6 Hal yang Harus Anda Perhatikan saat Pemasaran Produk Baru

6 Hal yang Harus Anda Perhatikan saat Pemasaran Produk Baru

Mengeluarkan sebuah produk baru di pasaran bukanlah hal mudah. Perlu menyiapkan strategi mengenai hal yang harus Anda perhatikan saat pemasaran produk baru. Semuanya harus berjalan dengan totalitas, tidak boleh setengah-setengah agar hasilnya juga maksimal sesuai dengan tujuan akhir. Untuk itu, buatlah strateginya dengan tepat!

1. Orientasi Pelanggan

Mengeluarkan produk baru artinya Anda juga harus siap dengan target pasar yang lebih luas. Itulah mengapa inovasi juga harus dibarengi dengan pertimbangan mengenai banyak hal, salah satunya perluasan market. Kalau bisa, dengan adanya produk baru tersebut membuat bisnis semakin dikenal.

Salah satu cara agar tidak salah menentukan target pasar adalah dengan melakukan riset. Anda bisa coba mengumpulkan informasi mulai dari usia, jenis kelamin, pendidikan, hobi, profesi, dan semacamnya. Cara lainnya bisa dengan menghubungi langsung ke beberapa audiens.

2. Bentuk Tim Pemasaran Khusus

Walaupun bisnis sedang di tahap merintis, namun tidak ada salahnya jika ingin menganut cara yang dipakai perusahaan besar. Setiap kali mereka mengeluarkan produk baru pasti akan langsung membentuk tim pemasaran khusus.

Usahakan dalam satu tim tersebut sudah ada beberapa bagian yang support pemasaran produk, misalnya ada desain grafis, konten kreator serta koordinator yang memantau dan bertanggungjawab penuh atas project tersebut. Dengan begitu, pemasaran akan sesuai dengan yang diinginkan.

3. Rencana Promosi

Menyampaikan produk ke lapisan masyarakat bukanlah perkara mudah. Riset saja sebenarnya tidak cukup untuk membuatnya langsung laris manis di pasaran. Harus ada rencana promosi yang berkolaborasi dengan baik agar mencapai tujuan yang pengguna harapkan.

Promosi yang tepat adalah Anda bisa menentukan timing untuk eksekusi produk di pasaran secara menyeluruh. Intinya, harus ada kecocokan antara permintaan dan kebutuhan pasar terhadap produk tersebut. Dengan begitu, maka antusiasme masyarakat akan menuai dampak positif.

4. Melakukan Analisis secara Menyeluruh

Setelah yakin terhadap rencana promosi, sekarang saatnya melakukan analisis secara menyeluruh karena kenyataannya saat di lapangan risiko kegagalan memang sering terjadi. Evaluasi dan analisis data secara tepat menjadi salah satu solusi agar tetap bisa melangkah maju.

Analisis strategi juga harus sesuai dengan ahlinya. Hal ini karena melihat minat masyarakat terhadap trend zaman sekarang juga bukan perkara mudah. Melihat baik-baik titik atau poin kesalahan agar ke depan tidak terjadi kegagalan serupa.

5. Cek Kompetitor 

Ketika ingin launching produk baru, usahakan sudah memastikan bahwa tidak ada kompetitor yang meniru bentuk atau value-nya. Hal ini penting untuk menjaga agar barang yang kita miliki punya ciri khas tersendiri dan tidak terlalu pasaran. Jika memang ada yang menyerupainya, maka buatlah nilai lebih yang tidak ada pada produk kompetitor.

Misalkan saja saat ini sedang hits baju Korea berbentuk lilac dan semuanya punya harga murah. Daripada bersaing di harga, lebih baik Anda unggulkan kualitasnya. Buat baju atau desainnya lebih berbeda, bisa saja dari segi bahan memang berbeda, atau sedikit modifikasi agar terlihat menarik daripada lainnya.

6. Pembuatan Slogan yang Berbeda

Produk baru tidak lengkap rasanya jika tidak ada slogan atau julukan khas yang menyertainya. Buatlah seunik mungkin agar mudah diingat oleh masyarakat luas. Lebih baik lagi jika Anda membuat konten semenarik mungkin agar punya daya tarik bagi pelanggan atau pengikut setia di media sosial Anda.

Penutup

Dari keenam poin di atas, pastinya Anda sudah bisa merancang ide promosi brilian untuk memasarkan produk baru. Namun, jangan terlalu terpaku ke hal ini saja sedangkan kualitas produk terabaikan begitu saja. Padahal, kalau kualitasnya bagus maka konsumen pun akan semakin puas.

Belum ada Komentar untuk "6 Hal yang Harus Anda Perhatikan saat Pemasaran Produk Baru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel