Cara Mengumpulkan Modal Bisnis dengan Mudah

Cara Mengumpulkan Modal Bisnis dengan Mudah

Menjalankan suatu usaha bisnis tentu saja tidak boleh sembarangan. Bahkan, ada caranya untuk mengumpulkan modal bisnis dengan mudah yang bisa Anda ikuti langkahnya. Namun, di samping itu juga harus ada motivasi yang kuat untuk mengumpulkannya. Jika mudah tergoda dengan membeli barang lain, maka modal akan sulit terkumpul.

Beberapa Cara Mengumpulkan Modal Bisnis dengan Mudah

Dewasa ini, menjalankan usaha bisnis seakan terlihat mudah dijalani. Memang, semua orang dapat melakukannya, baik itu kalangan anak muda sampai dengan orang dewasa. Namun, semua itu butuh modal dan untuk mengumpulkannya harus memiliki dorongan yang kuat.

1. Memiliki Tabungan Pribadi

Salah satu poin penting yang harus Anda ketahui, bahwa modal tidak akan mudah terkumpul jika tidak memiliki tabungan sendiri. Hal ini juga termasuk ke dalam kategori cara yang paling mudah, bahkan untuk pebisnis pemula sekali pun. Paling tidak, tabunglah secara perlahan-lahan hingga pada akhirnya isi tabungan tersebut mencapai target yang diinginkan.

Anda bisa menyisihkan sebagian uang dari hasil gaji saat bekerja tiap bulannya. Tidak perlu banyak, sedikit tapi sering itu justru lebih bagus lagi. Dengan menggunakan tabungan milik sendiri, tentu saja memulai bisnis akan jauh lebih aman karena tidak perlu berhutang ke bank atau siapapun ketika hendak membuka usaha.

2. Menjual Sebagian Aset Berharga

Namun, jika memang Anda tidak bisa menunggu lama hanya dengan menabung karena alasan tidak ingin keduluan orang lain, Anda bisa juga mencoba untuk menjual sebagian aset berharga yang ada di rumah sebagai modal utama dalam membuka usaha, tapi usahakan pakai modal secara bijak. Aset berharga tersebut bisa meliputi perhiasan atau kendaraan pribadi. Jika memang ada tabungan yang jumlahnya tidak begitu banyak, Anda bisa menggabungkan tabungan tersebut dengan hasil penjualan aset tadi. Jadi, totalnya akan menjadi lebih besar.

3. Mengajukan Kredit ke Bank

Salah satu cara yang paling cepat dan bahkan sampai saat ini masih banyak dilakukan orang, yaitu dengan mengajukan pinjaman ke bank. Ada beberapa macam jenis kredit yang nantinya bisa Anda pilih, pihak bank akan menawarkan kredit yang pada umumnya tanpa agunan/jaminan.

Namun, pengajuan kredit tanpa agunan bunganya jauh lebih besar. Jadi, ada baiknya Anda memilih kredit yang jangka waktunya tidak lama karena supaya tidak tertekan dengan hutang. Sebelum memilih kredit bank, ketahui betul tentang bunga beserta dengan cicilan yang harus dibayar/tanggung.

4. Mendapatkan Modal dari Konsumen

Maksud dari mendapatkan modal dari konsumen ini, terkadang ada beberapa jenis usaha yang justru pendapatan/keuntungannya selalu dijadikan sebagai modal utama supaya usahanya bisa menjadi lebih baik lagi. Usaha tersebut seperti jasa sablon atau bahkan katering karena pembuatannya sesuai pesanan.

Nah, uang yang berasal dari pembayaran tersebut bisa Anda gunakan untuk membuat pesanan mereka, dan jika ada sisa maka bisa dijadikan modal. Untuk pembayaran di awal, Anda harus menentukan jumlahnya terlebih dahulu, baik itu setengah harga, full, atau hanya uang muka saja.

5. Mencari Rekan Bisnis

Jika merasa mengandalkan modal pribadi terlalu berat, Anda dapat mencari rekan bisnis supaya modalnya nanti bisa menjadi lebih besar dari sebelumnya. Ajaklah teman dekat yang mempunyai visi dan misi yang sama, sehingga usahanya dapat tumbuh secara maksimal.

Sebelum melakukan bisnis bersama rekan, pastikan Anda sudah menjelaskan rencana bisnis secara rinci dan detail, mulai dari strategi bisnisnya hingga pembagian keuntungannya. Bahkan, teman juga bisa menjadi partner untuk dapat mendiskusikan ide baru untuk usaha.

6. Meminjam Modal pada Orang Terdekat

Jika memang Anda lebih nyaman berhutang supaya modal bisa lebih cepat didapatkan, maka pinjamlah kepada orang terdekat saja, seperti orang tua sendiri, keluarga, dan rekan. Jelaskan semua rencana usaha mulai dari nol secara detail agar mereka percaya kepada Anda.

Jelaskan juga bahwa Anda akan segera mengembalikan uangnya, tepat ketika sudah mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan. Meskipun terbilang relatif lebih sederhana dan juga santai, hutang ini juga bisa menjadi suatu faktor pecahnya hubungan. Jadi, hati-hati jangan sampai kebablasan.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan secara rinci dari cara mengumpulkan modal bisnis dengan mudah. Jika memang Anda ingin mendapatkan modal yang relatif lebih cepat dan simpel, pinjamlah ke orang terpercaya atau ke pihak bank, namun pilih yang jangka waktunya lama supaya tidak berhutang lama.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengumpulkan Modal Bisnis dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel