6 Hal yang Membuat Hidup Boros

6 Hal yang Membuat Hidup Boros

Sejauh ini perkembangan teknologi semakin canggih, begitu pula kebutuhan manusia yang semakin berubah dan berkembang. Ada beberapa hal yang membuat hidup boros dan menimbulkan banyak hutang di mana-mana hanya demi menuruti hasrat sesaat. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara meminimalisir hidup boros.

Beberapa Hal yang Membuat Hidup Boros

Setiap orang pastilah mempunyai gaya hidup dan kebutuhannya masing-masing, termasuk dalam pengelolaan keuangan tiap bulannya. Hampir seluruh gaya hidup yang mereka lakukan semuanya dapat memengaruhi kondisi keuangan. Hal tersebut terkadang menyebabkan tingginya tingkat pengeluaran.

1. Terlalu Banyak Nongkrong Bersama Teman

Salah satu hal yang seringkali membuat Anda boros yaitu terlalu banyak nongkrong bersama teman. Memang kegiatan nongkrong bersama teman sangat menyenangkan, namun ada baiknya tidak dilakukan terlalu sering. Tidak mungkin hanya nongkrong saja, pasti juga harus mengeluarkan uang.

Rutinitas yang seperti ini terkadang banyak terjadi dan dilakukan oleh kaum remaja. Mereka suka nongkrong bersama temannya, baik itu di cafe atau tempat tongkrongan lainnya. Tahukah Anda bahwa hal tersebut justru membuat hidup semakin boros.

2. Sering Membeli Makanan di Luar

Kemudian, hal yang sudah terbukti dapat membuat hidup boros adalah dengan seringnya membeli makanan di luar. Mungkin sebagian orang merasa bosan dengan makanan di rumah, sehingga mereka lebih memilih membelinya di luar. Namun, ada baiknya tidak melakukannya dengan sering.

Hal tersebut justru akan membuat hidup Anda jauh lebih boros. Biasanya, hal seperti ini selalu terjadi pada seorang mahasiswa atau pekerja kantoran. Bila sampai hal ini terjadi hampir setiap hari, coba hitung akumulasi pengeluaran tiap bulannya. Uang untuk menabung justru habis duluan.

3. Sering Menggunakan Transportasi Online

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, kini dengan hadirnya layanan transportasi online membuat kebutuhan setiap orang menjadi lebih tercukupi. Mereka tidak perlu repot untuk menunggu transportasi umum di halte karena hanya dengan pesan melalui aplikasi.

Transportasi umum saat ini semakin banyak diminati, terlebih lagi tarif yang mereka tetapkan termasuk murah. Meskipun tarifnya tergolong standar, jika Anda menggunakan hampir setiap hari maka hal tersebut bisa menjadi salah satu tindakan yang memboroskan uang.

4. Kecanduan dengan Kartu Kredit

Dengan hadirnya kartu kredit saat ini membuat setiap orang menjadi lebih mudah mendapatkan apa yang mereka inginkan, seperti halnya berbelanja, makan di tempat mewah, bahkan membeli barang branded. Hanya dengan menggesek kartunya saja, maka keinginan Anda bisa langsung terpenuhi.

Namun, di balik itu semua ada kekurangannya. Penggunaan kartu kredit yang tidak terkontrol justru akan membuat hidup Anda semakin boros. Pembengkakan tagihan di kemudian hari akan terus menghantui akibat dari menggunakan kartunya untuk hal yang seharusnya tidak perlu.

5. Memiliki Hobi Traveling

Kemudian, ada salah satu hal lain yang membuat hidup semakin boros yaitu memiliki hobi traveling. Memang hobi traveling ini selalu melekat di sebagian besar kalangan, baik kaum muda atau orang dewasa sekalipun. Namun, di balik itu semua ada uang yang harus rela mereka keluarkan.

Traveling itu memang menyenangkan, tetapi Anda juga pasti membutuhkan biaya untuk menunjang lancarnya perjalanan ke suatu tempat. Perlu diketahui bahwa traveling sendiri termasuk ke dalam kegiatan yang hampir tidak pernah mengenal yang namanya penghematan.

6. Suka Berbelanja di Mall

Pemborosan terakhir yang sampai saat ini masih menjadi rutinitas sebagian besar orang adalah suka berbelanja di mall. Tidak menutup kemungkinan jika masyarakat selalu suka berbelanja, terutama di tempat yang lengkap seperti di mall.

Namun, di balik semua itu pasti akan ada risiko yang harus mereka ambil. Berbelanja itu boleh saja, tapi tidak baik jika melakukannya terlalu sering. Ada kalanya Anda harus berhemat dan tidak menghamburkan uang, seperti berbelanja di mall misalnya. Lakukan satu atau dua kali saja dalam sebulan.

Penutup

Dari penjelasan mengenai beberapa hal yang membuat hidup boros di atas, kini Anda sudah mengetahui hal apa saja yang sekiranya dapat membuat kehidupan menjadi lebih boros. Dengan begitu, mulai saat ini juga cobalah untuk meredam hasrat untuk melakukan kegiatan di atas.

Belum ada Komentar untuk "6 Hal yang Membuat Hidup Boros"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel