyaratan umum yang harus peserta penuhi agar lolos ke seleksi selanjutnya. Semoga artikel di atas dapat membantu Anda terkait pendaftaran anggota POLRI.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel