Studi Kelayakan Bisnis: Manfaat dan Aspek di Dalamnya

Studi Kelayakan Bisnis: Manfaat dan Aspek di Dalamnya

Studi kelayakan bisnis merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menentukan apakah suatu usaha layak untuk dijalankan atau tidak. Hal ini meliputi penentuan tujuan, peluang, proses mengidentifikasi masalah, menggambarkan situasi, menilai beragam manfaat, dan mencari solusi.

Manfaat Studi Kelayakan Bisnis

Saat merintis suatu usaha, seorang pebisnis harus melakukan studi kelayakan terlebih dahulu untuk menunjang keberhasilan. Terdapat beberapa jenis metodenya, salah satunya adalah menggunakan analisis SWOT yang berisi strength, weakness, opportunities, dan threats. Berikut manfaatnya:

1. Mempermudah Perencanaan Bisnis

Dengan melakukan analisis kelayakan usaha, maka Anda akan mengetahui keunggulan dan kelemahan dari produk. Hal tersebut juga bisa mempermudah proses perbaikan agar memiliki banyak peminat. Namun, sebelumnya usahakan untuk menggunakan metode yang sesuai dengan kebutuhan dan yang paling memudahkan.


Sebab, hal tersebut memiliki pengaruh besar guna menganalisis cara pemasaran, target audience, dan tempat untuk menjual produk, baik berupa layanan maupun barang. Berkat perencanaan ini, maka Anda bisa mendapatkan rancangan berupa konsep kegiatan dan konten sehingga lebih matang.

2. Memperkecil Resiko Kerugian

Saat menjalankan bisnis, resiko kegagalan tentu mungkin saja terjadi, apakah itu dalam tingkatan berat maupun ringan. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan studi kelayakan untuk memperkecil kemungkinan kegagalan karena sudah mengetahui kekurangan dari produk atau layanan tersebut.

Setelah mengetahui terkait kekurangan dari produk, pelaku usaha dapat memperbaikinya agar diterima oleh khalayak luas. Biasanya, perusahaan besar akan menggunakan jasa review untuk mengetahui respon dari target market.

3. Melancarkan Pelaksanaan Bisnis

Melalui tahap studi kelayakan bisnis, seorang pelaku usaha akan mudah memilih mana rencana yang sesuai dan mana yang tidak. Keuntungannya adalah si pelaku usaha bisa membuat kinerja yang tepat sasaran. Jika sudah memperoleh hasil, maka tahap selanjutnya adalah melakukan evaluasi guna memprediksi cara yang tepat.


Jika hal ini berhasil, maka kemungkinan besar usaha Anda bisa mengalami progres yang sangat baik. Namun, sebelumnya pastikan metode yang Anda gunakan tepat. Dampak lainnya adalah pelaksanaan bisnis mudah untuk direalisasikan sesuai perencanaan serta target yang sebelumnya sudah tersusun.

Beberapa Aspek Studi Kelayakan Bisnis

Pada dasarnya, aspek-aspek tersebut bersifat fleksibel sehingga dapat bertambah maupun berkurang sesuai kebutuhan. Meskipun demikian, terdapat hal inti yang harus ada untuk menunjang keberhasilan pemasaran suatu usaha. Berikut ini adalah beberapa alasannya:

1. Aspek Legalitas (Hukum)

Hal ini berkaitan dengan ketentuan hukum yang berlaku. Salah satu tujuannya adalah untuk menumbuhkan brand awareness dari para pelanggan. Poin-poin pentingnya mulai dari surat izin, NPWP, surat tanda terdaftar, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), dan sertifikasi halal.


2. Aspek Ekonomi dan Budaya

Studi kelayakan dalam hal ini bertugas untuk menganalisis bagaimana sebuah produk bisa mempengaruhi kebudayaan atau adat istiadat wilayah dari target market. Sedangkan dari segi ekonomi, yaitu berkaitan dengan perubahan taraf perekonomian pada khalayak.

3. Aspek Keuangan

Sebelum membangun sebuah bisnis, modal merupakan hal utama yang perlu Anda persiapkan sesuai dengan layanan atau produk yang ingin dipasarkan. Tujuannya agar dapat memprediksi pengeluaran, sehingga Anda bisa menentukan harga jual supaya tidak mengalami kerugian.

4. Aspek Manajemen

Manajemen dalam menjalankan usaha menjadi hal penting, sebab berkaitan erat dengan operasional perusahaan, baik dari segi pembangunan maupun pengembangan. Agar mempermudah dalam melakukan analisis, Anda bisa memanfaatkan aplikasi khusus yang ada di toko software.


5. Aspek Pasar dan Pemasaran

Aspek satu ini terbilang sulit untuk disusun karena harus mengetahui terlebih dahulu, mulai dari usia target market, trend yang sedang booming, segmentasi, dan kebudayaan pada wilayahnya. Poin paling penting adalah penentuan terkait persaingan industri tersebut.

6. Aspek Penentuan Media

Media saat ini menjadi faktor penunjang keberhasilan dari sebuah usaha. Sebab, Anda bisa melakukan pendekatan dengan mudah kepada para calon konsumen. Hal ini untuk mengukur sebuah peluang agar nantinya dapat berkembang pesat dan memiliki banyak peminat.

Penutup

Demikian penjelasan terkait studi kelayakan bisnis. Semoga informasi ini dapat menunjang kemajuan usaha Anda. Dengan memahami konsep tersebut, maka Anda akan mengerti terkait strategi yang tepat agar mendapatkan progres yang baik.

Belum ada Komentar untuk "Studi Kelayakan Bisnis: Manfaat dan Aspek di Dalamnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel