Cara Mengatasi Ponsel Blank Step By Step

Cara Mengatasi Ponsel Blank Step By Step

Semua alat elektronik canggih pasti akan mengalami yang namanya kerusakan, seperti HP misalnya. Ada masanya di mana alat gadget bisa rusak. Namun, ada beberapa cara mengatasi ponsel blank yang seringkali dialami pengguna. Jadi, dengan mengetahui caranya paling tidak bisa meminimalisir kerusakan lebih parah lagi.

Bagaimana Cara Mengatasi Ponsel Blank?

Smartphone blank atau hanya muncul layar hitam dan putih saja sudah seringkali dialami oleh sebagian besar pengguna gadget. Biasanya, mereka panik dan langsung membawanya ke konter karena mengira layarnya sudah rusak. Namun, sebenarnya Anda masih bisa memperbaikinya sendiri di rumah.

1. Cobalah untuk Melepas Kartu dan Memori

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan ketika mengetahui smartphone blank hitam atau putih, cobalah untuk melepas kartu dan memori. Terkadang, hal ini akan terjadi saat HP baru menyala, sebabnya mungkin karena sistem tidak mau load sebagaimana mestinya.

Jika sampai hal ini terjadi, cobalah untuk mematikan smartphone terlebih dahulu. Bila sudah, langsung lepas semua kartu dan memori yang ada di dalam HP. Setelah itu, tunggu beberapa menit, lalu nyalakan hand phone-nya lagi. Cara ini sama saja ketika Anda mencoba untuk me-restart-nya.

2. Cobalah Untuk Clear Cache Sistem

Selain itu, Anda juga bisa melakukan penghapusan cache yang merupakan sistem yang ada di dalam Android. Fungsinya, tidak lain adalah untuk menyimpan berbagai data yang berkaitan erat dengan kerja sistem. Terkadang, cache ini bisa membuat sistem HP jadi error, baik itu tidak bisa load atau bahkan crash.

Inilah yang menyebabkan hand phone Anda mengalami blank. Cobalah untuk hapus saja cache-nya, caranya cukup mudah. Pertama, matikan smartphone terlebih dahulu. Kemudian, tekan tombol power beserta volume up dan down. Tunggu beberapa menit, hingga HP masuk recovery dan pilih wipe lalu wipe cache.

3. Mereset Smartphone

Menghapus cache terkadang tidak bisa mengatasi masalah blank pada smartphone. Ada solusi lain yang dapat Anda terapkan, yaitu dengan melakukan factory reset. Dengan menerapkan cara tersebut. HP akan secara otomatis mengulang ke dalam mode pabrikan. Caranya cukup mudah, matikan HP terlebih dahulu. Lalu tekan tombol power beserta volume up dan juga down. Tunggulah sampai smartphone masuk ke dalam mode recovery, cari factory reset dan klik.

4. Melakukan Re-Flash HP

Jika cara sebelumnya masih belum membuahkan hasil, cobalah untuk melakukan cara satu ini. Biasanya, bagi Anda yang sudah mencoba berbagai cara tapi tidak berhasil barangkali sistem HP sudah rusak total. Cobalah re-flashing smartphone untuk mengganti sistem lama dengan baru.

Anda hanya perlu mengetahui dan mencari informasi mengenai metode flashing, sesuaikan dengan merek dan tipe HP-nya. Jangan lupa informasinya harus detail dan terperinci supaya proses re-flash-nya lancar.

5. Membersihkan Soket Layar HP

Jika dalam segi software tetap tidak bisa, mungkin masalahnya berasal dari hardware smartphone-nya sendiri. Cobalah untuk membongkar bagian smartphone tersebut dengan mendatangi tempat servis HP karena mereka pasti tahu seluk beluk gadget. Masalah smartphone blank seperti ini, biasanya berasal dari touchscreen-nya walaupun tidak 100% dari situ. Jadi, lebih baik lepas casing belakang, lihat samping (socket), lepas kabel, dan bersihkan.

6. Keringkan HP Jika Terkena Air

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, kini telah hadir inovasi HP Android yang tahan akan air. Namun, tidak semua anti air itu bisa bertahan dalam waktu lama. Bahkan, pengguna selalu salah tanggap bahwa gadget yang masuk ke dalam air pasti tidak masalah.

Kelebihan dari tahan air itu bukan berarti harus masuk ke dalam air dalam waktu lama, melainkan hanya berupa cipratan air saja. Namun, tidak ada salahnya untuk mengeringkan HP-nya dulu baru kemudian dibongkar. Setelahnya, rendam ke dalam beras selama 2-3 hari.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara mengatasi ponsel blank step by step. Mengingat setiap langkah untuk mengatasi masalah tersebut tidak selamanya berhasil, Anda bisa mencoba semua caranya jika memang ada sebagian yang tidak bekerja.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Ponsel Blank Step By Step"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel