Surat Pengunduran Diri dari Beberapa Instansi

Surat Pengunduran Diri dari Beberapa Instansi

Setiap orang pastilah memiliki impian untuk bisa bekerja di perusahaan terbaik. Namun, tidak sedikit juga beberapa orang yang terpaksa harus bekerja pada tempat yang tidak sesuai dengan ekspektasinya. Oleh karena itulah, Anda memerlukan yang namanya surat pengunduran diri.

Hal yang Harus Anda Perhatikan dalam Surat Pengunduran Diri

Mengundurkan diri dari perusahaan tempat Anda bekerja tidaklah mudah. Meskipun akan berpisah, hubungan baik tetap harus terjaga. Ingat, nama baik akan selalu menjadi hal yang paling penting untuk selalu dijaga demi mempertahankan koneksi dalam dunia pekerjaan. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat surat pengunduran diri:

1. Memilki Tujuan yang Logis

Salah satu hal yang patut untuk Anda perhatikan pertama kali saat membuat surat pengunduran diri ialah surat tersebut memiliki alasan yang logis. Jelaskan alasan mengapa mengundurkan diri dari perusahaan/instansi terkait secara singkat, padat, dan jelas.

Anda tak perlu menuliskan alasan secara berbelit-belit karena pihak yang akan membaca surat tersebut hanya akan memerhatikan intinya saja bukan hendak membaca rencana hidup Anda selama beberapa tahun ke depan. Jadi, buatlah surat tersebut menjadi lebih rapi dan alasannya jelas.


2. Memilih Kata-kata yang Sopan

Kemudian, pilihlah kata-kata yang sopan saat menulis surat pengunduran diri. Rangkailah kata yang terdengar sopan serta penuh dengan rasa hormat. Bukan berarti meninggalkan perusahaan/instansi tersebut Anda bisa bebas berbicara sesuka hati tanpa memikirkan sopan atau tidaknya.

Ingatlah bahwa koneksi dalam dunia kerja itu sangatlah penting, jadi jagalah sebaik mungkin nama baik Anda. Dengan begitu, hal tersebut bisa menjadi batu loncatan masa depan ketika hendak melamar pekerjaan baru di tempat lain.

3. Melampirkan Identitas Diri

Jangan lupa juga untuk menyertakan identitas saat membuat surat pengunduran diri dari suatu perusahaan atau instansi terkait, seperti nama lengkap, alamat asli, dan jabatan yang Anda miliki ketika masih bekerja di sana. Semua itu wajib dilampirkan oleh setiap karyawan.


Menyertakan identitas saat membuat surat pengunduran diri ini bukan tanpa alasan dan tujuan. Fungsi dari mencantumkan identitas ini ialah sebagai data perusahaan/instansi serta informasi yang lebih lengkap. Dengan begitu, pihak perusahaan bisa menyimpan data karyawan yang undur diri.

4. Mengucapkan Terimakasih dan Mohon Maaf

Setelah itu, jangan lupa untuk menyertakan kalimat terima kasih ketika membuat surat pengunduran diri. Tepat pada paragraf kedua setelah menulis alasan mengapa undur diri, Anda cantumkan kata terimakasih karena telah memberikan kesempatan untuk bekerja di sana dan memberikan banyak pengalaman baik.

Kemudian, menyertakan ucapan mohon maaf yang sebesar-besarnya pada surat pengunduran diri. Cantumkan kalimat mohon maaf jika masih ada beberapa pekerjaan yang hingga saat ini tidak Anda laksanakan secara baik dan selesai tepat waktu, juga sampaikan permohonan maaf bila ada kesalahan yang sengaja/tidak.


Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan

Setelah mengetahui beberapa poin yang harus Anda perhatikan ketika menulis surat pengunduran diri, kini saatnya untuk mengenali format dari surat tersebut. Dengan begitu, Anda tinggal melakukan copy paste, kemudian ubah informasi data diri tersebut sesuai dengan yang Anda punya.

Surat Pernyataan Pengunduran Diri

Surabaya, 01 Agustus 2019

Kepada
Yth. Pimpinan
PT. Kita Bersama
Surabaya

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Devi Ayu Prasticasari
Alamat: Perumahan Graha Mentari
Jabatan: Administrasi Perkantoran
Nomor ID: 756464646

Dengan adanya surat ini, saya selaku karyawan dari PT. Kita Bersama bertujuan untuk mengajukan permohonan undur diri dari jabatan administrasi perkantoran di perusahaan Bapak/Ibu terhitung mulai tanggal 01 Agustus 2019. Pengunduran diri ini saya buat karena kontrak kerja telah berakhir.

Sebelumnya, saya mengucapkan banyak terimakasih yang sebesar-besarnya karena Bapak/Ibu telah memberikan kesempatan untuk saya bisa belajar dan bekerja secara profesional. Tidak lupa juga, saya ucapkan banyak terimakasih karena telah membimbing dari awal hingga saat ini dengan sabar.

Terimakasih juga kepada rekan-rekan yang sudah berjuang secara bersama-sama untuk mencapai target perusahaan. Saya tidak akan melupakan hal tersebut dan akan tetap mengingatnya sampai kapan pun.

Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya karena tidak lagi menjadi karyawan dalam perusahaan yang Bapak/Ibu jalani dan juga mohon maaf jika selama bekerja di perusahaan Bapak/Ibu melakukan banyak sekali kesalahan, baik secara sengaja maupun tidak. Semoga perusahaan Bapak/Ibu dapat berjalan dengan lancar dan semakin berkembang lebih baik dari saat ini.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh rasa sadar serta tidak ada unsur paksaan dari pihak mana pun.

Hormat saya,

Devi Ayu Prasticasari


Penutup

Itulah beberapa penjelasan secara lengkap terkait surat pengunduran diri beserta dengan format atau contohnya. Meskipun sering disepelekan, sejatinya penulisan surat pengunduran diri ini sangat esensial bagi Anda yang ingin resign agar perusahaan tempat Anda bekerja mau menerima keputusan Anda dan tidak menimbulkan sesuatu yang tidak baik. Semoga informasi tersebut bermanfaat buat kita semua.

Belum ada Komentar untuk "Surat Pengunduran Diri dari Beberapa Instansi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel