Jurusan Kuliah yang Berkaitan dengan Pemasaran

Jurusan Kuliah yang Berkaitan dengan Pemasaran

Memilih jurusan di universitas memang bukan perkara mudah. Namun, dengan memperhatikan trend sekarang dan mendatang sepertinya jurusan kuliah yang berkaitan dengan pemasaran bisa jadi salah satu pilihan yang tepat karena peluang kerjanya cukup besar.

Rekomendasi Jurusan Kuliah yang Berkaitan dengan Pemasaran

Jika saat ini Anda tengah bingung menentukan jurusan di universitas, mungkin pemasaran bisa jadi salah satu bidang paling tepat. Apalagi kebutuhan dunia kerja di masa mendatang sangat membutuhkan skill di bidang satu ini. Untuk itu, berikut ini akan dipaparkan mengenai jurusan kuliah yang berkaitan dengan pemasaran:

1. Public Relations

Senang bertemu orang dan punya jiwa ekstrovert merupakan modal yang sempurna untuk masuk ke jurusan public relations. Di sini, Anda akan mengetahui banyak sekali ilmu mengenai perilaku konsumen, bagaimana memberikan treatment atau pelayanan sesuai dengan karakter masing-masing.

Jangan heran jika sekarang sudah banyak pekerjaan yang membutuhkan lulusan dari public relations. Pada dasarnya, mereka sudah bisa meng-handle customer dan memberikan pelayanan terbaik sehingga bisa mencapai kepuasan maksimal dari masing-masing pelanggan.

2. Digital Marketing

Pemasaran di zaman sekarang ini 50% lebih dilakukan lewat media sosial, baik itu Instagram, e-commerce, maupun sarana lainnya. Oleh karena itu, sekarang juga sudah ada jurusan di bidang digital marketing. Di sini, Anda akan mendapatkan pembelajaran perihal banyak strategi.

Untuk bisa masuk ke laman Google atau mesin pencarian lain kemudian mempromosikan produk barang bukanlah hal mudah untuk dilakukan. Di situlah peran dari digital marketing, selain itu biasanya juga akan mengetahui bagaimana mengelola sebuah akun dan menyediakan banyak konten promosi.

3. Content Marketing

Ingin punya skill di depan maupun belakang layar dan pandai dalam membuat konten produk, Anda bisa coba masuk ke content marketing. Di sini, Anda akan diajarkan bagaimana mengatur sebuah akun di media sosial agar terlihat menarik namun tetap menjual sehingga produk laku di pasaran.

Mungkin ke depan jurusan satu ini akan semakin ramai peminatnya. Hal ini dikarenakan kebutuhan dan permintaan pasar yang terus bertambah. Apalagi sekarang ini minat generasi muda sudah bukan lagi jadi pegawai kantoran, mereka lebih memilih pekerjaan fleksibel dan tidak monoton.

4. Database Marketing

Membesarkan sebuah bisnis tidak serta merta hanya dari mengeluarkan inovasi saja, memperhatikan manajemen data juga penting untuk dilakukan. Saat ini sudah tersedia jurusan database marketing yang dikhususkan untuk mengelola semua akses informasi dari para pelanggan.

Bagi small business, hal ini tentunya sangat penting untuk dilakukan, mengingat dari pelangganlah sebuah usaha akan semakin berkembang jadi lebih maju. Di sini, Anda akan paham bagaimana caranya untuk memberi perlakuan khusus agar pelanggan merasa spesial dan senang berbelanja di tempat Anda.

5. Search Engine Marketing (SEM)

Hampir sama dengan digital marketing, di sini Anda juga akan paham bagaimana caranya agar sebuah artikel atau konten tersebut bisa selalu tampil di urutan teratas mesin pencari sesuai dengan kebutuhan user. Dengan begitu, pemasaran lebih efektif dan menyeluruh.

Peluang agar produk Anda bisa makin dikenal oleh masyarakat luas pun akan bertambah besar jika Anda sudah tahu kuncinya. Oleh sebab itu, jurusan satu ini berkemungkinan akan jadi favorit di beberapa tahun mendatang, apalagi di bidang pekerja kreatif.

6. Guerilla Marketing

Terakhir adalah jurusan guerilla marketing. Bidang ini memang masih terasa asing di telinga masyarakat Indonesia. Di sini, Anda akan paham banyak taktik pemasaran, biasanya perusahaan akan menggunakan efek kejut untuk mengubah suatu layanan atau produk dalam jasa mereka.

Mereka juga menggunakan strategi interaksi nonkonvensional kepada pelanggannya. Dengan menggunakan metode ini, maka perusahaan akan untung karena minim anggaran namun bisa menjangkau audiens sama banyaknya dengan cara lain, bahkan bisa juga lebih.

Penutup

Masing-masing jurusan pastinya punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Namun, perlu Anda ingat bahwa dunia kerja dan persaingan bisnis di era global semakin memanas. Skill pemasaran sangat vital dalam bidang manapun. Jadi, tak ada salahnya untuk dicoba dan sesuaikan dengan passion Anda.

Belum ada Komentar untuk "Jurusan Kuliah yang Berkaitan dengan Pemasaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel