Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Rekomendasi Bisnis Anak Muda

10 Rekomendasi Bisnis Anak Muda

Rekomendasi bisnis anak muda tidak mesti punya toko fisik di pinggir jalan. Ungkapan ‘membuka bisnis membutuhkan modal besar’ kini sudah tak berlaku lagi. Dengan kemauan yang kuat serta semangat yang menggelora khas anak muda, maka siapapun bisa merintis bisnis sendiri sejak dini.

Bisnis Keren dan Progres bagi Para Pebisnis Muda

Ada banyak aspek yang harus diperhatikan sebelum merumuskan rekomendasi bisnis anak muda. Tidak hanya yang menjawab permintaan pasar atau ikut-ikutan trend saja, kebutuhan modal serta progres pekerjaan tersebut juga harus menjadi pertimbangan tersendiri. Hal inilah yang membedakan antara memilih usaha zaman dulu dengan sekarang. Lalu, apa saja bisnis yang cocok untuk para calon pebisnis muda? Berikut daftarnya:

1. Online Seller

Tidak bisa kita ingkari, minat berbelanja online di masyarakat kian meningkat dari waktu ke waktu. Kemudahan pengiriman, metode pembayaran, diskon, dan segala efisiensi belanja online menjadi alasan banyak orang mulai ketagihan untuk berbelanja secara online semata.

Jika mempertimbangkan fenomena belanja online seperti sekarang ini, membangun sebuah online shop adalah rekomendasi bisnis anak muda yang menggiurkan, terutama karena peminatnya akan terus meningkat dari waktu ke waktu. Jadi, kenapa Anda tidak mencoba?

2. Programmer

Indonesia saat ini membutuhkan lebih banyak ahli IT untuk menjawab kebutuhan zaman. Teknologi informasi yang kian canggih membuat banyak orang membutuhkan seorang programmer, misalnya untuk membuat blog, mengefektifkan kinerja content, membuat iklan berbayar, dan lain sebagainya.

3. Content Creator

Memilih jenis usaha untuk anak muda memang lebih cocok jika membidik dunia kecanggihan teknologi. Teknologi akan terus berkembang seiring berjalannya waktu dan menyisihkan profesi-profesi lain. Lambat laun, manusia akan semakin tergantikan oleh mesin karena dianggap lebih efisien dan tentu saja murah.

Content creator menjadi profesi sekaligus hobi yang banyak sekali digandrungi oleh anak muda sekarang ini. Jika content Anda berhasil mendapatkan banyak viewers, maka akan terbuka kesempatan untuk menerima tawaran iklan hingga monetisasi dari Youtube. Bahkan, tidak menutup kemungkinan akan menjadi passive income.

4. Content Writer

Bagi Anda yang hobi menulis, entah menulis artikel, cerita perjalanan, blog, atau tulisan-tulisan populer dan informatif, menjadi seorang content writer dapat menjadi pilihan. Sembari mengembangkan hobi menulis, Anda bisa mendapatkan penghasilan, apakah itu dari Google Adsense atau affiliate marketing. Tentunya, hal itu bisa diperoleh apabila pembacanya sudah banyak.

5. Vlogger

Berbeda dengan blogger yang menggunakan media tulisan, vlogger adalah mereka yang berbicara di depan kamera, baik itu review produk ataupun traveling. Banyak pemuda mendambakan bisnis sukses di usia muda satu ini karena sesuai dengan hobi mereka yakni mencoba hal baru.

6. Event Organizer (EO)

Usia muda adalah fase di mana tenaga berada dalam level prima. Semangat yang menggelora membuat banyak pekerjaan berat mudah terselesaikan. Strategi-strategi brilian juga banyak lahir dari pemikiran mereka. Itulah sebabnya mengapa bisnis EO sangat cocok bagi mereka.

7. Freelance Designer

Sekarang ini, ada banyak sekali profesi yang membutuhkan jasa desain, misalnya untuk pemasaran produk, penyelenggaraan event, undangan virtual, dan masih banyak lagi. Tak mengherankan jika banyak pihak mengincar seorang designer muda dan berbakat.

8. Fotografer

Cara menjadi pengusaha sukses di usia muda adalah membuang gengsi dan rasa takut untuk mencoba. Selain itu, eksplorasi ide juga tidak boleh Anda batasi, misalnya menyediakan jasa fotografi untuk event tertentu yang memiliki tingkat kesulitan tidak terlalu tinggi. Seiring berjalannya waktu, Anda dapat terus mengasah kemampuan tersebut.

9. Bisnis Makanan Ringan

Menjadi produsen camilan dengan modal yang tidak terlalu besar adalah opsi brilian bagi Anda yang masih bingung memilih rekomendasi bisnis anak muda yang low budget. Namun, terkait keuntungan dijamin bisnis ini tidak akan mengecewakan.

10. Membuka Rumah Makan Online di Grab

Bisnis makanan kini juga tidak mengharuskan penjual mempunyai bangunan rumah makan. Caranya ialah melalui Grab. Jadi, Anda membangun toko online Anda di Grab untuk menawarkan berbagai menu yang bisa dimasak di rumah.

Penutup

Demikian 10 rekomendasi bisnis anak muda yang semoga dapat menginspirasi Anda untuk segera memulai bisnis. Tentu akan sangat baik membangun bisnis di bidang yang kita sukai karena hal itu akan membuat proses bekerja menjadi lebih menyenangkan.