Tips Mengatur Keuangan Secara Efektif

Tips Mengatur Keuangan Secara Efektif

Pendapatan setiap orang pastilah berbeda-beda, begitu pula dengan penerapan tips mengatur keuangan secara efektif. Tentunya, setiap orang memiliki cara untuk dapat menyimpan dan mengelola uangnya sendiri. Bahkan, ada yang menggunakan sistem teknologi, seperti menyimpan ke aplikasi dompet digital.

Tips Mengatur Keuangan Secara Efektif

Pada umumnya, mengatur keuangan itu terkadang susah namun juga mudah. Mengelola uang tersebut juga tidak hanya sebatas memperhitungkan pemasukan dan pengeluaran saja. Namun, keduanya harus berjalan seimbang. Lalu, bagaimana cara mengaturnya? Simak ulasannya berikut ini:

1. Mengatur Gaji Bulanan Menggunakan Prinsip 50-20-30

Salah satu tips untuk mengatur keuangan secara baik dan benar adalah dengan menerapkan prinsip 50-20-30. Maksudnya, setiap gaji yang Anda dapatkan tiap bulannya paling tidak dialokasikan sekitar 50% untuk biaya sehari-hari, misalnya biaya makan, transportasi, sewa rumah, listrik, air, dan lain-lain.

Kemudian, untuk 20%-nya sisihkan gaji bulanan untuk tabungan dan juga investasi. Jadi, Anda harus mengalokasi biaya darurat yang tidak terencana, misalnya jatuh sakit, kendaraan rusak, dan lain-lain. Sedangkan untuk sisanya yang 30% gunakan saja untuk liburan maupun belanja barang kesukaan.

2. Cobalah Untuk Menggambarkan Diri Ketika Masuk Usia 80 Tahun

Mungkin, saat ini Anda masih terbilang muda atau termasuk generasi milenial. Namun, tidak ada salahnya memikirkan masa depan, seperti menggambarkan diri ketika sudah menginjak umur 80 tahunan. Tentukan, apakah masih ingin bekerja cari uang atau hanya ingin menikmati hidup?

Bila tidak ingin merasakan masa pensiun yang nelangsa, maka Anda harus merencanakannya dari sekarang. Bayangkan saja di umur 80 tahun Anda sudah memiliki rumah dan menyekolahkan anak, tentunya sangat bahagia sekali, bukan? Oleh karena itu, aturlah keuangan secara tepat!

3. Mempersiapkan Dana Pensiun

Pada umumnya, tidak banyak orang yang sampai saat ini memikirkan dana untuk pensiunnya sendiri, terlebih lagi masih berada dalam masa usia yang produktif. Sebagian besar hanya berpikir bahwa uang yang mereka punya saat ini paling tidak mampu untuk mencukupi kebutuhannya sekarang.

Padahal, di samping hal tersebut masih banyak hal yang seharusnya dipersiapkan, seperti tabungan masa pensiun, mengingat tidak akan selamanya bekerja karena masa tua pasti akan datang. Oleh sebab itu, paling tidak sisihkan sekitar 10% saja dari gaji tiap bulannya dengan tujuan untuk menyetor dana pensiun.

4. Memanfaatkan Asuransi dengan Bijak

Di zaman yang sudah semakin berkembang pesat ini, berbagai macam polis asuransi jiwa telah banyak menawarkan pilihan percepatan manfaat. Jadi, manfaat/jaminan kematian bisa Anda bayarkan ketika tertanggung masih hidup, contohnya ingin membelikan asuransi untuk ibu yang usianya mencapai 70 tahun.

Nah, dari situlah Anda bisa mengajukan klaim asuransinya. Tujuannya adalah untuk biaya perawatan ibu saat sakit nantinya. Pihak asuransi tentu akan mengurangi manfaat dari kematiannya dengan jumlah uang yang cair. Saldo sisa akan dibayarkan langsung ke pihak yang mengajukan asuransi.

5. Bijak dalam Menggunakan Fasilitas Kartu Kredit

Bagi Anda yang memiliki pinjaman kartu kredit, tidak perlu menutupnya hanya karena sedang mengelola keuangan secara efektif. Siasati saja pinjamannya dengan bijak, jika semakin lama usia dari kartu tersebut dan juga ketepatan waktu bayar cicilannya, tentu saja akan merusak skor kredit.

Pada intinya, penggunaan kartu kredit itu ketika sedang butuh saja. Jangan terlalu menghamburkan fasilitas yang telah tersedia dari kartu tersebut. Paling tidak jika punya kartu kredit lama dan limit-nya layak, cukup Anda biarkan saja. Bisa jadi nanti dapat digunakan ketika ada keperluan mendadak.

6. Bernegosiasi Masalah Bunga dan Menyimpan Uang Receh

Perlu Anda ketahui, bahwa bunga pinjaman itu bisa dinegosiasikan. Caranya juga sangat mudah, cukup datangi saja pihak bank terkait dan bicarakan secara baik-baik mengenai hal tersebut. Bahas juga terkait bunga serta tenor pinjamannya. Hal ini bertujuan agar kondisi keuangan tidak terganggu.

Kemudian, jangan pernah menyepelekan uang receh yang selalu Anda dapatkan ketika membeli sesuatu, misalnya saja saat berbelanja di warung, supermarket, dan lain-lain. Siapkan wadah khusus untuk menyimpan uang recehnya, semakin sering Anda menyimpannya maka pasti akan semakin banyak juga.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai tips mengatur keuangan secara efektif. Dengan begitu, Anda tidak perlu bingung dalam mengelola keuangan dengan baik. Di samping itu, bijaklah juga dalam menggunakan uangnya supaya masih bisa ditabung.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengatur Keuangan Secara Efektif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel