Pengertian Email Marketing dan Beberapa Strateginya

Pengertian Email Marketing dan Beberapa Strateginya

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, termasuk dalam dunia bisnis. Kini, metode untuk memasarkan hingga menerima pesanan dari konsumen/pelanggan semuanya dapat dilakukan secara online. Salah satu upaya yang sering pelaku usaha gunakan ialah email marketing.

Apa Itu Email Marketing?

Sesuai dengan namanya, email marketing ini berkaitan erat dengan surel yang biasanya banyak pelaku bisnis gunakan untuk berkirim pesan. Namun, email ini bukanlah spam maupun kiriman dari rekan pada umumnya, seperti saat Anda mengirim pesan untuk bersenang-senang bersama teman.

Namun, email marketing ini bisa membantu para pelaku usaha dalam membangun sebuah relasi dengan customer/pelanggannya apabila dimanfaatkan dengan baik dan benar. Maka dari itu, tidak heran jika email marketing ini sangatlah penting bagi bisnis di era seperti sekarang.

Dalam tujuan untuk membangun hubungan jangka panjang dengan para customer, menggunakan email marketing adalah salah satu teknik yang paling tepat untuk Anda lakukan. Hal tersebut dapat digunakan untuk merebut hati pelanggan serta membuat mereka setia. Setelahnya, konsumen akan mudah menantikan email terkait produk terbaru.


Beberapa Strategi Email Marketing

Mengingat di era yang kian canggih seperti saat ini, semakin banyak pula masyarakat yang menggunakan email sebagai salah satu bahan komunikasi atau bahkan mendapatkan relasi bisnis. Ada juga pelanggan yang langsung membeli produk karena email. Lalu bagaimana strateginya?

1. Mengidentifikasikan Target Penerima Email Secara Tepat

Tips dan trik pertama yang bisa Anda lakukan saat hendak mengirim email marketing ialah mengenali maupun mengidentifikasikan target penerima email tersebut terlebih dahulu dengan cara yang tepat. Dengan begitu, maka akan mengetahui beberapa masalah yang sedang mereka hadapi.

Setelah mengetahuinya, tawarkan solusi yang tepat kepada mereka melalui konten email yang sudah Anda buat. Untuk dapat mengenali target email, lakukanlah survey sederhana melalui email. Lalu, ketahuilah apa saja yang target harapkan atas suatu produk maupun jasa yang pelaku usaha miliki.


2. Melakukan Segmentasi kepada Target/Penerima Email 

Tips selanjutnya, Anda harus melakukan segmentasi target/penerima email yang sudah dimiliki. Caranya cukup mudah, yaitu buatlah konten, judul hingga isi email sesuai dengan yang mereka butuhkan saat itu. Selain itu, Anda juga dapat melakukan segmentasi yang sesuai pada status customer.

Tidak hanya itu saja, Anda bisa melakukan segmentasi sesuai dengan perilaku customer, jenis jasa maupun produk yang mereka minati dan lokasi geografisnya. Dengan memerhatikan beberapa segmentasi tersebut, pelaku/pengirim email bisa lebih tepat mengirim isi konten kepada penerima email.

3. Pastikan Email yang Telah Anda Kirim Tidak Masuk Folder Spam

Bila sudah melakukan pengiriman email, ada satu hal yang harus Anda perhatikan yaitu pastikan email tersebut tidak masuk ke dalam folder spam. Hal tersebut akan membuat pihak penerima email tak akan pernah membuka pesan tersebut. Cara agar email tidak masuk spam cukup mudah.

Pastikan email yang telah menjadi target sudah mendapat persetujuan dari pemiliknya (memberi daftar email lewat penyedia berbayar). Pastikan juga memperoleh email dengan cara yang baik (menyediakan menu subscribe di website). Kemudian kirimkan email menggunakan alamat IP address yang belum terpakai dan yang terakhir mengirim email memakai domain.


4. Memerhatikan Penulisan Judul dan Buatlah Semenarik Mungkin

Belajar dari pengalaman diri sendiri, Anda pasti akan tertarik pada sebuah konten melalui judulnya, bukan? Jadikan teknik seperti ini sebagai strategi mengirim email marketing, jika di detik pertama customer tertarik pada email yang bersangkutan maka sudah pasti akan membaca seluruhnya. Untuk membuat judul serta kalimat pertama yang menarik sebenarnya cukup mudah, yaitu buatlah judul semenarik mungkin yang mampu membangkitkan rasa penasaran bagi pembaca (gunakan kalimat tanya), jangan pakai kosa kata yang sulit dimengerti orang, dan juga menggunakan angka statistik agar pembaca penasaran.

Penutup

Itulah penjelasan secara lengkap mengenai email marketing beserta dengan strategi yang harus Anda lakukan dan praktikkan ketika hendak membuat email tersebut. Tujuannya agar customer yang membacanya penasaran sehingga akan tercipta kerja sama yang erat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel