Tempat yang Aman untuk Menyimpan Uang Selain Bank

Tempat yang Aman untuk Menyimpan Uang Selain Bank

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, tempat yang aman untuk menyimpan uang tidak hanya bisa Anda lakukan di bank saja. Masih ada tempat lain yang jauh lebih aman pastinya, misalnya saja brankas.

Beberapa Tempat yang Aman untuk Menyimpan Uang

Tidak menutup kemungkinan, jika masih ada banyak orang yang lebih memilih untuk menyimpan uangnya di bank karena terasa lebih aman, termasuk dari pencuri dan tangan yang tidak bertanggung jawab. Namun, hal tersebut tidaklah gratis sehingga saldonya akan terpotong. Maka dari itu, berikut ini akan disajikan pembahasan mengenai beberapa tempat yang aman untuk menyimpan uang selain bank:

1. Dalam Brankas

Salah satu pilihan aman bagi Anda yang ingin menyimpan uang, yaitu cobalah simpan di dalam brankas. Tempat penyimpanan ini memiliki bentuk kotak atau bahkan persegi. Lalu, tepat pada bagian pintunya terdapat beberapa tombol angka. Tombol tersebut berfungsi untuk membuka brankasnya.

Anda bisa membuat sandi sendiri, sehingga tidak akan ada yang berhasil membuka brankasnya. Selain itu, ada beberapa brankas yang dibuat dengan bahan dasar cukup sturdy/kokoh. Dengan begitu, brankasnya tidak akan mudah untuk dihancurkan. Jadi, semua harta akan aman jika tersimpan di dalamnya.

2. Di Sela-sela Pakaian Lemari

Memang terkesan sederhana dan mungkin kolot, namun cara satu ini cukup aman. Cobalah Anda terapkan untuk menyimpan uang di sela-sela pakaian dalam lemari. Sebagian masyarakat juga masih ada yang menggunakan cara ini, mengingat keamanannya juga cukup terjamin.

Terlebih lagi, tidak banyak orang yang merasa aware atau kepikiran mencuri uang di dalam lemari tersebut. Meskipun terbilang cukup aman, Anda tidak bisa menyimpan uangnya dalam jumlah banyak. Jadi, hanya bisa sebagian saja dan jika terlalu banyak akan mengundang curiga seseorang.

3. Menyimpan Uang di Bawah Tempat Tidur

Seperti cara sebelumnya, menyimpan uang di bawah tempat tidur ini termasuk ke dalam cara yang cukup kolot atau tradisional. Terlebih lagi sangat merepotkan, karena masih harus mengangkat kasur terlebih dahulu ketika hendak menyimpan dan mengambil uangnya. Namun, keamanannya terjamin.

Cobalah untuk menyimpan uang di sisi tempat tidur yang sekiranya paling aman. Pastikan tidak ada seorang pun yang mengetahui Anda menyimpan uangnya di sana. Hal tersebut mengantisipasi atau meminimalisir hilangnya uang akibat mereka curi. Sebab, mereka sudah tahu tempat penyimpanannya.

4. Menyimpan Uang dalam Bentuk Emas

Menyimpan uang secara tunai memang terbilang praktis namun masih tetap berisiko, terlebih lagi seiring dengan berjalannya waktu di mana laju perekonomian juga ikut berubah. Bila inflasi terjadi secara besar-besaran, maka nilai tukar uangnya juga akan semakin rendah. Nah, untuk meminimalisir risikonya ada satu cara aman.

Cobalah untuk menyimpan uang dalam bentuk emas saja karena emas termasuk ke dalam instrumen investasi yang terkenal kebal dalam segala laju inflasi. Jika memang terjadi inflasi, nilai jualnya justru akan semakin bertambah bukannya berkurang. Dengan begitu, total keuntungan Anda jadi bertambah.

Tips dalam Mengamankan Uang yang Sudah Tersimpan

Selain mengetahui bagaimana cara menyimpan uang sekaligus tempat penyimpananya, Anda masih harus tahu tips dalam mengamankan uang yang sudah tersimpan tersebut. Hal ini bertujuan supaya uangnya tidak akan mudah terkuras habis. Biasanya, banyak orang yang justru selalu menerapkan tabung pakai.

1. Menghindari Pemakaian Uang Secara Mendadak

Tidak menutup kemungkinan bahwa pemakaian uang secara mendadak seringkali terjadi di kalangan masyarakat, seperti biaya pengobatan karena tiba-tiba sakit, akibat kecelakaan yang tidak terduga, dan lain-lain. Namun, Anda masih bisa untuk meminimalisirnya.

Cara untuk meminimalisirnya adalah dengan menyediakan tabungan khusus untuk hal darurat. Jika sampai terjadi hal yang tidak terduga, setidaknya masih ada uang yang bisa Anda gunakan nantinya untuk meng-cover semua biaya tersebut. Jadi, tabungan pribadi tidak perlu digunakan.

2. Mengabaikan Uang yang Sudah Tersimpan

Maksud dari poin satu ini adalah Anda tidak perlu mengingat-ingat atau bahkan memeriksa kembali terkait uang yang sudah disimpan. Justru hal tersebut akan menimbulkan hasrat ingin mengambil dan menggunakan uangnya.

Jadi, anggaplah uang tersebut tidak ada, sehingga Anda tidak mencari alasan agar bisa menggunakan uang simpanannya. Biarlah uang tersebut aman pada tempatnya, yang perlu dilakukan hanya terus menabung.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai tempat yang aman untuk menyimpan uang beserta dengan pembahasan tentang tips mengamankan uang yang sudah tersimpan, sehingga tabungan Anda akan selalu utuh. Semoga ulasan ini bermanfaat buat kita semua.

Belum ada Komentar untuk "Tempat yang Aman untuk Menyimpan Uang Selain Bank"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel