Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengoperasikan Drone untuk Pemula

Cara Mengoperasikan Drone untuk Pemula

Menerbangkan drone memang terbilang mudah karena sudah banyak orang yang mampu mempraktekkannya. Namun, bagi pemula mungkin agak sedikit sulit bagaimana cara mengoperasikannya.

Drone atau biasanya dikenal dengan sebutan pesawat tanpa awak, kini penggunaannya semakin populer, baik dalam bidang fotografi ataupun videografi. Biasanya, drone juga seringkali digunakan untuk keperluan bersenang-senang, seperti halnya melihat lingkungan sekitar dari ketinggian. Nah, berikut ini adalah beberapa cara mengoperasikan drone untuk pemula:

1. Mengetahui Cara Menghidupkan dan Mematikan Remote

Salah satu hal yang harus pemula perhatikan sebelum mengoperasikan pesawat tanpa awak atau drone ini adalah dengan mengetahui terkait cara menghidupkan dan juga mematikan remote alatnya. Dengan menekan tombol pada remote tersebut, maka bisa menyalakan/menggunakan dronenya langsung.

Caranya cukup mudah, tekan saja tombol powernya sebanyak dua kali berturut-turut. Cara lengkapnya, pertama-tama tekan tombol powernya secara cepat. Lalu, tekan dan tahan paling tidak selama 5 detik sampai dronenya muncul bunyi. Hal ini juga sama saja ketika Anda mematikannya.

2. Arming Motor Drone

Langkah selanjutnya, yaitu dengan melakukan Arming Motor yang fungsinya adalah untuk dapat mengaktifkan motor drone. Bagi para pemula mungkin masih bingung ketika ingin menaikkan gasnya tapi dronenya malah tidak mau terbang. Nah, hal yang satu ini patut untuk diperhatikan. Cara melakukannya adalah dengan menahan selama beberapa detik saja sampai motor dronenya berputar (aktif).

3. Menaikkan serta Menurunkan Drone

Setelah berhasil menghidupkan remote control-nya, cara menerbangkan drone kedua adalah dengan cara menaikkan dronenya langsung. Biasanya, hal ini berkaitan erat dengan yang namanya Throttle. Nah, Throttle tersebut memiliki manfaatnya sendiri yaitu untuk dapat menaikkan serta menurunkan drone.

Perumpamaan yang dapat menggambarkan hal tersebut adalah seperti pada mobil, di mana Throttle merupakan gasnya. Jika Anda semakin menekan tuas gasnya, maka performa mobilnya akan semakin kencang pula. Sama seperti drone ini, semakin kuat menarik tuas Throttle maka laju dronenya makin cepat.

4. Memutarkan Posisi Drone

Setelah itu memutarkan posisi dronenya. Untuk dapat melakukan hal ini, Anda akan menggunakan fungsi dari Rudder/Yaw. Dengan begitu, memutarkan posisi pesawat tanpa awak tersebut akan menjadi lebih mudah, terlebih lagi ketika hendak mengambil sebuah objek tertentu.

Dengan menggunakan fungsi dari Rudder/Yaw ini, nantinya drone akan selalu berada dalam satu sumbu saja. Artinya, drone tidak berubah posisi sedikit pun, begitu pula ketinggiannya. Bagi racer drone, biasanya Yaw akan mereka kombinasikan dengan elevator sehingga akan muncul manuver.

5. Menggerakkan Posisi Drone ke kiri dan Kanan

Langkah selanjutnya adalah menggerakkan posisi drone ke kiri dan juga kanan. Nah, dalam melakukan hal tersebut Anda akan menggunakan fungsi dari Aileron atau Roll. Fungsinya, tidak lain adalah untuk memungkinkan pengguna pemula mengubah kedudukan dari pesawat tanpa awak ini.

Untuk dapat mengaktifkan fungsi dari Aileron dan juga Roll ini caranya cukup mudah, tarik tuasnya ke bagian/posisi kiri dan kanan. Jika masih canggung, agar tidak kehilangan orientasi dan memudahkan Anda untuk melakukannya, pastikan saja drone tersebut tetap ada di bagian belakang.

6. Memaju Mundurkan Drone

Langkah terakhir, yaitu dengan memaju mundurkan drone. Nantinya, Anda akan menggunakan fungsi  dari elevator/pitch. Fungsinya adalah untuk dapat memudahkan pengguna pemula menarik tuas ke atas maupun ke bagian bawah. Biasanya, fungsi ini selalu banyak orang yang mengombinasikannya.

Termasuk pada pengguna drone yang seringkali hobi balapan dengan menggunakan Quad Racer. Mereka akan mengombinasikan fungsi dari elevatornya dengan fungsi Rudder, tujuannya adalah untuk melakukan manuver. Selain itu, juga dapat dikombinasikan dengan Throttle sebelumnya.

Penutup

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan mengenai cara mengoperasikan drone untuk pemula. Dengan begitu, pesawat tanpa awak atau drone bisa dioperasikan secara mudah. Semoga informasi ini bermanfaat buat kita semua.