6 Trik Menghindari Pengaruh Buruk Gadget

6 Trik Menghindari Pengaruh Buruk Gadget

Saat ini, dilema dalam menghindari pengaruh buruk gadget banyak menjadi permasalahan bagi sebagian besar orang. Teknologi informasi yang satu ini memang tak terpisahkan dari dunia nyata setiap orang. Beberapa jam tak membuka hand phone pun rasanya sudah seperti ada yang kurang. Padahal, ada banyak dampak buruk karena ketagihan tersebut.

Cara Menghindari Pengaruh Buruk Gadget

Rasanya memang mustahil untuk secara tiba-tiba meninggalkan kebiasaan bermain gadget begitu saja. Memang, untuk menghindari pengaruh buruk gadget harus secara bertahap. Kebiasaan berubah sedikit demi sedikit sehingga perubahan tersebut juga dapat bertahan lama. Berikut resepnya:

1. Jangan Menggunakan Gadget Sambil Rebahan

Kebiasaan satu ini mungkin sudah menjadi hobi dari kebanyakan orang. Memang nikmat sekali menikmati hiburan-hiburan di media sosial sembari merebahkan diri. Namun, jika dilanjutkan maka kebiasaan ini bisa memberikan dampak terlalu sering bermain HP yang buruk bagi mata dan pikiran Anda.

Berada dalam posisi yang sangat nyaman seperti ini rentan sekali membuat seseorang lupa waktu. Selain itu, kebiasaan ini juga menyebabkan seseorang menjadi malas bekerja atau melakukan aktifitas produktif. Sayang sekali karena waktu menjadi terbuang sia-sia.

2. Jangan Biasakan Bermain HP sebelum Tidur

Selain rebahan sambil bermain HP, tak kalah umum adalah aktifitas bermain HP sebelum tidur malam. Biasanya, momentum sebelum tidur memang digunakan untuk rileks dan bersantai, entah berbincang ringan dengan pasangan, membaca buku, atau menulis buku harian.

Namun, kegiatan tersebut berbeda dengan bermain HP. Meskipun nampaknya Anda bisa bersantai, bermain HP sebelum tidur berdampak pada kualitas tidur Anda. Tidak jarang justru membuat Anda jadi tak berselera tidur selama semalam penuh.

Jika sudah demikian, kesehatan mata juga menjadi terdampak. Oleh karena itu, tidak berlebihan jika dunia kesehatan menyarankan untuk menghindari pengaruh buruk gadget sebelum tidur karena memiliki dampak kesehatan yang kompleks bagi tubuh.

3. Mengontrol Pertemanan di Media Sosial

Disadari ataupun tidak, lingkungan pertemanan di media sosial juga memberikan dampak signifikan bagi Anda sebagai pengguna. Faktanya, setiap platform media sosial memiliki algoritma yang canggih untuk merekomendasikan topik sejenis dengan apa yang sering Anda cari.

Oleh karena itu, usaha menciptakan lingkungan media sosial yang sehat salah satunya adalah dengan berteman dengan akun orang-orang sekitar di dunia nyata. Dengan demikian, Anda tidak menerima informasi terlalu banyak dan tidak bisa Anda kontrol, terutama berbagai bentuk postingan negatif.

4. Tidak Mengumbar Privasi

Salah satu cara menghindari pengaruh buruk gadget selanjutnya adalah jangan mengumbar privasi dan identitas Anda di media sosial. Di dunia teknologi yang serba canggih seperti saat ini, keamanan data sering menjadi tantangan tersendiri. Kita tidak tahu bahaya apa saja yang dapat mengintai kita.

5. Membatasi Penggunaan Gadget dalam Sehari

Jadwalkan secara rinci berapa jam Anda akan bermain gadget selama satu hari. Langkah ini bisa menjadi salah satu langkah memulai hidup sehat dengan kebutuhan gadget proporsional. Misalkan membatasi bermain HP hanya 4 jam dalam satu hari, terbagi dalam waktu pagi, siang, sore, dan malam. Jadwal bermain gadget seperti ini bisa menjadi alternatif bagi siapapun yang ingin memulai menjaga jarak dari smartphone mereka.

6. Tidak Menggunakan Gadget di Keramaian

Tips terakhir dan juga sangat penting dalam rangka menghindari pengaruh buruk gadget adalah tidak menggunakan gadget di tempat umum, kendaraan (pribadi maupun umum), ataupun di ruang-ruang terbuka dengan orang asing lainnya. Selain hal ini demi keselamatan diri sendiri, juga untuk keselamatan orang lain.

Namun, sayangnya saat ini kebiasaan bermain gadget di tempat umum sudah seperti hal yang lumrah. Dimana-mana kita dapati orang dewasa bahkan anak-anak santai saja bermain HP di tengah kerumunan orang asing tanpa pengawasan orang tua yang ketat. Jadi, gunakanlah HP seperlunya saja di tempat umum, okay!

Penutup

Demikian 6 tips menghindari pengaruh buruk gadget yang bisa Anda praktekkan dalam rangka melepaskan diri dari jerat kecanduan gadget. Mari menggunakan gadget dengan seperlunya sebagai hiburan di waktu luang. Jangan sampai gadget membuat kita lalai atas kewajiban dan tanggung jawab di dunia nyata.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel