Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengoperasikan Drone untuk Pemula

Cara Mengoperasikan Drone untuk Pemula

Menerbangkan drone memang terbilang mudah karena banyak orang yang terbukti berhasil mempraktikkannya. Namun, bagi pemula mungkin agak sedikit sulit untuk mengoperasikannya, bukan? Nah, di sini akan dijelaskan bagaimana caranya.

Pesawat tanpa awak tersebut saat ini kian makin populer, baik dalam bidang fotografi ataupun videografi. Umumnya, drone digunakan untuk keperluan bersenang-senang seperti melihat indahnya lingkungan sekitar dari ketinggian.

Selain untuk bersenang-senang, produk teknologi tersebut juga dibutuhkan oleh banyak perusahaan untuk mendapatkan data yang aktual dan faktual di lapangan. Nah, berikut ini adalah beberapa cara mengoperasikan drone untuk pemula:

1. Mengetahui Cara Menghidupkan dan Mematikan Remote

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum mengoperasikan drone adalah mengetahui bagaimana cara menghidupkan dan mematikan remote-nya. Untuk menghidupkannya, Anda hanya perlu memencet tombol pada remote tersebut.


Caranya adalah tekan tombol power sebanyak dua kali secara berturut-turut dengan cepat, kemudian tahan sekitar lima detik sampai dronenya berbunyi. Nah, hal ini juga sama ketika Anda ingin mematikannya.

2. Arming Motor Drone

Langkah selanjutnya yaitu melakukan arming motor yang berfungsi untuk mengaktifkan motor drone. Bagi para pemula mungkin masih bingung ketika ingin menaikkan gasnya, tapi dronenya malah tidak mau terbang.

Mengenai hal tersebut, Anda perlu menahannya selama beberapa detik saja sampai motor dronenya berputar. Dengan begitu, Anda tinggal mempelajari bagaimana cara menaikkan dan menurunkan dronenya.

3. Menaikkan dan Menurunkan Drone

Setelah berhasil melakukan arming motor drone, berikutnya adalah bagaimana cara menaikkan dronenya. Dalam hal ini, Anda perlu berkenalan dengan yang namanya Throttle. Jika diumpamakan sebuah mobil, maka Throttle merupakan gasnya.


4. Memutarkan Posisi Drone

Tidak hanya itu, Anda pun harus mengetahui bagaimana cara memutarkan posisi dronenya. Untuk melakukannya, Anda perlu memanfaatkan fungsi Rudder atau Yaw. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah saat ingin memutarkan posisinya.

Maksud dari pemutaran posisi adalah memutar arah kepala dronenya supaya lebih mudah untuk mengambil sebuah objek tertentu. Meskipun begitu, drone akan tetap berada di satu sumbu yang mana posisinya tidak berubah sedikit pun.

5. Menggerakkan Posisi Drone ke Kiri dan ke Kanan

Untuk menggerakkan posisi ke kiri dan ke kanan, Anda mesti berhati-hati karena drone sangat responsif terhadap tombol yang ditekan. Dalam hal ini, Anda akan menggunakan fungsi Aileron atau Roll untuk mengubah kedudukan drone.

6. Memaju-mundurkan Drone

Cara terakhir untuk mengoperasikan drone adalah memaju-mundurkan drone. Sehubungan dengan hal ini, Anda akan menggunakan fungsi Elevator atau Pitch. Fungsinya yaitu untuk memudahkan Anda menarik tuas di bagian kiri ke atas atau ke bawah.


Biasanya, Elevator sering dikombinasikan dengan Rudder oleh orang-orang yang hobi balapan menggunakan Quad Racer. Selain dikombinasikan dengan Rudder, Elevator juga kerap digunakan bersamaan dengan Throttle dan Aileron.

Demikianlah pembahasan tentang cara mengoperasikan drone untuk pemula. Untuk menyeimbangkan dan membelokkan pesawat drone membutuhkan skill khusus, sehingga Anda harus sering latihan agar mahir saat menerbangkannya.
Rizki Gusnandar
Rizki Gusnandar Your time is limited, so don't waste it living someone else's life - Steve Jobs