Jenis-jenis Asuransi Ketenagakerjaan

Jenis-jenis Asuransi Ketenagakerjaan

Berbicara mengenai asuransi, pasti tidak akan jauh dengan kebutuhan masyarakat. Dengan mengetahui jenis-jenis asuransi ketenagakerjaan beserta manfaatnya, maka Anda bisa mendapatkan berbagai macam keuntungan, misalnya seperti jaminan kecelakaan kerja, asuransi di hari tua, dan lain-lain.

Jenis-jenis Asuransi Ketenagakerjaan

Pada umumnya, sebagai seorang pekerja atau karyawan harus memiliki asuransi. Untuk menunjang hal tersebut, kini telah hadir yang namanya BPJS Ketenagakerjaan. Pihak perusahaan akan mendaftarkan semua karyawannya agar mendapatkan asuransi tersebut. Berikut ulasan layanannya:

1. Layanan Asuransi Jiwa

Salah satu layanan yang terdapat pada BPJS Ketenagakerjaan, yaitu asuransi jiwa. Manfaat dari asuransi ini sangatlah penting karena memberikan manfaat ketika pihak pemegang polisnya sedang mengalami risiko tutup usia. Untuk seorang pekerja atau karyawan, terlebih kepala keluarga, harus memiliki asuransi ini.

Bagi seorang kepala keluarga, asuransi jiwa ini memang sangat penting. Itu karena bila ada risiko yang terjadi maka anggota dari karyawan tersebut bisa mendapatkan dana, sehingga dapat bermanfaat untuk menutup biaya kehidupan sehari-hari sementara waktu hingga bisa hidup mandiri.

2. Layanan Asuransi Kesehatan

Kemudian, ada layanan bernama asuransi kesehatan. Sesuai dengan namanya, asuransi ini akan bermanfaat bagi mereka yang tiba-tiba jatuh sakit. Mengingat bahwa sakit tidak bisa direncanakan, jadi manfaat dari asuransi ini akan sangat penting dan membantu ketika mendapatkan musibah.

Bagi karyawan, asuransi kesehatan ini seakan sangat penting untuk mereka miliki. Itu karena bisa membantu untuk mengurangi beban keuangan yang seharusnya mereka bayar. Bisa juga membantu untuk membayar anggota keluarga yang sedang sakit. BPJS Ketenagakerjaan tentu memiliki layanan ini.

3. Layanan Asuransi Kecelakaan

Mengingat setiap kecelakaan kerja tidak bisa Anda cegah, jadi layanan asuransi kecelakaan ini akan sangat berguna dan bermanfaat. Kecelakaan memiliki variasinya sendiri, bergantung pada tempat dan jenis dari pekerjaan. Ada yang mengalaminya saat bekerja di proyek, ada pula di bagian kantornya.

Terlepas dari setinggi apa pun risiko kecelakaan tersebut, sudah seharusnya seorang karyawan mempunyai perlindungan atas dirinya sendiri terhadap risiko kecelakaan dalam kerja. Di Indonesia, bentuk perlindungan yang seperti ini masih cukup minim, jadi Anda bisa ikut BPJS Ketenagakerjaan.

4. Layanan Asuransi Perjalanan

Kemudian, layanan yang terakhir dari program BPJS Ketenagakerjaan adalah asuransi perjalanan. Asuransi satu ini khusus bagi karyawan yang seringkali melakukan perjalanan bisnis/business trip, seperti seorang ahli geologi yang biasanya selalu keluar untuk mengunjungi kilang minyak. Dengan menggunakan asuransi perjalanan ini, pihak karyawan atau pekerja tersebut akan mendapatkan manfaat yaitu berupa perlindungan terhadap sesuatu yang bisa saja terjadi saat melakukan perjalanan, baik itu biaya obat ataupun santunan kematian.

Beberapa Jenis Asuransi Lain di Indonesia

Selain dalam lingkup ketenagakerjaan, Anda juga bisa mendaftarkan asuransi lain. Pada umumnya, di Indonesia sendiri memiliki banyak sekali jenis asuransi. Jadi, masyarakat bisa memilih untuk mendaftarkan salah satunya. Lalu, apa saja jenisnya? Berikut ulasannya:

1. Asuransi Kendaraan

Di samping asuransi ketenagakerjaan yang tersedia pada BPJS Ketenagakerjaan, Anda masih bisa pula mengajukan asuransi lainnya yang ada di Indonesia, seperti asuransi kendaraan ini. Jadi, setiap masyarakat bisa mengasuransikan motornya. Manfaatnya adalah melindungi kendaraan dari kecelakaan.

Tidak hanya itu saja, masih ada beberapa manfaat jika Anda mengansurasikan kendaraan, seperti dapat melindungi insiden huru-hara, pencurian kendaraan, bencana alam, dan masih banyak lagi lainnya. Pastikan juga Anda mengetahui jenis kecelakaan yang nantinya akan asuransi tanggung.

2. Asuransi Rumah dan Pendidikan

Rumah dan properti juga bisa Anda asuransikan, baik itu bangunan milik pribadi atau bahkan perusahaan. Manfaat dari mendaftarkan asuransi ini, yaitu untuk dapat melindungi properti tersebut dari kerusakan yang mungkin akan terjadi kapan saja.

Selanjutnya, Anda juga bisa mendaftarkan anak atau keluarga yang masih menempuh jalur pendidikan dengan asuransi pendidikan. Manfaat dari asuransi ini adalah supaya mereka tetap bisa melanjutkan pendidikannya sampai ke tingkat perguruan tinggi.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan secara rinci mengenai jenis-jenis asuransi ketenagakerjaan. Dari berbagai macam asuransi di atas, Anda bisa memilih salah satu atau juga bisa pilih mana yang terlihat paling penting, misalnya saja asuransi kesehatan, pendidikan, atau kecelakaan kerja.

Belum ada Komentar untuk "Jenis-jenis Asuransi Ketenagakerjaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel